Teknologi dibidang kesehatan saat ini semakin berkembang seiring dengan pemenuhan kebutuhan seseorang terhadap kondisi kesehatannya. Pemahaman akan pentingnya pemantauan kesehatan telah menjadi ide dalam berbagai inovasi perkembangan alat kesehatan, sehingga terciptalah alat monitoring untuk memantau kondisi tubuh. Salah satu alat monitoring yang populer di pasaran adalah Pulse Oximeter.

Alat ini merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur saturasi oksigen di dalam darah dan detak jantung. Alat ini merupakan alat dengan kategori non-invasive yang artinya tidak memerlukan sampel darah untuk melakukan pemeriksaannya. Alat ini sangat penting untuk memantau kadar saturasi oksigen, apabila saturasi oksigen berkisaran 85-100% maka kadar oksigen dalam darah masih normal.

Sedangkan jika nilai pengukuran dibawah 85% menandakan jaringan dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga diperlukan penanganan lebih lanjut. Tidak hanya saturasi oksigen saja, alat ini juga dapat menampilkan laju detak jantung per menit. Laju detak jantung dapat berubah-ubah tergantung aktivitas fisik yang dilakukan. Laju detak jantung seseorang biasanya lebih rendah ketika sedang beristirahat daripada laju detak jantung saat sedang melakukan latihan fisik.

Penggunaan Pulse Oximeter ini biasanya digunakan untuk:

1. Pemantauan Saturasi Oksigen

Oksigen dalam darah sebagian besar berbentuk hemoglobin, saturasi oksigen yang diukur dalam darah diukur oleh Pulse Oksimetri adalah persentase dari hemoglobin yang mengikat oksigen dibandingkan dengan jumlah total hemoglobin dalam darah, sehingga bermanfaat dalam mendeteksi Hipoksia (Kadar oksigen rendah).

2. Pemantauan Detak Jantung

Pulse Oximeter juga memberikan informasi terkait jumlah denyut jantung per menit. Pemantauan ini dapat berguna untuk mengidentifikasi detak jantung apakah teratur atau tidak teratur (tidak normal). Hal tersebut dapat membantu dalam diagnosis dan pengelolaan kondisi jantung.

fungsi penggunaan oximeter

3. Penanganan Penyakit Paru-Paru

Alat ini juga dapat membantu pasien yang memiliki penyakit paru-paru seperti asma atau penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK). Hal tersebut karena Pulse Oximeter dapat membantu dalam mendeteksi penurunan saturasi oksigen selama serangan atau perburukan gejala penyakit paru-paru sehingga memungkinkan pemberian tindakan dalam waktu tepat.

4. Pemantauan Selama Latihan Fisik

Alat ini juga berguna bagi atlet atau seseorang yang sedang melakukan aktivitas fisik seperti program kebugaran untuk memastikan bahwa tingkat oksigen tetap dalam kisaran normal selama latihan bahkan setelah latihan fisik.

5. Pemantauan Pasien Kritis atau Pasca Operasi

Memantau kadar oksigen dan detak jantung pada pasien yang sedang menjalankan rawat intensif atau setelah operasi merupakan salah satu hal yang paling penting, hal tersebut dapat memberikan deteksi dini perubahan kondisi pasien sehingga dapat mengambil keputusan medis yang tepat.

Saat ini, Pulse Oximeter sudah banyak yang dijual dipasaran dengan berbagai macam merk dan fitur sesuai dengan kebutuhan. Salah satu Pulse Oximeter yang populer adalah ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter.

choicemmed pulse oximeter

Pulse Oximeter ChoiceMMed MD300-C15D Choice adalah perangkat yang sangat penting dan umum untuk memeriksa saturasi oksigen (SpO2) dan denyut nadi. Sebagai perangkat pemantauan fisiologis kecil, kompak, sederhana, handal dan tahan lama. Alat ini diterapkan secara luas di klinik, rumah sakit, organisasi kesehatan sosial, pertolongan pertama, rumah tangga dan lain-lain.

Isi Kotak P3K

  • Design kecil dan ringan
  • Layar LCD dengan tampilan Persentase Tingkat Kejenuhan Oksigen Darah (SpO2), Detak Jantung (PR)
  • Cocok untuk anak dan dewasa
  • Ada indikator baterai lemah (low bat)
  • Auto off
  • Menggunakan 2 buah baterai alkaline tipe AAA
  • Garansi 2 Tahun

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter merupakan oksimeter yang memiliki ukuran kecil dapat digunakan untuk memeriksa saturasi oksigen dalam darah (SpO2) dan detak jantung. Desain yang kecil dan ringan memudahkan dalam membawa alat ini kemana saja sehingga dapat digunakan kapanpun.

Dilengkapi dengan layar LCD yang besar untuk memudahkan dalam pembacaan. Selain itu, alat ini juga memiliki rentang pengukuran SpO2 dari 70-99% dengan keakuratan kurang lebih 3% serta rentang pengukuran pulse (Detak jantung) dari 30-235 bpm. Sumber daya alat ini yaitu 2 baterai Alkaline ukuran A3, dengan berat produk sebesar 100 gram. Alat ini bisa digunakan oleh siapa saja baik anak-anak ataupun dewasa, untuk anak-anak penggunaan alat ini bagi anak berusia diatas 2 tahun.

Dalam satu kemasan ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter berisi satu buah unit, dua buah baterai alkaline ukuran AAA, kalung tali, buku petunjuk, dan kartu garansi. Garansi dari alat ini yaitu selama 2 tahun.

fungsi penggunaan oximeter

Cara Menggunakan ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter.

Sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya baca buku petunjuk dengan cermat agar alat yang digunakan berfungsi sesuai dengan kebutuhannya dan menghindari kesalahan dalam pengukuran.

Pemasangan Baterai

  • Buka penutup tempat baterai dengan cara digeser untuk membukanya
  • Masukan kedua baterai yang tersedia pada kemasan ke dalam tempat baterai
  • Tutup kembali tempat baterai dengan penutupnya, caranya geser ke arah berlawanan dari membuka penutup baterai.

Cara Menggunakan

  • Masukan satu jari kedalam celah pulse oximeter lalu jepitkan jari dengan pulse oksimeter tersebut
  • Tekan tombol power alu alat akan mulai melakukan pengukuran. Ketika sedang melakukan pengukuran disarankan untuk tidak bergairah hingga pengukuran selesai.
  • Tunggu beberapa detik maka nilai pengukuran akan muncul.
  • Lepaskan jari dari jepitan pulse oksimeter da tunggu sekitar 10 detik untuk mematikan alat tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter.

Meskipun terbilang cukup bagus dan populer, pulse oximeter ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter.

Kelebihan ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter.

  • Memiliki tampilan dua arah
  • Memiliki enam mode tampilan
  • Memiliki 10 level kecerahan yang dapat disesuaikan
  • Terdapat indikator baterai lemah
  • Dilengkapi dengan tali panjang yang bisa disesuaikan
  • Monitor hanya dioperasikan oleh satu tombol sehingga lebih efisien

Kekurangan ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter.

  • LCD tidak dilengkapi cahaya backlight
  • Layar LCD hanya hitam putih tidak berwarna
  • Tidak memiliki fitur Auto rotate
  • Tidak cocok untuk bayi dibawah 2 tahun
  • Tidak memiliki alarm

Nah, itulah review singkat mengenai ChoiceMMed MD300-C15D Finger Pulse Oximeter. Pulse Oksimeter ini sangat cocok digunakan untuk pendaki gunung, pengendara sepeda, atlet yang sedang melakukan pelatihan, dan penggemar olahraga karena alat ini dapat memeriksa SpO2 dengan cepat. Pulse Oximeter dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain itu, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.