Patah hidung atau fraktur nasal dapat terjadi akibat cedera olahraga, kecelakaan saat berkendara atau berkelahi. Patah hidung melibatkan tulang hidung atau tulang rawan yang retak atau patah. Perawatan patah tulang hidung meliputi penataan kembali secara manual dan dalam kasus yang parah dilakukan pembedahan.

Patah Hidung

Juga disebut: fraktur nasal

RingkasanDapat terjadi akibat benturan keras pada area hidung pada saat olahraga, kecelakaan saat berkendara atau berkelahi.
GejalaGejalanya meliputi rasa nyeri, pembengkakan, memar, sulit bernapasa hingga perubahan bentuk hidung
PerawatanPerawatan mungkin termasuk pembetulan posisi hidung hingga operasi.
SpesialisAhli bedah mulut dan wajah, ahli otolaringologi, Penyedia perawatan primer (PCP)

Hanya bertujuan informasi. Silakan konsultasikan ke profesional medis untuk saran.

Penyebab Patah Hidung

Penyebab umum patah hidung antara lain olahraga kontak langsung misal tinju, sepak bola, perkelahian fisik, jatuh dan kecelakaan kendaraan bermotor yang mengakibatkan cedera pada wajah. Hidung yang patah dapat menyebabkan rasa sakit hingga mimisan. Saat terjadi cedera pada hidung biasanya mengalami pembengkakan dan memar di sekitar hidung dan di bawah mata. Bentuk hidung juga mungkin terlihat bengkok tergantung tingkat parahnya cedera.

Gejala Patah Hidung

Tanda dan gejala umum hidung patah meliputi:

  • Rasa nyeri, bengkak dan kemerahan
  • Mimisan
  • Mengeluarkan suara ketika menyentuh hidung
  • kesulitan bernapas melalui hidung kemungkinan tersumbat
  • Perubahan bentuk pada hidung (bengkok)

Perawatan Patah Hidung

Untuk perawatan hidung patah dapat dilakukan dengan mengompres hidung, konsumsi obat pereda nyeri hingga menjalani operasi. Perawatan yang tepat bergantung pada tingkat keparahan cedera pada hidung.
Perawatan patah tulang hidung meliputi:

Kompres Es dan Obat Pereda Nyeri

Jika cedera ringan pada hidung mungkin tidak memerlukan penataan ulang atau pembedahan. Dalam banyak kasus, mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas (seperti acetaminophen atau ibuprofen) dan memberikan kompres es dapat membantu meringankan gejala hidung retak. Pastikan untuk mengikuti semua pedoman penyedia layanan kesehatan.

Pengeringan Hematoma Septum

Dalam kasus trauma parah, pasien mungkin mengalami hematoma hidung pada satu atau kedua sisi septum (bagian hidung yang memisahkan kedua lubang hidung). Hematoma septum adalah genangan darah yang terkumpul di septum. Jika tidak diobati, hematoma septum dapat menyebabkan perforasi (lubang) di septum. Untuk menghindari komplikasi ini, Dokter kesehatan biasanya perlu mengeringkan hematoma septum. Dokter juga harus melakukan prosedur ini sesegera mungkin, karena nekrosis jaringan (kematian) dapat dimulai segera setelah 24 jam setelah cedera.

penyebab hidung patah

Penataan Ulang Secara Manual

Jika tulang hidung bergeser atau tidak sejajar akibat cedera, Dokter akan melakukan penanganan secara manual. Untuk melakukan ini, Dokter akan membuat hidung mati rasa dengan anestesi lokal, lalu dengan perlahan mendorong tulang kembali ke tempatnya. (Dokter mungkin merekomendasikan anestesi umum, tergantung pada usia pasien dan tingkat keparahan cedera.)

Dokter mungkin menunggu beberapa hari sebelum melakukan penataan ulang manual. Hal ini memungkinkan beberapa pembengkakan turun terlebih dahulu.

Setelah Dokter menata kembali tulang hidung pasien, mereka mungkin akan memasang kain kasa di dalam lubang hidung dan membalut di bagian luar hidung pasien. Dalam beberapa kasus, Dokter juga dapat memasang belat sementara. Dokter juga akan memberi obat antibiotik untuk mencegah infeksi.

Pembedahan

Jika hidung pasien cedera parah hingga patah, pasien mungkin memerlukan pembedahan untuk membantu meluruskan kembali tulang hidung dan meredakan gangguan pernapasan. Dokter juga biasanya memberi anestesi umum untuk kenyamanan saat melakukan prosedur rekonstruksi hidung.

Operasi rekonstruksi hidung meliputi:

  • Septoplasti. Prosedur ini membentuk kembali septum, tulang rawan yang memisahkan kedua lubang hidung. Selama septoplasti, ahli bedah dapat mengangkat bagian tulang dan tulang rawan, kemudian membentuk kembali dan memposisikan ulang struktur yang mendasarinya. Ini memperbaiki lubang atau perforasi dan meningkatkan pernapasan.
  • Rhinoplasty. Selama prosedur ini, ahli bedah menambah, mengurangi, atau mengatur ulang tulang dan tulang rawan di bawahnya untuk membuat bentuk hidung baru dan menghilangkan penghalang apa pun. Ini adalah prosedur kosmetik yang sama yang dilakukan orang ketika mereka ingin memperbaiki penampilan hidung mereka.

Berapa Lama Untuk Pulih Dari Hidung Yang Patah?

Secara umum, hidung yang retak membutuhkan waktu sekitar tiga hingga enam minggu untuk sembuh.

Penanganan Patah Hidung

Anda tidak dapat mencegah patah tulang hidung sama sekali. Tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko cedera seperti:

  • Waspadai lingkungan sekitar (untuk mengurangi cedera patah hidung).
  • Kenakan alat pelindung saat bermain olahraga.
Sumber>
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17772-broken-nose
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/broken-nose/symptoms-causes/syc-20370439