Gula darah atau glukosa merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Glukosa berasal dari makanan yang dikonsumsi ataupun diproduksi sendiri dari dalam tubuh. Gulosa yang berasal dari makanan biasanya didapatkan ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung gula seperti karbohidrat. Sedangkan, glukosa yang diproduksi dari dalam tubuh diproduksi dari organ hati.

Jumlah glukosa dalam aliran darah disebut dengan kadar gula darah. Kadar gula darah ini akan diatur oleh sebuah hormon yang disebut insulin. Glukosa ini akan dibawa oleh hormon insulin dan dikirimkan ke sel-sel di dalam tubuh yang digunakan sebagai bahan bakar sel-sel. Glukosa ini memiliki beberapa peran penting didalam tubuh, diantaranya:

Review Alat Cek Gula Darah Sinocare Safe AQ Pro I
  1. Energi untuk Sel-sel: Glukosa merupakan salah satu sumber energi utama bagi bagi sel-sel didalam tubuh. Glukosa digunakan oleh sel-sel untuk menjalankan fungsi tubuh, Kontraksi otot, pemeliharaan suhu tubuh, dan pemeliharaan fungsi organ.
  2. Pengaturan Kadar Gula Darah: Glukosa mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hormon insulin membantu proses glukosa masuk ke dalam sel tubuh. Pada saat yang sama, glukosa disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot untuk digunakan saat dibutuhkan.
  3. Pemeliharaan Fungsi Otak: Glukosa juga merupakan salah satu sumber energi utama bagi otak. Otak menggunakan sebagian besar glukosa yang masuk ke dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya seperti berfikir, konsentrasi, dan mengelola memori.

Glukosa memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun terlalu banyak kadar glukosa didalam tubuh atau terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Kadar Gula Darah Normal

Kadar gula di dalam darah dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, obat-obatan yang dikonsumsi, makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa klasifikasi kadar gula darah:

  • Glukosa Darah Puasa: 70 - 100 mg/dL
  • Glukosa Sebelum Makan: 80 - 130 mg/dL (Dewasa), < 95 mg/dL (Ibu hamil), 70-95 mg/dL (Pengidap diabetes tipe 1 atau 2)
  • Glukosa setelah makan (1-2 jam): < 180 mg/dL (Dewasa), Pengidap diabetes < 140 mg/dL (setelah 1 jam) dan <120 mg/dL (setelah 2 jam), 110-120 (ibu hamil)
  • Sebelum aktivitas fisik/olahraga: 126-180 mg/dL
  • Setelah aktivitas fisik/olahraga: 100 mg/dL

Kadar gula darah ini dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat cek gula darah atau bisa dikenal dengan glukometer. Glukometer ini dapat ditemukan di Toko Galer! Med!ka baik secara langsung maupun online. Terdapat cukup banyak jenis glukometer yang dapat dipilih, namun ada rekomendasi glukometer yang dapat dipertimbangkan sebelum membelinya, yaitu sinocare safe AQ Pro I

Review Alat Cek Gula Darah Sinocare Safe AQ Pro I

Sinocare Safe AQ Pro I

Sinocare Safe AQ Pro I merupakan alat cek gula darah atau glukometer yang dapat mengukur kadar gula darah di dalam tubuh. Alat ini dilengkapi dengan layar LCD non backlight yang memiliki layar cukup besar sehingga memudahkan dalam membaca hasil pengukuran. Selain itu, alat ini juga memiliki hasil yang cepat dan akurat hanya dalam hitungan detik saja. Alat ini juga memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya sebesar 25%.

Sinocare Safe AQ Pro memiliki rentang pengukuran mulai dari 20 hingga 600 mg/dL dengan volume sampel darah hanya 1 µℓ. Alat cek gula darah ini juga memiliki memori penyimpanan hingga 500 memori dan berat produk hanya 40 gram sehingga mudah dibawa kemana saja. Memiliki rata-rata hasil pengukuran setiap 7, 14, 30, dan 90 hari. Alat ini juga memiliki rentang HCT mulai dari 10 hingga 70%.

Selain itu, alat ini juga memiliki indikator warna, ketika hasil menunjukan angka <70 atau >250 mg/dL maka akan mengeluarkan warna merah dengan indikator rendah/berbahaya. Ketika hasil menunjukan angka 70 - 126 mg/dL maka akan muncul warna hijau dengan indikator normal. Ketika hasilnya 126-250 mg/dL maka akan muncul warna kuning yang berarti tinggi atau perbatasan.

Alat cek gula darah Safe AQ Pro I hanya dapat menggunakan strip tipe safe AQ Pro I juga. Strip pada botol yang belum dibuka dapat bertahan hingga 24 bulan dan botol yang sudah dibuka dapat bertahan hingga 6 bulan. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan garansi seumur hidup.

Dalam satu kemasan Sinocare Safe AQ Pro I sudah dilengkapi dengan satu buah alat cek gula darah, satu buah pen lancet, 2 strip gula darah dengan masing-masing 25 pcs, satu buat tempat penyimpanan, dua buah baterai ukuran A3, dan satu buah buku petunjuk penggunaan.

Alat Cek Gula Darah Sinocare Safe AQ Pro I

Alat Cek Gula Darah Sinocare Safe AQ Pro I

Sinocare Safe AQ Pro I merupakan alat cek gula darah yang pengukurannya mudah dan nyaman hanya membutuhkan sampel darah dalam jumlah kecil, alat ini juga tidak memerlukan kode dan otomatis menyala ketika sudah dimasukan uji strip.

Fitur Produk

  • Layar LCD jernih dan besar
  • Auto coding
  • Pengukuran cepat hanya dalam hitungan detik
  • Kapasitas memori 500 hasil test
  • Indikator pengingat sebelum dan sesudah makan
  • Indikator peringatan keton darah
  • Sampel darah sedikit hanya 1 µL
  • Tersedia tombol eject strip otomatis
  • Rentang HCT : 10%-70%

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Cara Menggunakan Alat Cek Darah Sinocare Safe AQ Pro I

Cara menggunakannya hampir sama dengan alat cek gula darah lainnya dan cukup mudah yaitu sebagai berikut:

Review Alat Cek Gula Darah Sinocare Safe AQ Pro I
  1. Pasangkan jarum pada pen lancet
  2. Masukan strip uji pada alat cek darah
  3. Bersihkan jari yang ingin diambil sampelnya menggunakan alkohol swab
  4. Letakan pen lancet pada jari yang sudah dibersihkan
  5. Tusukan pen lancet untuk mengambil sampel darah
  6. Darah pertama yang keluar di lap menggunakan tisu
  7. Kemudian, tekan-tekan lembut jari hingga darah keluar kembali
  8. Arahkan strip uji ke darah hingga batasnya
  9. Tunggu beberapa saat lalu hasilnya akan muncul
  10. Jika sudah, jangan lupa buang jarum dan strip uji yang sudah digunakan ke tempat sampah yang sesuai

Penggunaan alat ini memang mudah dan dapat digunakan secara mandiri dirumah, namun tentunya harus memastikan kebersihan dan steril tangan agar hasil lebih akurat. Selain itu, penggunaan strip uji juga harus diperhatikan. Pastikan strip uji yang digunakan tidak kadaluarsa dan sesuai dengan petunjuk.

Jika teman-teman ingin membeli alat ini, teman-teman bisa kunjungi toko Galeri Medika dan membeli alat cek gula darah baik secara langsung maupun online. Selain alat cek gula darah, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/glucose-5188205