Semenjak pandemi COVID-19 salah satu alat yang wajib kita punya di rumah adalah termometer digital. Termometer digital merupakan alat yang dipakai untuk mengukur suhu atau perubahan suhu Biasanya untuk mengukur suhu tubuh, benda atau permukaan. Termometer digital pun banyak jenis nya ada termometer digital ketiak, termometer telinga dan termometer dahi atau termometer non kontak.

Termometer Digital ketiak/pensil merupakan jenis termometer yang paling dicari, biasanya ditemukan di toko obat, toko alat kesehatan, supermarket atau di online shop yang menawarkan dengan harga murah. Termometer sangat mudah digunakan dan dibaca, dan juga lebih akurat di banding model inframerah.

Nah sebelum membeli termometer digital pastikan sudah mengetahui informasi-informasi dasar mengenai kegunaan dan fungsinya. Selain itu juga kenali fitur-fitur dalam alat termometer digital seperti alarm demam, memori, fitur tahan air dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi atau membeli produk termometer digital.

Apa Itu Termometer Digital?

Termometer digital merupakan perangkat medis yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh, alat ini memiliki berbagai jenis seperti termometer air raksa, termometer kristal cair, termometer digital dan termometer inframerah.

Apa Itu Termometer Inframerah?

Termometer Inframerah adalah perangkat medis untuk mengukur suhu atau objek. Termometer ini lebih cepat pengukurannya dibanding dengan termometer ketiak karna menggunakan sensor inframerah, selain itu pengukurannya juga tidak kontak langsung dengan kulit atau objek sehingga pengukuran lebih higenis.

Ada Berapa Jenis Termometer Digital?

Termometer memiliki berbagai jenis yang dijual dipasaran diantaranya yaitu, termometer air raksa, termometer ketiak, termometer telinga, termometer dahi dll.

Apa Perbedaan Teromometer Medis dengan Industri?

Termometer Medis digunakan untuk keperluan medis, salah satunya mengukur suhu tubuh makhluk hidup atau pasien yang sedang menjalani perawatan. Sedangkan termometer industri digunakan untuk mengukur suhu benda atau alat-alat dalam ruang lingkup pekerjaan seperti mesin, panas air, panel listrik dll. Termometer ini dirancang agar lebih tahan lama daripada termometer medis dengan rentang pengukuran yang lebih luas. Dalam segi keakuratan termometer medis memiliki akursi yang lebih baik yaitu sekitar 0,1 derajat celcius sedangkan termometer industri memiliki akurasi di angka 1-5 derajat celcius.

Seberapa Akurat Termometer Digital Medis?

Termometer medis memiliki akurasi lebih tinggi dengan tingkat akurasi sekitar 0,1 derajat celcius.

Apa Jenis Termometer Yang Paling Akurat?

Untuk termometer digital dengan akurasi tinggi yaitu termometer jenis pensil untuk posisi pengukuran di ketiak, mulut dan anus.

Ap Itu Termometer Non Kontak?

Termometer non kontak adalah termometer dengan jenis pengukurannya tidak perlu menempelkan ke kulit. Termometer ini lebih higenis dibanding dengan termometer pensil atau ketiak.

Apakah Termometer Digital Anti Air?

Beberapa jenis termometer digital ketiak biasanya memiliki fitur anti air.

Apa Jenis Baterai Termometer Digital?

Jenis baterai termometer digital memiliki berbagai jenis, untuk termometer digital ketiak biasanya menggunakan baterai kancing atau tipe CR24. Sedangkan termometer digital inframerah menggunakan baterai AAA

Bagaimana Cara Menggunakan Termometer Digital Dengan Benar?

Ada beberapa cara yang berbeda-beda untuk mengukur suhu tubuh menggunakan termometer digital, tetapi yang paling umum adalah metode lisan atau mulut.

  • Posisikan termometer dengan hati-hati di bawah lidah
  • Dengan mulut tertutup, diamkan termometer di tempatnya selama sekitar 10 detik hingga satu menit. Beberapa model termometer akan berbunyi bip ketika pengukuran selesai.
  • Lepaskan termometer, dan baca hasilnya. Suhu rata-rata untuk orang dewasa adalah 36-37 derajat celcius.

Berapa Suhu Normal Orang Dewasa?

Dari hasil penelitian, rata-rata suhu tubuh normal manusia berdasarkan usianya, suhu normal pada bayi, yaitu 36,3–37,7 derajat Celsius. Suhu normal pada anak, yaitu 36,1–37,7 derajat Celsius. Suhu normal pada orang dewasa, yaitu 36,5–37,5 derajat Celsius.

Baca artikel lainnya

Berapa Lama Termometer Ketiak Mengukur Suhu Tubuh?

Waktu pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer ketiak biasanya berkisar antara 10 detik hingga 2 menit tergantung merk dan tipe.

Berapa Lama Terometer Inframerah Mengukur Suhu?

Waktu pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer inframerah biasanya berkisar 1-3 detik.

Apakah Termometer Digital Bebas Merkuri?

Ya. Termometer digital bebas merkuri dan aman untuk digunakan.

Dimana Posisi Pengukuran Suhu Tubuh dengan Termometer?

Untuk hasil akurat, pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer digital bisa diposisi mulut, ketiak, anus, telinga dan dahi.

Termometer Inframerah Bisa Mengukur Suhu Apa Saja?

Termometer digital inframerah bisa mengukur suhu tubuh, suhu benda, objek dan permukaan.

Berapa Jarak Pengukuran Suhu Tubuh Menggunakan Termometer Inframerah?

Untuk mengukur suhu tubuh menggunakan termometer inframerah biasa diberi jarak dari kulit sekitar 3-5 cm.

Apakah Cek Suhu Pada Tangan Akurat?

Meneurut penelitian bahwa pengukuran suhu melalui pergelanan tangan lebih stabil daripada dahi. Namun hal ini masih perlu dikonfirmasi melalui berbagai penelitian lanjutan lain.

Apakah Termometer Digital Mempunyai Alarm Demam?

Ya. Biasaanya termometer digital inframerah mempunyai alarm demam jika suhu sekitar 38 derajat celcius.

Apakah Termometer Digital Mati Otomatis?

Ya. Termometer digital biasanya mati otomatis ketika tidak digunakan.

Apa Itu Layar Backlight Pada Termometer Digital?

Layar backlight pada termometer digital adalah layar yang menyala ketika digunkan. Fitur layar backlight biasanya digunakan pada ruangan yang minim cahaya sehingga ketika digunakan layar akan terlihat jelas.

Apakah Termometer Digital Menyimpan Pengukuran?

Ya. Termometer digital biasanya memiliki memori untuk penyimpanan pengukuran, untuk termometer digital inframerah biasanya lebih besar memori pengukurannya dibanding dengan termometer digital ketiak.

Apa Skala Suhu Yang Digunakanan Di Termometer Digital?

Skala suhu yang digunakan di termometer digital adalah derajat celcius (°C) dan derajat fahrenheit (°F).

Apakah Termometer Digital Bisa Digunakan Oleh Semua Umur?

Ya. Termometer digital bisa digunakan untuk semua umur

Apakah Termometer Digital Bisa Digunakan Untuk Hewan?

Ya. Termometer digital bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh hewan.

Bagaimana Cara Merawat Termometer Digital?

Untuk merawat termometer Anda bisa membersihkannya dengan kain basah atau tisu disinfektan, simpan termometer pada ruangan yang kering dan aman.