Nyeri merupakan bentuk ketidaknyamanan baik sensori maupun emosional yang berkaitan dengan kerusakan jaringan tubuh. Semua orang pernah mengalami nyeri bak nyeri ringan maupun nyeri berat. Nyeri juga seringkali menjadi gejala yang paling umum dijumpai dalam praktek fisioterapi sehari-hari. Nyeri bukan hanya gejala terkait kerusakan jaringan tubuh, tetapi bisa juga menjadi sebuah tanda adanya penyakit dalam diri. Penanganan nyeri dapat bervariasi sesuai dengan rasa nyeri yang dialami penderitanya. Prinsip dasar dalam terapi nyeri yaitu menghilangkan penyebab dan mengatasi rasa nyeri dengan berbagai cara,salah satunya yaitu dengan terapi TENS atau Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation.

Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) merupakan salah satu jenis terapi untuk mengurangi nyeri dengan menggunakan arus listrik bertegangan rendah untuk merangsang sistem saraf. TENS sendiri merupakan sebuah alat yang dilengkapi dengan elektroda pads untuk menyalurkan arus listrik melalui permukaan kulit. Terapi TENS dianggap paling efektif dan aman dalam meredakan rasa nyeri, mengurangi rasa nyeri, dan mencegah nyeri tersebut muncul kembali. TENS dapat digunakan untuk mengurangi keluhan akibat

  • Pegal-pegal
  • Nyeri Menstruasi
  • Cedera pada saraf tulang belakang
  • Pasca Operasi
  • Nyeri sendi pada bahu, leher, kaki, atau lengan
  • Peradangan otot
  • Osteoporosis

Manfaat menggunakan Terapi TENS

TENS merupakan metode pengobatan non invasif yang artinya digunakan pada luar tubuh. Sehingga menjadi pilihan yang aman dan nyaman dalam meredakan nyeri.

1. Dapat digunakan sendiri atau sebagai tambahan terapi Nyeri

Apabila sedang menjalani pengobatan nyeri dengan obat penghilang nyeri, penggunaan TENS sendiri bisa digabungkan dengan pengobatan tersebut.

Review Alat Pijat Elektrik TENS Yuwell SDP 330

2. Ukuran kecil dan portable

Unit TENS umumnya memiliki ukuran kecil dan dapat dibawa ke mana saja. Karena ukuran yang kecil ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat di berbagai tempat dan situasi, sehingga memberikan kenyamanan dalam pengelolaan nyeri.

3. Efektif meredakan nyeri

Penggunaan TENS dapat meredakan nyeri karena TENS ini bekerja dengan memblokir pesan rasa sakit agar tidak mencapai otak, memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak endorfin, dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Dapat mengurangi dosis obat pereda nyeri

Dengan menggunakan TENS maka memungkinkan bagi seseorang untuk mengurangi dosis obat ketika sedang mengalami nyeri. Namun, tetap perlu dikonsultasikan dengan dokter sebelum melakukannya.

Alat ini sudah banyak tersedia dipasaran dengan berbagai merk yang memiliki fitur atau spesifikasi berbeda setiap jenisnya. Salah satu alat TENS yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri yaitu dari Yuwell tipe SDP 330.

Alat Terapi TENS Yuwell SDP 330 Pijat Elektrik

TENS Yuwell SDP 330

TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation) dari Yuwell SDP 330. Alat ini merupakan alat terapi pijat elektrik yang digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi yang kaku, dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri seperti radang sendi, sakit lutut, sakit pinggang, dan nyeri setelah olahraga. Desain perangkat yang kecil, sehingga mudah dibawa kemana saja. TENS Yuwell SDP 330 dilengkapi dengan dua buah elektroda pad yang tahan lama bisa digunakan hingga 300 kali. Sumber daya dari alat ini yaitu Menggunakan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang (fully charged) dan sudah dilengkapi dengan Adaptor.

Fitur Produk

  • Memiliki 10 tingkat kekuatan
  • 1-3 tingkat: Kekuatan ringan digunakan bagian sensitif
  • 4-7 tingkat: kekuatan sedang digunakan untuk rasa sakit sedang
  • 8-10 tingkat: kekuatan besar digunakan untuk rasa sakit yang sedang hingga berat
  • Memiliki mode pijat: ketuk, tekan, dan pijat
  • Menggunakan baterai lithium-ion, full charge
  • Penyesuaian somatosensori multidimensi
  • Otomatis mati ketika alat tidak digunakan setelah 15 menit
  • Chip cerdas, kontrol akurat
  • Garansi resmi 1 tahun

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Review Alat Pijat Elektrik TENS Yuwell SDP 330

Cara Menggunakan TENS

Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) biasanya merupakan alat yang memiliki ukuran kecil sekitar sebesar ponsel. Alat ini dilengkapi dengan beberapa set elektroda pad dan kabel yang digunakan sebagai penghubung antara alat dengan elektroda pad. Cara kerja dari alat ini yaitu:

  1. Sambungkan elektroda pad dengan unit TENS menggunakan kabel penghubung
  2. Letakan Pad di atas kulit pada area yang ingin di pijat atau di terapi
    - Sebaiknya tidak menggunakan TENS pada area jaringan yang terinfeksi, kulit rusak, mata, mulut, leher bagian depan, kepala, alat kelamin, dan bagian tubuh yang baru menerima terapi radiasi
  3. Nyalakan alat lalu pilih mode pijat dan intensitas yang diinginkan.
  4. Matikan alat setelah selesai digunakan, lalu lepaskan kabel dan elektroda pad.
  5. Rekatkan kembali kedua elektroda pad dengan kondisi kabel sudah dilepas agar daya tempel selalu terjaga.

Umumnya terapi ini digunakan selama 15 menit atau maksimal selama 30 menit untuk satu kali sesi penggunaan. Terapi TENS biasanya membantu meringankan rasa sakit atau meredakan nyeri dalam kurun waktu yang berbeda setiap penggunanya. Beberapa orang mengatakan bahwa kondisi nyeri menjadi lebih baik sampai 24 jam setelah sesi.

Penggunaan TENS umumnya dianggap aman dan tidak memberikan efek samping. Namun, ada beberapa kasus yang terjadi yaitu ketika menggunakan alat TENS dengan intensitas yang tinggi dan terlalu lama dapat menyebabkan sensasi terbakar atau iritasi pada kulit. Efek Samping lainnya yaitu alat ini dapat menimbulkan alergi bagi beberapa orang terhadap elektroda pad (perekat). Selain itu, penggunaan Alat TENS ini juga tidak disarankan bagi ibu hamil serta orang yang memiliki kondisi jantung tidak sehat.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai terapi nyeri menggunakan TENS. Pastikan menggunakan alat TENS sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan tingkat intensitas yang nyaman serta hindari pemakaian secara terus-menerus dalam waktu lama agar tidak memberikan efek samping berbahaya. Apabila terjadi ruam di kulit, gata, pusing, sakit kepala, dan mual saat menggunakan alat ini segera hubungi dokter untuk tindakan selanjutnya. TENS ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain TENS, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/15840-transcutaneous-electrical-nerve-stimulation-tens
https://www.healthline.com/health/transcutaneous-electrical-nerve-stimulation-unit#results
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1052/manajemen-nyeri
https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/terapi-tens-adalah/