Untuk usia seperti lansia yang memiliki kadar oksigen rendah dalam darahnya karena alasan apa pun, oksigen konsentrator adalah perangkat yang sangat membantu. Alat ini lebih ringan dan lebih mudah digunakan daripada tabung oksigen standar yang memberikan solusi bagi orang yang bepergian atau membutuhkan oksigen konsentrator.

Ada banyak alasan mengapa seseorang membutuhkan terapi oksigen seiring bertambahnya usia atau dengan kondisi lainnya. Kondisi ini seperti penderita asma, pneumonia, PPOK, fibrosis sistik, apnea tidur atau pemulihan dari operasi yang dapat membuat kadar oksigen menjadi rendah. Oksigen konsentrator adalah cara mudah untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam darah. Oksigen konsentrator bekerja dengan menarik udara, mengompresnya, dan menggunakan filter atau saringan untuk menyaring nitrogen, menjadikan 95% oksigen murni yang kemudian dapat dihirup melalui masker atau kanula hidung.

Penggunaan Oksigen Konsentrator

Oksigen Konsentrator dan tabung oksigen bisa dibilang metode penyalurannya sangat berbeda, tabung oksigen lebih banyak digunakan di tempat medis seperti rumah sakit. Tetapi Oksigen Konsentrator dapat digunakan dimana saja seperti di rumah, hotel, tempat gym ataupun saat sedang traveling. Ini karena oksigen konsentrator memiliki ukuran yang kecil dan berat yang lebih ringan seperti oksigen konsentrator mini atau portable.

Oksigen konsentrator menggunakan metode cerdas untuk menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni hingga 95 persen. Sebagai referensi, udara ruangan mengandung 80 persen nitrogen dan 20 persen oksigen. Oksigen konsentrator akan mengubah udara di sekitar menggunakan satu atau dua filter saringan untuk mengambil udara dari luar lalu di proses dari mesin yang nantinya akan menjadikan oksigen murni dan siap di hirup oleh pasien.

Cara kerja oksigen konsentrator

Seorang dokter akan menentukan kepada pasien berapa banyak oksigen yang dibutuhkan seseorang dan akan menulis resep berapa tekanan udara (liter per menit) yang akan di berikan kepada pasien. Sebelum membeli Anda dapat memeriksa ulang apakah konsentrator mampu memberikan jumlah oksigen yang cukup untuk kebutuhan Anda.

Ada dua jenis unit utama oksigen konsentrator yaitu pulse flow dan continuous folow, oksigen konsentrator dengan jenis pulse flow yaitu mengirimkan udara ke pasien sebagai hembusan pendek yang diatur waktunya untuk setiap penarikan. Akibatnya, tidak ada oksigen yang terbuang aliran permintaan oksigen hanya saat pasien menghirup. Ini dapat membantu konsumsi daya dan sering digunakan pada malam hari.

Sebaliknya, unit oksigen konsentrator dengan jenis continuous flow menghasilkan aliran oksigen yang kontinu atau terus menerus. Satu hingga lima liter per menit aliran oksigen terus menerus adalah cara yang umum untuk mengirimkan oksigen secara terus menerus baik pasien menghirup atau tidak. Perangkat ini cenderung memiliki kompresor yang lebih besar.

Berikut ini adalah 7 rekomendasi oksigen konsentrator terbaik di pasaran

1. Onemed Oksigen Konsentrator 8F-5AW

Onemed Oksigen Konsentrator 8F-5AW

Oxygen Concentrator tipe 8F-5AW merupakan alat pengubah udara di sekitar menjadi oksigen yang siap hirup. Mesin ini memproses udara bebas disekitar kita menjadi oksigen murni yang biasa di gunakan oleh pasien pasien di rumah sakit , jadi tidak perlu repot isi ulang oksige tabung Anda. Bisa menghasilkan Oksigen 1 liter s/d 5 liter per menit (continus flow setting). Dilengkapi dengan botol humidifier, selang oksigen, nasal canula, jet nebulizer, dan filter udara.

2. Yuwell 7F-3NW Oksigen Konsentrator

Yuwell 7F-3NW Oksigen Konsentrator

Oxygen Concentrator Yuwell 7F-3NW merupakan alat pengubah udara bebas di sekitar menjadi oksigen yang siap di hirup oleh pasien. Dilengkapi dengan tampilan kemurnian oksigen serta dapat dikendalikan dengan remot kontrol menjadikan alat ini cocok digunakan di rumah. Alat ini dapat menghasilkan oksigen sampai 3 liter per menit.

3. GEA 7F-5 Oksigen Konsentrator

GEA 7F-5 Oksigen Konsentrator

Oxygen Concentrator GEA 7F-5 merupakan alat penghasil oksigen atau penyaringan oksigen yang diambil dari udara disekeliling hingga 90% tanpa memerlukan tabung oksigen, menjadi Oksigen Murni. Alat ini dapat menghasilkan oksigen sampai 5 liter per menit.

Baca artikel lainnya

4. Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

Philips Everflo Home Oxygen Concentrator merupakan konsentrator paling sunyi di pasaran. Dengan desain yang elegan, mesin canggih, penggunaan daya yang rendah, serta konstruksi yang ringan dan tahan lama menjadikannya mudah, nyaman, dan dapat dipercaya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk isi ulang Oksigen tabung oxygen Anda. EverFlo dari Respironics adalah oksigen konsentrator yang andal memberikan apa yang diinginkan oleh penyedia layanan rumah tangga dan pasien. Alat ini mampu menghasilkan oksigen hingga 5 liter per menit.

5. GEA 7F-10 Oksigen Konsentrator

GEA 7F-10 Oksigen Konsentrator

Oxygen Concentrator GEA 7F-10 merupakan alat penghasil oksigen atau penyaringan oksigen yang diambil dari udara disekeliling hingga 90% tanpa memerlukan tabung oksigen, menjadi Oksigen Murni. Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan alat semacam ini setara dengan sumber oksigen alami. Alat ini mampu menghasilkan oksigen hingga 10 liter per menit.
Penggunaan Oksigen Konsentrator direkomendasikan untuk perawatan, rehabilitasi dan pencegahan penyakit seperti, Asma (bronkial), Infeksi saluran pernafasan akut dan Bronkitis.

6. Philips SimplyGo Portable Oxygen Concentrator

Rekomendasi Oksigen Konsentrator Philips

Portable Oksigen Konsentrator adalah mesin pembuat oksigen yang memproses udara bebas disekitar kita menjadi oksigen murni yang biasa di gunakan oleh pasien pasien di rumah sakit dan bisa anda bawa kemana-mana termasuk dipakai di pesawat Philips SimplyGo Portable Oxygen Concentrator menawarkan pengiriman dosis aliran dan denyut nadi yang berkelanjutan dalam perangkat dengan berat 4,5 kg. Mengelola dengan baik kebutuhan terapi dan gaya hidup pasien Anda hanya dengan satu POC (portable oxygen concentrator). Sederhanakan manajemen pasien dan bisnis Anda dengan SimplyGo.

7. Philips SimplyGo Mini Oksigen Konsentrator

Philips SimplyGo Mini Oksigen Konsentrator

SimplyGO Mini Oxygen Concentrator dirancang untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan memberi Anda kemampuan untuk menawarkan bobot yang ringan, fitur menarik, dan keandalan yang sesungguhnya yang diminta oleh pasien saat ini dalam POC (portable oxygen concentrator).
Sebagai POC terkecil dan teringan yang pernah dikembangkan oleh Philips Respironics, SimplyGo Mini dibangun untuk pasien saat ini dengan fitur-fitur seperti: desain yang menarik dan ramping, baterai eksternal yang mudah dilepas, layar intuitif, mudah dibaca dan tas jinjing yang kuat dan nyaman.


Oksigen konsentrator adalah pilihan yang bagus untuk semua alasan di atas, tetapi penting bagi individu untuk mempertimbangkan masalah potensial yang mungkin mereka hadapi. Saat Anda memilih oksigen konsentrator pertimbangkan bagaimana dan kapan Anda akan membutuhkan oksigen, serta seberapa banyak Anda membutuhkan sistem penyaluran oksigen untuk Anda. Jika saat menggunakan oksigen konsentrator portable, selalu disarankan agar Anda menyediakan baterai tambahan yang terisi penuh untuk menghindari habisnya pasokan oksigen.

Sumber Referensi :
https://www.verywellhealth.com/top-portable-oxygen-concentrators-915001