Apabila keadaan masih sehat alias tidak menimbulkan gejala apapun namun Anda berada satu rumah dengan orang yang positif covid-19, disarankan untuk karantina sendiri. Jangan pergi ke mana-mana.
Seorang dokter di Amerika Serikat yang bernama dr. Frank terpapar virus Covid-19 dan saat ini dia sedang menjalani proses pemulihan. Dia menyarankan seseorang untuk berjaga-jaga dengan membeli pulse oximeter. Mengapa demikian?
Karena seseorang yang terpapar covid-19 akan berisiko mengalami kerusakan paru-paru. Sehingga tubuh kemungkinan akan sulit mendapatkan oksigen. Pulse oximeter memberikan data berupa angka besaran kadar oksigen yang ada di dalam tubuh seseorang.

Apabila Anda memasukkan jari Anda ke pulse oximeter dan menunjukkan besaran saturasi oksigen yaitu:

• 95 hingga 100 persen maka hal tersebut normal
• 90 hingga 95 persen Anda mengalami perubahan fungsi paru-paru
• Di bawah 90 persen maka Anda segera butuh pertolongan pertama berupa oksigen tambahan



Pada pulse oximeter juga terdapat besaran detak jantung yang mana detak jantung istirahat orang pada umumnya berkisar antara 60 hingga 100 kali per menit. Namun apabila seorang Anda seorang atlet atau Anda sering melakukan aktivitas fisik, detak jantung istirahat berkisar 40 kali per menit.Ada faktor lain yang membuat detak jantung selalu berbeda seperti aktivitas, kebugaran, posisi tubuh ketika berdiri atau berbaring, suhu udara, obat-obatan, emosi, dan juga ukuran tubuh.



Dengan Anda mengetahui besaran saturasi oksigen dan detak jantung saat Anda terpapar virus covid-19, maka Anda bisa dapat pertolongan dengan cepat. Sehingga bisa menurunkan risiko kematian akibat virus dan mempercepat proses pemulihan.

Ada beberapa merek pulse oksimeter yang sangat direkomendasikan yaitu


1. Serenity Pulse Oximeter SR-PO60 


Terintegrasi dengan modul tampilan SPO2 dan display pocessing. Volume kecil, nyaman dan ringan saat dibawa. Pengoperasian produk ini sangat sederhana serta konsumsi daya yang cukup rendah. Ada 4 tampilan dalam alat ini yaitu tampilan SPO2 dan PR Display, tampilan nilai denyut nadi, tampilan grafik batang. Terdapat fitur indikasi tegangan rendah. Indikator tegangan rendah muncul sebelum bekerja secara tidak normal yang disebabkan oleh tegangan rendah. Secara otomatis mematikan fungsi ketika perangkat berada dalam keadaan mengukur antarmuka. Secara otomatis akan mati dalam 5 detik jika jari terlepas dari alat.
Hanya butuh 2 baterai AAA dan memiliki garansi akurasi 1 tahun serta layar HD LED alat ini bisa menjadi pilihan Anda dan harganya terbilang cukup murah.

 

2. ChoiceMmed Fingertip Pulse Oximeter MD300C26

Merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk memantau kadar oksigen dalam darah dan denyut nadi. Metode pengukurannya hanya dengan menempelkan alat ini pada jari dan secara otomatis hasilnya akan muncul. Choicemmed Oximeter sangat diperlukan oleh olahragawan, pilot, pendaki gunung, penderita asma, pasien rawat jalan (home care), general checkup harian untuk orang tua serta orang-orang yang ingin mengetahui kadar oksigen dalam darah dan detak jantung secara tepat dan akurat.

 

3. Pulse Oxymeter Microlife OXY 200


Merupakan perangkat portabel non-invasi yang dimaksudkan untuk memeriksa tempat saturasi oksigen dari hemoglobin arteri (Sp02) dan laju denyut nadi orang dewasa dan anak-anak. Cocok untuk penggunaan pribadi (di rumah atau pada saat Bepergian), selain itu juga digunakan di sektor medis seperti, rumah sakit atau klinik.

 

4. Beurer PO 80

Pulse oximeter adalah alat untuk pengukuran saturasi oksigen arteri dan detak jantung secara teratur. Ini dapat digunakan untuk olahraga di ketinggian. Nilai yang di ukur dapat dengan mudah di transfer ke PC melalui kabel USB. Ada beberapa hal yang membuat Anda bisa tertarik dan ingin membeli Beurer PO 80 yaitu antara lain

 

5. ChoiceMmed MD300M


Pulse Oximeter ChoiceMmed MD300M merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa saturasi oksigen (SpO2) dan denyut nadi. Alat ini sangat mudah digunakan, penuh dengan fitur dan tombol pilihan yang sederhana, dirancang untuk memberi analisa sekilas tentang SpO2 dan denyut nadi. Oximeter ini dapat diandalkan dengan desain yang kompak sangat cocok untuk penggunaan dirumah sakit, klinik ataupun penggunaan pribadi.

 

Tips Cara Menggunakan Pulse Oximeter