Tahun baru seringkali menjadi waktu yang tepat untuk memulai lembaran baru, menetapkan resolusi, dan mengejar tujuan yang lebih baik. Seiring dengan pergantian tahun, seringkali dihadapkan pada momen refleksi diri, mempertanyakan pencapaian, dan mengevaluasi pengalaman. Pengalaman yang kita dapat selama ini dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga sehingga dapat berubah menjadi lebih baik dimasa depan. Upaya menjadi lebih baik terutama dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan langkah positif yang dapat membawa manfaat baik pada kualitas hidup.

Gaya hidup sehat merupakan gambaran bagi setiap orang dalam menjalani hidup untuk menentukan kualitas hidup dan kesejahteraan tubuh. Seseorang yang memiliki gaya hidup sehat cenderung memiliki kualitas hidup yang memadai, karena selalu memperhatikan pola makan, aktivitas fisik, pikiran, serta lingkungan. Hal tersebut akan meningkatkan tingkat kesehatan seseorang menjadi lebih baik. Gaya hidup ditentukan oleh perilaku seseorang dalam hidupnya.

Perilaku hidup sehat terbagi menjadi tiga konsep, yaitu:

  • Health Knowledge (Pengetahuan kesehatan):
    Pengetahuan tentang kesehatan yang mencangkup hal yang diketahui seseorang terhadap cara-cara memelihara kesehatan, pengetahuan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan, dan lainnya.
  • Health Attitude (Sikap terhadap kesehatan):
    Penilaian seseorang terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan.
  • Health Practice (Praktik kesehatan):
    Semua kegiatan atau aktivitas seseorang dalam menjaga dan memelihara kesehatannya.

Perilaku hidup merupakan bagian dari gaya hidup secara keseluruhan. Gaya hidup sehat seringkali mencangkup perilaku hidup yang positif. Oleh karena itu, perubahan kecil dalam perilaku hidup dapat berkontribusi pada perbaikan gaya hidup secara keseluruhan. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam membuat keputusan kecil dapat membentuk gaya hidup yang akan berdampak terhadap pola hidup.

Gaya hidup sehat melibat kebiasaan dan keputusan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional. Gaya hidup sehat bukan hanya tentang pola makan dan olahraga tetapi juga mencangkup banyak aspek seperti manajemen stress, tidur yang cukup, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa aspek utama dari gaya hidup sehat.

tips kesehatan di tahun 2024

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan hal terpenting dalam menjaga kesehatan. Saat tidur, tubuh melakukan banyak proses pemulihan sehingga tubuh dapat berfungsi dengan normal ketika bangu tidur. Tidur yang cukup juga berperan penting dalam kesehatan otak, karena selama tidur otak akan membersihkan racun yang terkumpul selama aktivitas sehari-hari.

Tidur yang cukup juga membantu menjaga keseimbangan emosional dan dapat berpengaruh terhadap mood seharian. Tidur yang cukup bukan berarti tidur yang memerlukan waktu lama dan panjang hingga lebih dari 10 jam. Terlalu lama tidur juga dapat menyebabkan peningkatan resiko terkena penyakit stroke.

Rekomendasi tidur yang cukup umumnya berkisar antara 7-9 jam setiap malam. Meskipun kebutuhan tidur bervariasi tergantung individu. Penting untuk menjaga rutinitas tidur yang konsisten, lingkungan tidur yang nyaman, menghindari kebiasaan tidur yang buruk seperti begadang atau terlalu banyak tidur siang.

2. Pola Makan Seimbang

Pola makan tentunya sangat berhubungan dengan gaya hidup. Pola makan seimbang akan menuntun kita pada gaya hidup sehat. Makanan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Pola makan seimbang juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker , dan penyakit lainnya.

Kombinasikan semua kelompok makanan seperti karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan. Tetapi, jangan hanya fokus pada jenis makanannya saja dan perhatikan juga ukuran porsinya. Makan dengan jumlah seimbang dapat membantu mencegah overheating dan menjaga berat badan tetap ideal.

3. Meluangkan Waktu Untuk Aktivitas Fisik

Beraktivitas fisik selama 30 menit sehari dapat melindungi kesehatan jantung dan mengurangi resiko osteoporosis, menjaga berat badan sehat, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta meningkatkan kesehatan mental. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan adalah berlari, berjalan, bersepeda, dan berenang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta paru-paru. Pilihlah berbagai macam aktivitas fisik agar tidak mudah bosan. Aktivitas fisik tidak hanya membentuk tubuh kita, tetapi juga memberikan manfaat psikologis, seperti mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

tips kesehatan di tahun 2024

4. Menjaga Berat Badan

Obesitas atau kegemukan dapat berhubungan dengan resiko lebih tinggi terkena penyakit. Menjaga berat badan juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan lainnya. Menjaga berat badan yang sehat memerlukan banyak hal yang mencakup pola makan seimbang, aktivitas fisik teratur, manajemen stres, dan kebiasaan hidup sehat lainnya. Penting untuk memilih perubahan kecil yang dapat dijalankan dalam jangka panjang daripada mencari solusi cepat yang mungkin tidak berkelanjutan, seperti diet sehat.

Di tahun baru ini, mari tinggalkan pendekatan "diet" yang bersifat sementara dan beralih ke pemikiran tentang perubahan gaya hidup. Dengan membuat pilihan makanan yang baik dan berkomitmen untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

5. Hindari Merokok

Rokok merupakan penyebab dari banyak kematian setiap tahunnya. Daftar penyakit termasuk kanker sangat banyak yang disebabkan oleh merokok. Merokok juga dapat mempercepat penuaan kulit. Berhenti merokok akan menyelamatkan nyawa dan melindungi kualitas hidup menjadi lebih baik. Apabila anda kesulitan dalam berhenti merokok sebaiknya hubungi pusat rehabilitas untuk mendapatkan konsultasi cara berhenti merokok.

6. Mengelola Kesehatan Mental

Kesehatan mental mencangkup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Mengelola kesehatan mental melibatkan faktor mengelola stress dan dapat membuat lebih bahagia. Menurut penelitian bahwa orang yang bahagia dapat lebih lama hidupnya dibanding dengan orang yang kurang bahagia. Salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan adalah dengan cara mengelola stress, seperti bersantai, melakukan latihan yoga, meditasi, mandi, atau membaca buku. Fokus pada hal positif yang menenangkan pikiran negatif. Temukan hobi yang sesuai dengan diri sendiri karena hobi dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Seiring kita memasuki tahun baru 2024, semangat untuk memiliki gaya hidup sehat semakin tinggi. Tahun-tahun sebelumnya telah memberikan kita banyak pelajaran tentang pentingnya merawat diri sendiri dan menghargai kesehatan sebagai aset berharga yang tidak ternilai. Dalam artikel ini, kita telah mengeksplorasi berbagai aspek yang membentuk gaya hidup sehat, mulai dari tidur yang memadai hingga pola makan yang seimbang, dari aktivitas fisik hingga manajemen stres. Mari buat komitmen jangka panjang untuk terus mengembangkan gaya hidup sehat ini dan bukan hanya resolusi sementara yang kita buat.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/lifestyle-factors-health-longevity-prevent-death-1132391
https://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/117/102