Tandu ambulan merupakan salah satu perangkat medis yang memiliki peran penting dalam proses transportasi medis. Tandu ambulan memiliki peran yang krusial dalam memindahkan pasien dengan aman dan nyaman dalam situasi darurat maupun non darurat. Tandu ambulan ini biasanya digunakan untuk mengangkut pasien yang sedang sakit atau yang terluka dari lokasi ke unit perawatan medis, seperti rumah sakit atau pusat kesehatan lainnya.

Tandu ambulan secara fisik berbentuk seperti tempat tidur yang berukuran cukup tinggi dengan bingkai terbuat dari alumunium dengan kaki yang sudah dilengkapi roda sehingga tidak perlu mengangkatnya, hanya tinggal didorong saja. Ujung tandu juga dapat diatur sesuai dengan kenyamanan pasien.

Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Tandu Ambulan

Cara Menggunakan Tandu Ambulan

Tandu ambulan merupakan salah satu jenis tandu yang cara penggunaannya cukup mudah. Selain mudah, tandu ambulan juga digunakan tanpa memerlukan tenaga yang besar dalam mengangkatnya. Berikut merupakan cara mengoperasikan tandu ambulan yang benar:

  1. Turunkan Tandu: Turunkan tandu dengan menarik pegangan atau kunci yang ada pada ujung kaki tandu. Setelah tandu rendah, maka pasien bisa diangkat lalu diletakan di atas tandu.
  2. Angkat Tandu: Angkat tandu kembali ke posisi atau ketinggian yang diinginkan.
  3. Lepaskan Pegangan: Setelah tandu dinaikan dan ketinggiannya disesuaikan, maka selanjutnya adalah melepaskan handle yang ada pada bagian bawah kasur lalu kunci kembali tandu.
  4. Pindahkan Pasien dengan Perlahan
Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Tandu Ambulan

Salah satu yang paling penting adalah memastikan keselamatan pasien, oleh karena itu pastikan untuk mengunci tandu dengan benar. Tandu ambulan memiliki ukuran yang cukup besar dan berbeda dengan tandu-tandu lainnya. Biasanya tandu darurat memiliki ukuran yang tipis atau kecil dan cara menggunakannya diangkat oleh beberapa orang. Sedangkan tandu ambulan memiliki ukuran yang lebih besar dan dilengkapi dengan roda sehingga tinggal mendorong saja.

Keunggulan Tandu Ambulan

Tandu ambulan memang memiliki bentuk yang cukup berbeda dengan tandu-tandu jenis lainnya, oleh karena itu tandu memiliki keunggulan yang menjadi pilihan ideal dalam transportasi medis. Berikut merupakan beberapa keunggulan dari tandu ambulan:

  • Keamanan Pasien: Semua tandu tentunya didesain dengan memperhatikan keamanan. Keamanan pasien merupakan prioritas utama yang wajib dimiliki oleh semua jenis tandu. Tandu ambulan memiliki fitur sabuk pengaman dan penguncian yang baik sehingga dapat menjaga pasien tetap aman selama proses transportasi.
  • Kemudahan Penggunaan: Tandu ambulan dirancang untuk memberikan kemudahan tenaga medis menggunakannya. Seperti dilengkapi dengan roda, pengunci, dan lainnya.
  • Kestabilan dan Kenyamanan: Tandu ambulan dilengkapi dengan mekanisme penyesuaian tinggi yang memastikan kenyamanan pasien dan memberikan kestabilan selama proses perjalanan.
Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Tandu Ambulan

Tandu ambulan memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lain, selain itu cara penggunaannya yang lebih rumit dibandingkan dengan tandu evakuasi lainnya, maka perlu diperhatikan terkait banyak hal terutama dalam mekanisme dan fiturnya agar saat menggunakannya sesuai dengan fungsi dan membuat tandu lebih awet.

Tips Merawat Tandu Ambulan

Tandu ambulan merupakan salah satu alat medis yang cukup sering digunakan. Karena digunakan terus menerus maka perlu diperhatikan dalam perawatan tandu agar memperpanjang umur tandu serta tandu menjadi lebih awet. Berikut merupakan beberapa tips dalam merawat tandu ambulan:

1. Mulailah dengan Infeksi Harian

Pemeliharaan secara rutin terhadap tandu dapat memperpanjang umur tandu dan menjadikannya lebih awet. Selain itu, ketika memperhatikan tandu maka dapat selalu siap sedia dalam keadaan darurat dan kondisi tandu lebih baik. Berikut beberapa point yang harus diperiksa:

Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Tandu Ambulan
  • Periksa bagian fitur seperti kunci, sabuk, roda, dan matrasnya.
  • Lipat atau gulung tandu untuk memastikan tidak ada yang menghalangi.
  • Coba untuk dipindahkan, digeser ke semua sisi untuk memastikan roda dan rem berfungsi dengan baik.
  • Tinjau semua aksesoris dan pastikan bekerja dengan baik.
  • Catat setiap permasalahan lalu dilaporkan.

2. Jaga tetap Bersih dan Higienis

Pastikan tandu tetap bersih agar terhindar dari kontaminasi bakteri terutama saat berurusan dengan orang yang sakit. Bersihkan semua bagian tandu setelah membawa pasien. Bersihkan sesuai dengan rekomendasi produsen untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Tandu ambulan merupakan salah satu alat medis yang sangat penting dalam proses transportasi dan menyelamatkan kondisi seseorang, oleh karena itu perlunya pemahaman mengenai cara kerja tandu ambulan agar pasien lebih nyaman dan aman. Selain itu, pastikan untuk merawat dan membersihkan tandu ambulan agar tetap bersih serta higienis. Tandu ambulan ini bisa dibeli secara online di Toko Galeri Medika. Selain tandu ambulan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://coastbiomed.com/2019/05/30/stretcher-maintenance-have-your-emergency-equipment-ready/
https://www.wafamedika.co.id/tandu-ambulan-memastikan-transportasi-medis-yang-aman-dan-efisien/