Saturasi oksigen atau biasa dikenal dengan o2 saturation merupakan tingkat oksigen di dalam darah atau jumlah oksigen yang beredar di dalam darah. Oksigen merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Tubuh membutuhkan sejumlah oksigen tertentu untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui hidung ataupun mulut saat menghirup napas lalu melewati paru-paru kemudian ke dalam aliran darah.

Ketika oksigen berada dalam aliran darah maka oksigen tersebut akan didistribusikan bagi seluruh sel di dalam tubuh. Semua sel di dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi dan menjalankan fungsinya. Setelah sel menggunakan oksigen, maka akan menghasilkan karbon dioksida. Aliran darah kemudian akan membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru dan dikeluarkan ketika menghembuskan napas melalui hidung ataupun mulut.

Ketika tubuh kekurangan oksigen atau kadar oksigen rendah yang biasa disebut dengan hipoksia dapat menyebabkan banyak kondisi yang serius dan kerusakan pada sistem organ individu, terutama pada otak dan jantung. Kadar oksigen yang rendah menunjukan bahwa paru-paru dan atau sistem peredaran darah mungkin tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Saturasi oksigen yang normal adalah 95-100%.

Review Pulse Oximeter OneHealth OH-500H untuk Anak

Kondisi yang Menyebabkan Tingkat Oksigen Rendah

Kondisi seperti gangguan darah, masalah sirkulasi, dan masalah paru-paru dapat mencegah tubuh menerima cukup oksigen. Jika hal tersebut terjadi, maka menurunkan tingkat saturasi oksigen didalam darah. Beberapa contoh yang dapat mempengaruhi saturasi oksigen diantaranya adalah:

  • Infeksi pernapasan seperti pilek, flu, atau kondisi yang mempengaruhi kemampuan dalam bernapas.
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) salah satu penyakit yang membuat sulit bernapas.
  • Asma: Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang menyebabkan penyempitan saluran udara.
  • Pneumothorax: Kerusakan paru-paru
  • Anemia: Tidak memiliki cukup sel darah merah
  • Penyakit Jantung: Sebuah penyakit yang mempengaruhi fungsi jantung
  • Emboli paru-paru: Gumpalan darah menyebabkan penyumbatan di arteri paru–paru
  • Cacat Jantung: Kondisi struktural jantung yang ada saat lahir.

Selain akibat kondisi medis tertentu, kurangnya oksigen di dalam darah juga dapat disebabkan oleh beberapa aktivitas seperti naik pesawat, berada di ketinggian, menghirup karbon monoksida, menghirup sianida, atau zat lainnya yang lebih kuat ikatannya dengan hemoglobin daripada oksigen, konsumsi obat-obatan seperti narkotika yang dapat menyebabkan pernapasan lambat, dan lainnya.

Review Pulse Oximeter OneHealth OH-500H untuk Anak

Cara Mengukur Tingkat Saturasi Oksigen

Cara mengukur saturasi oksigen diantaranya dapat dilakukan dengan pengujian gas darah arteri (ABG atau SaO2) atau menggunakan pulse oksimeter (SpO2). ABG biasanya dilakukan hanya di rumah sakit, sementara pulse oximeter dapat dilakukan di rumah.

  1. ABG: Nilai ABG mengacu pada tingkat oksigen dan karbon dioksida dalam darah yang mengalir melalui pembuluh darah. ABG dilakukan dengan mengambil sampel darah dalam arteri lalu dianalisis oleh mesin atau laboratorium.
  2. Pulse Oximeter: Pulse oximeter merupakan alat yang dapat membaca persentase saturasi oksigen dalam arteri. Biasanya pulse oximeter ini akan membaca sekitar dua persen lebih tinggi atau lebih rendah dari hasil ABG.

Berbeda dengan ABG yang membutuhkan jarum untuk mengambil sampel darah. Pulse oximeter ini tidak memerlukan jarum karena hanya menggunakan sensor untuk membaca gelombang yang dipantulkan dari darah. Pulse oximeter dipasang pada jari, cuping telinga, atau bagian tubuh lainnya. Pulse oximeter ini dapat dibeli di Toko Galer! Med!ka dengan berbagai merk dan tipe, salah satunya yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pulse oximeter adalah pulse oximeter dari OneHealth tipe OH-500H untuk anak.

Review Pulse Oximeter OneHealth OH-500H untuk Anak

Pulse Oximeter OH-500 untuk Anak

Pulse oximeter dari OneHealth OH-500H merupakan alat ukur saturasi oksigen (SpO2) yang memiliki desain menarik untuk anak-anak. Alat berwarna putih dengan karakter lucu sehingga cocok digunakan untuk anak-anak. Selain mengukur saturasi oksigen, alat ini juga dapat mengukur denyut nadi (Pulse Rate).

Dilengkapi dengan tampilan layar OLED berwarna sehingga hasil pengukuran terlihat lebih jelas dan layar dapat diputar hingga 4 arah, serta kecerahan dari Oximeter ini juga dapat diatur. Selain itu, dilengkapi juga dengan alarm atau fitur peringatan untuk saturasi oksigen rendah.

Rentang pengukuran saturasi oksigen antara 70-100% dan rentang pengukuran denyut nadi antara 25-250 bpm. Oximeter dari OneHealth ini memiliki akurasi untuk saturasi oksigen sebesar kurang lebih 2% dan akurasi pulse sebesar kurang lebih 2% dari hasil pengukuran. Cara menggunakan alat ini juga cukup mudah yaitu dengan menjepitkan probe ke jari atau telinga maka saturasi oksigen dan denyut nadi pun akan terlihat secara real time.

Dalam satu box sudah dilengkapi dengan satu alat Pulse Oximeter, dua buah baterai ukuran AAA, satu buah tas penyimpanan, satu buah tali, dan satu buah buku manual. Karena alatnya yang ringan dan kecil sehingga cocok digunakan dimana saja dan mudah dibawa kemanapun.

Pulse Oximeter OH-500 untuk Anak

Pulse Oximeter OH-500 untuk Anak

Pulse Oximeter yang memiliki desain unik sehingga cocok digunakan untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Dilengkapi dengan layar OLED berwarna dan kecerahan layar yang dapat disesuaikan, memudahkan dalam membaca hasil pengukuran.

Fitur Produk

  • Oximeter untuk anak-anak (3-12 tahun)
  • Pengukuran saturasi oksigen (SpO2)
  • Pengukuran denyut nadi (pulse rate)
  • Pengukuran perfusion index (pi)
  • Layar OLED berwarna
  • Fitur layar bisa 4 arah
  • Kecerahan layar bisa diatur
  • Akurasi Sp02 : 70%-100%, ±2%
  • Akurasi Pulse Rate : 25 bpm - 250 bpm, ±2%
  • Menggunakan baterai 2x AAA

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Cara Menggunakan Pulse Oximeter

Pulse Oximeter merupakan sebuah alat yang berukuran kecil dan biasanya dipasang pada jari untuk memeriksa tingkat saturasi oksigen dalam darah. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu hanya dengan menjepitkannya saja pada jari anak-anak. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu, pastikan anak-anak tidak menggunakan cat kuku atau kuteks
  2. Pastikan tangan dalam keadaan hangat
  3. Nyalakan pulse Oximeter
  4. Tekan ujung pulse oximeter untuk membukanya
  5. Setelah itu, masukan jari anak-anak hingga menyentuh ujungnya
  6. Disarankan untuk menggunakan jari tengah atau telunjuk agar hasilnya lebih baik
  7. Jika tidak digunakan, matikan alat lalu simpan kembali pada tempatnya

Selain untuk anak-anak, terdapat juga pulse oximeter yang digunakan untuk orang dewasa atau pulse oximeter standar. Pulse oximeter ini bermanfaat dalam memantau saturasi oksigen sehingga menghindari kondisi hipoksia. Jika tertarik membeli Pulse Oximeter, maka dapat mengunjungi Toko Galeri Medika baik secara langsung maupun online. Selain Pulse Oximeter, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/22447-blood-oxygen-level
https://www.verywellhealth.com/oxygen-saturation-914796