Tidur merupakan salah satu istirahat terbaik bagi tubuh dalam mengembalikan energi. Saat tertidur otak akan bekerja untuk memperkuat daya ingat, mengatur emosi, membersihkan racun, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Dengan menjalankan pola tidur yang baik, maka fungsi tubuh akan berjalan dengan baik sehingga terhindar dari beberapa penyakit seperti stress, diabetes, masalah kulit, dan lainnya.

Menjalankan pola tidur yang baik maka dapat meningkatkan kualitas tidur. Jika kualitas tidur buruk, maka akan berdampak bagi tubuh ketika bangun tidur akan merasa tidak segar atau bahkan terasa seperti tidak tidur. Kualitas tidur dapat terganggu karena disebabkan oleh berbagai masalah atau gangguan tidur, salah satunya disebabkan oleh sleep apnea.

Sleep apnea merupakan salah satu gangguan tidur yang relatif umum terjadi dimana seseorang akan mengalami banyak henti napas selama tidur. Sleep apnea ini dapat mengganggu kualitas tidur dan meningkatkan resiko jantung, diabetes, dan stroke. Sehingga sangat penting untuk mengobati dan mencegah komplikasi yang serius. Oleh karena itu, harus dilakukan terapi atau pengobatan untuk mengurangi gejala sleep apnea.

Review Yuwell YH 830 BiLevel (BiPAP) untuk Sleep Apnea?

Apa itu Sleep Apnea?

Sleep apnea terjadi ketika seseorang mengalami jeda nafas saat tidur selama 10 detik atau lebih. Pernapasan yang terputus membuat tubuh refleks terbangun sehingga menghasilkan perubahan fisiologis seperti kekurangan oksigen dan peningkatan tiba-tiba dalam denyut jantung dan tekanan darah. Jika hal tersebut terus menerus terjadi, maka dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang berbahaya.

Sleep apnea ini paling rentan terjadi pada orang-orang usia lanjut, pria, dan orang dengan obesitas. Namun, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada wanita, anak-anak, dan bayi. Gejala sleep apnea ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang mulai dari kesehatan mental, dan lainnya. Beberapa gejala sleep apnea yang paling umum terjadi yaitu:

  • Mendengkur
  • Terbangun dimalam hari
  • Tidak bisa berkonsentrasi
  • Sering buang air kecil
  • Sakit kepala di pagi hari
  • Menggeretakkan gigi

Penyebab sleep apnea ini cukup beragam yang paling umum yaitu penyumbatan saluran napas seperti hidung yang dapat disebabkan oleh faktor struktural atau faktor lain seperti obesitas, konsumsi alkohol, merokok, dan obat-obatan tertentu. Terdapat dua jenis sleep apnea, yang pertama adalah obstruktif sleep apnea yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernapasan dan yang lainnya yaitu central sleep apnea disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat. Kedua kondisi tersebut sama-sama mengakibatkan jeda pernafasan selama tidur.

Terdapat beberapa opsi pengobatan yang tersedia untuk sleep apnea. Pengobatan atau terapi yang sesuai dapat berpengaruh terhadap gejala dan dapat meringankan gejalanya. Salah satu opsi pengobatan sleep apnea yaitu dengan menggunakan Terapi tekanan positif saluran napas atau biasa dikenal dengan positive airways pressure (PAP).

Review Yuwell YH 830 BiLevel (BiPAP) untuk Sleep Apnea?

Positive Airways Pressure (PAP)

Terapi pernapasan menggunakan alat ini merupakan salah satu hal paling umum untuk mengobati sleep apnea. Semua perangkat PAP memerlukan masker yang digunakan pada hidung dan mulut yang digunakan untuk menyalurkan udara yang dikeluarkan alat tersebut. Terdapat beberapa perangkat PAP yang digunakan tergantung seberapa berat gejalanya

  1. Continuous positive airway pressure (CPAP): Perangkat ini dapat digunakan untuk mengobati sleep apnea ringan dan terbukti meningkatkan kualitas tidur. Alat ini akan memberikan aliran udara pada satu tekanan tunggal.
  2. Bi-level positive airway pressure (BiPAP): Sama halnya dengan CPAP, perangkat ini memberikan tekanan udara, namun bedanya alat ini memberikan 2 level tekanan udara yang berbeda untuk inhalasi dan ekshalasi. Alat ini mungkin bisa dicoba ketika terapi CPAP sudah tidak ditoleransi lagi.

Terapi menggunakan PAP memang cukup efektif dalam meredakan gejala sleep apnea. Menggunakan CPAP atau BiPAP tentunya perlu rekomendasi dari dokter atau ahli kesehatan yang kompeten dibidangnya agar menggunakannya pun lebih optimal. Kedua perangkat ini dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galer! Med!ka. Salah satu rekomendasi alat terapi PAP khususnya BiPAP yaitu dari yuwell tipe YH-830.

Review Yuwell YH 830 BiLevel (BiPAP) untuk Sleep Apnea?

Yuwell YH-830 BiLevel (BiPAP)

BiPAP dari Yuwell tipe YH-830 merupakan sebuah perangkat yang dapat memberikan terapi sleep apnea dengan set lengkap sudah termasuk dengan tabung dan filter. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan layar monokrom dan mudah diatur karena memiliki kenop yang berputar. Dilengkapi juga dengan kartu micro sd yang digunakan untuk menyimpan sleep report dan dapat diunduh.

BiPAP Yuwell YH 830 memiliki fitur yang sangat menarik yaitu terdiri dari mode CPAP, S, T, , dan VGPS. Memiliki rentang tekanan mulai dari 4-30 cm H20, Trigger adjustment, dan cycle adjustment. Alat ini juga terbilang cukup sunyi karena memiliki kebisingan sebesar 32 dB (A). Memiliki fitur lain seperti management data, oximeter, efficient humidifier, Central apnea detection, leak reminder, Asphyxiation reminder, Leak compensation, dan Smart humidification.

BiPAP ini memiliki bentuk agak lonjong dan di bagian depan terdapat layar yang berukuran cukup besar, kemudian ada sebuah tombol atau knop untuk pengaturan alatnya. Ketika dinyalakan terdapat 4 menu utama yaitu terapi, setting, data, dan reminder.

Pada menu setting terdapat pengaturan mengenai humidity, masker, ramp, bahasa, date time, pressure, backlight, dan lainnya. Pada menu data berisi data rekapan hasil menggunakan alat seperti rata-rata detak jantung dan lainnya. Kemudian, pada menu reminder berisi alarm untuk mengingatkan jika listriknya mati, atau ada kebocoran lainnya. Dan yang terakhir ini menu terapi yang berisi ct, lv, mv, isp, rr atau tingkat respirasi, ramp, spo2, dan lainnya.

Selain menu utama, terdapat juga menu clinical, cara menggunakan menu clinical yaitu dengan menekan tombol start dan knob secara bersamaan. Lalu, pada menu tersebut berisi kategori pilihan mode yaitu CPAP (continuous positive airway pressure) yaitu bekerja dengan satu tekanan, ada S (Spontaneous) mode spontan, ada ST (Spontaneous Timed) jika pasien tidak bernafas dalam waktu tertentu maka mesin akan melakukannya secara otomatis. Mode T (Timed) mesin bekerja secara otomatis sesuai laju pernapasan yang telah ditetapkan.

Yuwell YH-830 BiLevel (BiPAP)

Yuwell YH-830 BiLevel (BiPAP)

Perangkat Bi-Level (BiPAP) Yuwell YH-830 menawarkan terapi sleep apnea dengan set lengkap sudah termasuk tabung dan filter. Perangkat ini dilengkapi dengan layar monokrom dan mudah dikontrol serta diatur melalui kenop berputar. Sleep report dapat disimpan pada kartu micro SD dan tersedia perangkat lunak interpretasi data yang dapat diunduh dari kartu tersebut.

Fitur Produk

  • Perangkat CPAP/BiPAP untuk sleep apnea (harus ada rekomendasi dokter)
  • Mode: CPAP, S, T, ST, VGPS
  • Rentang tekanan 4-30 cm H2O, Trigger adjustment, Cycle adjustment
  • Kebisingan 32 dB(A)
  • Efficient humidifier
  • High pressure reminder
  • Leak reminder
  • Asphyxiation reminder
  • Leak compensation
  • Data management
  • Central APNEA detection
  • Smart humidification
  • CertificationIS013485 /CE /CFDA approved
  • *Oximeter (Optional)
  • Sudah termasuk masker, filter, dan SD card

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Menggunakan BiPAP ini dapat berfungsi untuk mengurangi gejala sleep apnea. Menggunakan perangkat ini cukup mudah, namun perlunya latihan agar lebih terbiasa dan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan. Untuk merawat alat ini juga cukup mudah, yang perlu diperhatikan adalah tabung air harus selalu dibersihkan dan diganti dengan yang baru, lalu selang harus selalu dicek ganti jika ada kebocoran, dan yang terakhir pastikan filter udara selalu bersih, jika kotor maka segera ganti dengan filter baru.

Merubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti berhenti merokok, minum alkohol, dan lainnya dapat mengurangi gejala sleep apnea bahkan menghindari memiliki kondisi sleep apnea. Menggunakan alat terapi memang efektif dalam meredakan gejala dari sleep apnea. CPAP atau BiPAP ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain alat tersebut, Galeri Medika juga menjual berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/sleep-apnea-treatments-5216085