Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau temperatur suatu objek. Termometer awalnya berbentuk seperti tabung yang berisi air raksa dan alkohol dengan skala pengukuran yang tertera pada tabung. Namun, dengan kemajuan teknologi, saat ini termometer semakin canggih dan memiliki berbagai jenis yang mudah digunakan dan lebih praktis. Termometer ini dapat digunakan pada suhu tubuh, suhu objek, suhu ruangan, dan lainnya.

Termometer yang digunakan pada suhu tubuh memiliki berbagai macam jenis, varian, dan tempat mengukur yang berbeda. Tempat mengukur suhu pada tubuh dapat diukur melalui mulut, rektal, dahi, ketiak, telinga, bahkan pada jarak jauh. Tempat mengukur suhu menggunakan termometer dapat memberikan hasil yang berbeda. Cara menggunakannya pun berbeda-beda. Terdapat berbagai macam jenis termometer yang ditemukan di pasaran dengan berbagai jenis dan cara menggunakan yang berbeda.

6 Alasan Kenapa Kamu harus Membeli Termometer Digital

Jenis-Jenis Termometer

Termometer memiliki jenis bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jenis yang sesuai agar lebih nyaman ketika menggunakannya . Berikut merupakan beberapa jenis termometer yang umum dijual di pasaran:

1. Termometer Digital

Termometer digital memiliki ukuran yang kecil, tipis, dan berbentuk seperti pensil. Biasanya termometer ini terbuat dari plastik menggunakan sensor panas elektronik untuk mengukur suhu tubuh baik melalui mulut, ketiak, dahi dan lainnya.

Termometer digital ini terbagi kedalam beberapa jenis sesuai dengan tempat pengukurannya, yaitu:

  • Termometer digital telinga: Sering disebut dengan termometer timpani, digunakan mengukur suhu tubuh pada telinga.
  • Termometer digital mulut: Biasanya berbentuk seperti dot sehingga cocok digunakan untuk bayi.
  • Termometer Digital Rectal
  • Termometer Digital Ketiak
6 Alasan Kenapa Kamu harus Membeli Termometer Digital

2. Termometer Non-Kontak

Termometer ini merupakan termometer yang pengukurannya tidak secara langsung yaitu dengan menggunakan teknologi infrared untuk mengukur suhu. Termometer ini diletakan 1-2 cm dari kulit dan biasanya digunakan untuk mengukur suhu dahi, pelipis, atau punggung tangan.

3. Termometer Air Raksa

Termometer jenis ini merupakan termometer yang paling sering ditemui, berbentuk seperti tabung tabung kaca yang berisi air raksa. Paparan panas dari suhu yang diperiksa akan meningkatkan air raksa sampai titik menandakan suhu tersebut. Meskipun murah, termometer ini tidak disarankan untuk digunakan bagi tubuh karena mudah pecah dan air raksa yang keluar dari tabung akan mudah menguap jika terhirup meningkatkan resiko terjadinya keracunan. .

Termometer digital dan termometer non kontak biasanya paling direkomendasikan untuk penggunaan pribadi di rumah maupun di tempat lainnya karena cocok untuk anak-anak dan dewasa serta penggunaannya cukup mudah, cepat, dan akurat. Saat ini, termometer digital semakin populer karena memiliki berbagai bentuk yang menarik, ukuran kecil, praktis, dan mudah digunakan.

6 Alasan Kenapa Kamu harus Membeli Termometer Digital

Keunggulan Termometer Digital

Termometer digital memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa kemana saja dan tidak memerlukan tempat yang besar untuk menyimpannya. Selain itu, termometer digital juga memiliki harga yang cenderung murah dibandingkan dengan termometer non-kontak. Berikut merupakan beberapa keunggulan dari termometer digital yang harus diketahui:

  1. Mudah Digunakan: Salah satu keunggulan utama dari termometer ini adalah mudah digunakan, mulai dari cara mengoperasikannya, cara membacanya, dan tidak perlu dikalibrasi sehingga bisa langsung digunakan.
  2. Pembacaan yang akurat: Termometer digital memberikan pembacaan hasil yang akurat sehingga dapat mengetahui kondisi tubuh seseorang. Hal tersebut sangat penting ketika sedang memantau demam ataupun penyakit tertentu.
  3. Serbaguna: Disebut serbaguna karena termometer ini menyediakan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan pada bagian tubuh tertentu sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
  4. Hasil Cepat: Meskipun tidak secepat termometer non-kontak, termometer digital juga memiliki hasil pembacaan yang cepat bahkan ada yang hanya beberapa detik saja, tetapi tetap akurat.
  5. Aman: Termometer digital ini aman digunakan dan tidak mengandung zat berbahaya atau merkuri, sehingga cocok digunakan di rumah untuk anak-anak maupun dewasa.
  6. Mudah dibersihkan: Karena bentuknya yang kecil dan simple, termometer digital ini mudah dibersihkan yaitu hanya perlu diseka menggunakan alkohol setelah digunakan.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

Kenapa Harus Menggunakan Termometer Digital?

Terdapat banyak alasan mengapa harus menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu. Pertama, termometer digital memiliki kemudahan dalam menggunakannya dan memiliki hasil yang cukup akurat. Hanya dengan meletakan termometer di bagian tubuh yang ingin diukur kemudian tekan tombol lalu tunggu beberapa saat maka suhu hasil pengukuran akan muncul di layar. Sehingga sangat cocok untuk memantau suhu tubuh dirumah secara mandiri.

Termometer digital juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan dipasaran. Termometer digital dapat dibeli di Toko Galer! Med!ka baik secara langsung maupun online. Tersedia dalam berbagai jenis, merk, dan model yang dapat disesuaikan dengan keinginan Kamu. Terdapat juga termometer dengan karakter yang sangat cocok digunakan untuk anak-anak.

Cara Menggunakan Termometer

Cara menggunakan termometer digital ini sangatlah mudah dan praktis. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan termometer ini yaitu:

6 Alasan Kenapa Kamu harus Membeli Termometer Digital

1. Baca Instruksi: Sebelum menggunakannya, alangkah baiknya untuk membaca instruksi pada termometer digital yang digunakan terlebih dahulu karena biasanya model yang berbeda memiliki perbedaan dalam menggunakannya.

2. Bersihkan Termometer: Bersihkan termometer dengan alkohol atau sedikit sabun dan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran kuman.

3. Pilih Lokasi yang Tepat: Untuk mengetahui suhu tubuh, termometer biasanya ditempatkan di bawah lidah, di ketiak, atau di rectum. Pastikan menggunakan metode sesuai usia dan kesehatan agar hasil lebih akurat serta lebih nyaman.

4. Tunggu hingga selesai: Termometer digital biasanya membutuhkan waktu beberapa detik sampai hasilnya muncul, namun ada beberapa jenis yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk hasilnya keluar. Tunggu hingga layarnya berhenti berkedip untuk memiliki hasil yang akurat.

5. Ambil beberapa pembacaan: Ambil beberapa kali pembacaan untuk memastikan hasil lebih akurat. Beri jarak 15 menit antara pembacaan suhu tubuh dengan suhu berikutnya.

Itulah beberapa pembahasan mengenai termometer digital. Termometer digital ini dapat dijadikan pilihan sebagai alat kesehatan yang wajib ada dirumah. Selain harganya yang terjangkau, termometer digital juga memiliki desain yang beragam dan memiliki kemudahan dalam menggunakannya sehingga sangat cocok digunakan secara mandiri dirumah. Termometer digital ini dapat ditemukan secara online maupun langsung di Toko Galeri Medika. Selain termometer, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/how-to-use-a-thermometer-to-check-for-fever-770610
https://www.cnhealthshining.com/news/what-are-some-point-about-digital-thermometer-71495048.html
https://www.alodokter.com/berbagai-jenis-termometer-dan-cara-mengukur-suhu-dengan-tepat