Tensimeter merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Tensimeter atau biasa disebut dengan Sphygmomanometer. Kata Sphygmomanometer berasal dari bahasa Yunani ‘Sphygmo’ yang artinya adalah detak jantung atau denyut nadi dan Manometer artinya mengukur tekanan atau tegangan. Alat ini biasanya sering digunakan di rumah sakit, pusat kesehatan, maupun di rumah untuk pemakaian pribadi. Terdapat beberapa jenis tensimeter yang dapat diantaranya adalah tensimeter raksa, tensimeter aneroid, dan tensimeter digital.

Perbandingan Tensimeter Omron HEM 7142T dan 7156T

Jenis-Jenis Tensimeter

Berbagai jenis tensimeter ditawarkan di pasaran dengan berbagai jenis, model, dan tipe yang berbeda. Berikut merupakan tiga jenis tensimeter yang berbeda diantaranya adalah:

1. Tensimeter Raksa

Tensimeter ini merupakan alat ukur tekanan darah yang paling konvensional dan standar. Alat ini terdiri dari manset yang dipompa secara manual dan terhubung ke tabung berisi air raksa. Untuk hasil yang akurat maka tensimeter harus disimpan pada permukaan yang datar dan posisi tegak. Keunggulan menggunakan tensimeter jenis ini adalah dapat bertahan seumur hidup, mudah digunakan, dan tidak perlu kalibrasi ulang. Namun, tensimeter jenis ini dilarang pada beberapa negara karena mengandung racun.

2. Tensimeter Aneroid

Tensimeter ini merupakan tensimeter yang dipompa secara manual namun berbeda dengan tensimeter raksa karena tensimeter ini tidak menggunakan air raksa sehingga dianggap lebih aman. Manset pada tensimeter ini dipompa dengan bantuan stetoskop, biasanya digunakan oleh dokter atau ahli kesehatan lainnya. Untuk menghindari pembacaan yang salah, tensimeter ini harus dikalibrasi ulang.

3. Tensimeter Digital

Tensimeter jenis ini merupakan tensimeter yang memiliki teknologi paling canggih. Berbeda dengan jenis tensimeter lainnya, tensimeter ini tidak memerlukan stetoskop untuk melakukan pengukurannya. Tensimeter ini memiliki sensor dan akan bekerja secara otomatis memompa manset ketika menekan tombol start lalu hasilnya akan muncul pada layar tensimeter.

Perbandingan Tensimeter Omron HEM 7142T dan 7156T

Tensimeter digital merupakan jenis tensimeter yang biasanya sering digunakan di rumah untuk pengukuran pribadi. Menggunakan tensimeter dapat mengetahui tekanan darah dapat mencegah dari masalah kesehatan karena tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah. Tekanan darah dianggap normal yaitu memiliki angka sekitar 90/60 mmHg - 120/80 mmHg. Jika tekanan darah diatas angka tersebut maka dianggap tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan jika dibawah angka tersebut maka dianggap tekanan darah rendah atau hipotensi.

Tekanan darah tinggi jika tidak diatasi maka akan menyebabkan komplikasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan seperti stroke, penyakit kardiovaskular, dan lainnya. Oleh karena itu, menjaga tekanan darah agar tetap normal merupakan cara terbaik sehingga mengurangi resiko berbahaya bagi kesehatan. Pantau tekanan darah secara rutin di Rumah menggunakan tensimeter digital. Tensimeter ini dapat dibeli di Galer! Med!ka.

Tensimeter digital ini sudah banyak dijual di pasaran dengan model, type, dan merk yang berbeda terutama di Galer! Med!ka. Terkadang, bagi seseorang yang baru pertama kali ingin membeli tensimeter akan bingung memilih tensimeter yang tepat. Berikut merupakan dua rekomendasi tensimeter yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli tensimeter yaitu tensimeter Omron HEM 7142T dan Tensimeter Omron HEM 7156T.

Tensimeter Omron HEM 7142T

Tensimeter dari Omron tipe HEM 7142T merupakan tensimeter digital dari omron yang sudah dilengkapi dengan teknologi intellisense sehingga memberikan kenyamanan, keakuratan, dan kemudahan bagi penggunanya. Tensimeter omron HEM 7142T sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth sehingga memudah pengguna dalam mengelola data hasil pengukuran di Smartphone melalui aplikasi omron connect.

Tensimeter ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap yaitu indikator hipertensi, indikator detak jantung tidak beraturan, indikator gerak tubuh, dan indikator pemakaian manset. Tensimeter ini juga sudah dilengkapi dengan 14 memori hasil pengukuran dan dual power supply yaitu dapat menggunakan adaptor dan baterai.

Tensimeter HEM 7142T memiliki manset standar berukuran 22-32 cm. Memiliki rentang pengukuran tekanan mulai dari 0-299 mmHg dan pulse 40-180 bpm, dengan akurasi tekanan sebesar 3 mmHg dan pulse sebesar 5% dari hasil. Berat dari tensimeter ini hanya seberat 360 gram.

Omron HEM 7142T

Omron HEM 7142T

Tensimeter Omron HEM 7142 Merupakan tensimeter digital yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Tensimeter ini memiliki layar LCD yang cukup besar sehingga memudahkan penggunanya dalam membaca hasil pengukuran. Tensimeter ini sudah dilengkapi dengan teknologi intellisense yang memberikan keakuratan, kenyamanan, dan kemudahan penggunanya.

Fitur Produk

  • Dengan teknologi Intellisense
  • Divalidasi secara klinis
  • Direkomendasikan oleh dokter sebagai monitor tekanan darah yang andal
  • Fitur Bluetooth untuk transfer data menggunakan Smartphone
  • Dukungan aplikasi OMRON Connect untuk Android dan IOS
  • Indikator pemakaian manset
  • Indikator hipertensi
  • Indikator detak jantung tidak teratur
  • Indikator gerak tubuh
  • Memori 14 penyimpanan
  • Dual power supply (baterai atau adaptor)
  • Manset reguler ukuran 22-32cm

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Tensimeter Omron HEM 7156T

Tensimeter dari omron tipe HEM 7156T merupakan tensimeter digital yang sudah dilengkapi dengan teknologi intelli wrap sehingga memberikan kenyamanan, keakuratan, dan kemudahan bagi penggunanya. Hampir sama dengan tipe HEM 7142, tensimeter ini juga sudah dilengkapi dengan fitur menarik yang lengkap seperti indikator hipertensi, Indikator detak jantung tidak teratur, Indikator gerak tubuh, rata-rata 3 bacaan terakhir dalam 10 menit. dan Indikator pemakaian manset.

Tensimeter ini juga sudah dilengkapi dengan bluetooth sehingga memudahkan pengguna dalam memantau hasil pengukuran di smartphone melalui aplikasi omron connect. Memori pada tensimeter ini memiliki lebih banyak memori penyimpanan yaitu sebesar 60 memori dan memiliki dual power supply yaitu baterai dan adaptor.

Tensimeter ini sudah dilengkapi dengan manset intelli wrap 360 derajat sehingga lebih mudah digunakan, yang memiliki ukuran 22-42 cm. Memiliki rentang pengukuran tekanan mulai dari 0-299 mmHg dan pulse 40-180 bpm, dengan akurasi tekanan sebesar 3 mmHg dan pulse sebesar 5% dari hasil. Berat dari tensimeter ini hanya seberat 600 gram.

Omron HEM 7142T

Omron HEM 7156T

Tensimeter Omron HEM 7156T merupakan tensimeter digital yang memiliki manset intelli wrap 360 derajat sehingga lebih nyaman, akurat, dan mudah digunakan. Manset ini memiliki ukuran 22-42 cm sehingga cocok digunakan oleh siapapun. Dilengkapi dengan layar lcd yang cukup besar sehingga memudahkan dalam membaca hasil pengukuran.

Fitur Produk

  • Dengan teknologi Intellisense
  • Divalidasi secara klinis
  • Direkomendasikan oleh dokter sebagai monitor tekanan darah yang andal
  • Menggunakan manset Intelli Wrap 360° dengan ukuran lingkar lengan 22-42 cm
  • Fitur Bluetooth untuk transfer data menggunakan Smartphone
  • Rata-rata untuk 3 pembacaan terakhir dalam 10 menit
  • Menyimpan 60 memori hasil pengukuran
  • Indikator pemakaian manset
  • Indikator detak jantung tidak teratur
  • Indikator gerak tubuh
  • Dual power supply (baterai atau adaptor)
  • Dilengkapi dengan tas penyimpanan

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Perbandingan Tensimeter Omron HEM 7142T dan 7156T

Omron HEM 7142T vs Omron HEM 7156T

Kedua tensimeter ini memiliki fitur yang hampir sama satu sama lain, tetapi pada tensimeter omron 7156T memiliki memori hasil pengukuran yang lebih banyak dibandingkan dengan 7142T. Selain itu, dari segi penampilan, tensimeter tipe 7156T memiliki layar lcd yang lebih besar dibandingkan dengan 7142T dan memiliki tombol yang lebih banyak.

Selain itu, yang berbeda dari kedua tensimeter ini yaitu terletak pada manset. Manset dari Omron tipe 7142T memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe 7156T. Manset dari tensimeter omron tipe 7156T juga sudah memiliki teknologi intelli wrap 360 derajat sehingga selang manset dapat diletakan dimana saja dan menjadikannya lebih akurat. Tensimeter tipe 7156T juga sudah dilengkapi dengan tas penyimpanan.

Penggunaan kedua tensimeter ini cukup mudah yaitu hanya dengan memasukan manset ke lengan lalu tekan tombol start/stop kemudian tensimeter akan memompa manset secara otomatis, tunggu beberapa saat maka hasilnya pun akan keluar pada layar. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai pengukuran agar hasilnya lebih akurat, baca artikel lengkapnya: Tips menggunakan tensimeter agar hasilnya lebih akurat.

Kedua tensimeter ini bisa ditemukan secara langsung maupun online di toko Galeri Medika. Selain kedua tensimeter ini, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://byjus.com/physics/sphygmomanometer/
https://www.medicalogy.com/blog/3-macam-tensimeter-yang-perlu-anda-ketahui/