Saturasi oksigen merupakan nilai yang menunjukkan kadar oksigen dalam darah, nilai ini sangat berpengaruh terhadap berbagai fungsi organ dan jaringan tubuh. Pengukuran nilai saturasi oksigen dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan analisis gas darah (AGD) atau menggunakan alat bernama pulse oximeter.

Pulse Oximeter adalah merupakan metode pengukuran non-invasif atau tanpa rasa sakit untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh seseorang atau bisa disebut saturasi oksigen, kadar ini ditampilkan dalam persentase dengan angka saturasi oksigen normal berkisar antara 95 hingga 100%. Pengecekan saturasi oksigen berguna untuk mendeteksi dan memonitor gangguan pada paru-paru. Jika nilai saturasi oksigen dibawah 92% maka anda mengalami perubahan fungsi paru-paru dan merasakan berbagai gejala seperti sesak napas, batuk, sakit kepala, jantung cepat dan kulit membiru.

Nah selain untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, alat pulse oximeter juga dapat memonitor denyut nadi atau detak jantung. Detak jantung normal bervariasi pada setiap orang, tapi kisaran normal untuk orang dewasa adalah 60 hingga 100 denyut per menit.

Nah jika Anda ingin membeli alat pulse oximeter, pastikan sebelum membeli termometer digital sudah mengetahui informasi-informasi dasar mengenai kegunaan dan fungsinya. Selain itu juga kenali fitur-fitur dalam alat pulse oximeter seperti alarm oksigen rendah, memori, tampilan layar dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi atau membeli produk pulse oximeter.

Apa Itu Pulse Oximeter?

Pulse Oximeter adalah merupakan metode pengukuran yang aman dan tanpa rasa sakit untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh, kadar ini ditampilkan dalam persentase dengan angka saturasi oksigen normal berkisar antara 95 hingga 100%. Selain mengukur saturasi oksigen pulse oximeter juga dapat mengukur denyut jantung.

Berapa Normalnya Kadar Oksigen Dalam Darah?

Saturasi oksigen normal untuk orang dewasa adalah 95 - 100%, jika nila dibawah 90% dianggap saturasi oksigen rendah dan membutuhkan pasokan oksgen tambahan. Adapun klasifikasi nilai oksigen dalam darah (Nilai Oksimeteri) diantaranya:

  • 95-100% : Normal
  • 90-95% : Hipoksia ringan sampai sedang
  • 85-90% : Hipoksia sedang sampai berat
  • <85% : Hipoksia berat mengancam jiwa

Hipoksia: Kondisi kurangnya pasokan oksigen bagi tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya

Apa Saja Yang Bisa di Ukur Melalui Pulse Oximeter?

Pulse oximeter dapat mengukur tiga bacaan yaitu saturasi oksigen (SpO2), denyut jantung atau (PR) dan indeks perfusi (PI).

Apa Itu Pulse Rate Pada Pulse Oximeter?

Pulse rate pada pulse oximeter adalah nilai dari denyut nadi ditampilkan dalam PRbpm (beats per minute), nilai denyut nadi setiap orang berbeda-beda dan bervariasi, tapi kisaran normal untuk orang dewasa adalah 60 hingga 100 denyut per menit. Orang yang terbiasa berolahraga, seperti para atlet, biasanya memiliki denyut jantung normal yang lebih rendah, yaitu sekitar 40 kali per menit.

Apa Itu Perfusion Index Pada Pulse Oximeter?

Perfusion Index atau PI adalah rasio aliran darah berdenyut dengan aliran darah statis non-pulsatil di jaringan perifer pasien seperti pada ujung jari. Indeks perfusi merupakan indikasi kekuatan denyut nadi di sensor oksimetri. Nilai PI berkisar dari 0,02% untuk denyut sangat lemah hingga 20% untuk denyut yang sangat kuat.

Siapa Yang Boleh Menggunakan Pulse Oximeter?

Pulse oxmieter dapat digunakan di rumah untuk memantau kadar oksigen dalam darah dengan kondisi yang dapat menyebabkan kadar oksigen menjadi turun, kondisi ini mungkin bisa digunakan pada pasien:

  • Asma
  • Anemia
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Radang paru-paru
  • Serangan jantung atau gagal jantung
  • dan penyakit lain yang menyebabkan turunya kadar oksigen

Apakah Pules Oximeter Bisa Digunakan Pada Pasien COVID-19?

Pasien COVID-19 terkadang memiliki kadar oksigen darah yang sangat rendah tanpa mengalami sesak napas. Dengan menggunakan pulse oximeter pasien dapat memantau kadar oksigen sebelum menjadi parah.

Bagiamana Cara Menggunakan Pulse Oximeter?

Untuk mendapatkan pembacaan paling akurat pada pulse oximeter, ada beberapa langkah sederhana yaitu:

  • Jepitkan perangkat ke bagian jari tangan bagian telunjuk.
  • Pastikan perangkat diposisikan secara merata dan terpasang dengan aman.
  • Dalam beberapa detik, pulse oximeter akan menampilkan tingkat saturasi oksigen dan detak jantung.

Jari Mana Yang Digunakan Untuk Pulse Oximeter?

Untuk pengukuran pada oximeter biasanya menggunakan jari tengah kanan dan ibu jari kanan memiliki nilai statistik yang lebih tinggi.

Apakah Pulse Oximeter Bisa Digunakan Terus Menerus?

Ya. Pulse oximeter bisa digunakan terus-menerus selagi jari tidak lepas dari probe oximeter.

Dapatkah Saya Mengguhubungkan Pulse Oximeter dengan Smartphone?

Pulse oximeter dapat dihubungkan dengan smartphone melalui koneksi bluetooth, ini tergantung merk pulse oximeter contohnya Beurer PO60

Apakah Pulse Oximeter Bisa Menyimpan Hasil Pengukuran?

Ya. Pulse oximeter bisa menyimpan hasil pengukuran, tergantung merk dan tipe contohnya Beurer PO80.

Baca artikel lainnya

Apakah Pengukuran Pulse Oximeter Bisa Sambil Berjalan?

Untuk hasil yang paling akurat, yang terbaik adalah tetap diam, memastikan jari diam, tidak gerak dan gemetar.

Apakah Kecerahan Layar Pulse Oximeter Bisa Diatur?

Ya, kecerahan layar pada pulse oximeter dapat diseuaikan, ini tergantung merk dan tipe.

Apa Jenis Baterai Yang Pakai Dalam Pulse Oximeter?

Kebanyakan pulsex oximeter menggunakan jenis baterai AAA sebanyak dua buah.

Berapa Rentang Pengukuran Pulse Rate Pada Pulse Oximeter?

Pulse rate atau denyut nadi yang ditampilkan akan berkisar dari 25 bpm hingga 250 bpm (beats per minute).

Berapa Denyut Nadi Normal Berdasarkan Usia?

nilai denyut nadi setiap orang berbeda-beda dan bervariasi, tapi kisaran normal untuk orang dewasa adalah 60 hingga 100 denyut per menit. Orang yang terbiasa berolahraga, seperti para atlet, biasanya memiliki denyut jantung normal yang lebih rendah, yaitu sekitar 40 kali per menit.

Apakah Pulse Oximeter Bisa Digunakan Pada Jari Dingin?

Ya. Pembacaan dapat dilakukan dengan ujung jari yang dingin.

Apakah Pulse Oximeter Berfungsi Ketika Menggunakan Cat Kuku?

Cat kuku tidak menyebabkan perubahan signifikan secara klinis dalam pembacaan pulse oximeter. Namun warna gelap, kuku akrilik, dan aksesoris kuku lainnya akan membuat hasilnya kurang akurat.

Apakah Pulse Oximeter Bisa Untuk Melacak Sleep Apnea?

Tidak. Pulse oximeter memiliki fitur mati otomatis setelah sepuluh detik tidak aktif.

Apakah Ada Perbedaan Alat Pulse Oximeter Anak dan Dewasa?

Untuk perbedaan alat pulse oximeter anak dan dewasa terletak pada ukuran probe. Oximeter anak memiliki ukuran yang lebih kecil karna mengikuti ukuran jari anak.

Bagaimana Cara Merawat Pulse Oximeter?

Untuk merawat pulse oximeter Anda bisa membersihkannya dengan kain basah atau tisu disinfektan, simpan oximeter pada tempat penyimpanan dan letakan pada ruangan yang kering dan aman.

Bagaimana Cara Membersihkan Bantalan Karet di dalam Pulse Oximeter

Kami merekomendasikan penggunaan kapas alkohol tingkat medis atau lap untuk membersihkan bantalan sensor karet tempat Anda memasukkan jari. Kami juga menyarankan untuk membersihkan jari sebelum mengukur menggunakan pulse oximeter.