Asam urat merupakan zat kimia yang ada pada tubuh manusia dan merupakan hasil metabolisme purin dari dalam tubuh. Asam urat dikeluarkan melalui ginjal, namun apabila terlalu banyak produksi atau penumpukan asam urat, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius sehingga menimbulkan penyakit asam urat.

Penyakit asam urat atau Gout Artritis merupakan penyakit yang tidak menular, namun kondisi tersebut akan memburuk seiring berjalannya waktu dan jika tidak diobati. Gejala asam urat ini bervariasi tergantung tingkat keparahannya. Biasanya yang akan terasa adalah nyeri, kemerahan, pembengkakan sendi, serangan berulang, dan dapat menyebabkan deformitas sendi serta pembatasan pergerakan. Gejala tersebut biasanya akan terjadi di malam hari.

Manfaat Telur untuk Asam Urat

Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin di dalam tubuh. Purin ini dapat ditemukan pada makanan yang mengandung protein hewani maupun protein nabati. Jika zat purin dalam tubuh sudah berlebihan, maka akan menyebabkan ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut sehingga memicu terjadinya penumpukan zat purin di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi asam urat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat dalam tubuh.

Di dalam tubuh, purin dihasilkan secara alami sebanyak 85% setiap harinya, oleh karena itu kebutuhan purin dari luar tubuh hanya sebesar 15%. Jenis makanan yang mengandung purin rata-rata merupakan sumber protein. Sedangkan protein sendiri adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan, hingga menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga protein merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber protein yang memiliki kandungan purin yang rendah adalah telur.

Manfaat Telur untuk Asam Urat

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi seseorang terutama yang mengidap asam urat, karena secara alami telur memiliki kandungan purin yang rendah. Orang-orang yang memiliki penyakit asam urat seringkali disarankan untuk menghindari makanan tinggi protein dan tinggi purin seperti organ, daging merah, dan beberapa jenis makanan laut.

Dalam hal tersebut, telur merupakan pilihan yang baik karena mengandung rendah purin sehingga dapat menjadi sumber protein yang aman bagi orang-orang yang memiliki penyakit asam urat. Selain itu, telur juga merupakan protein lengkap dimana mengandung sembilan asam amino esensial di dalam tubuh, seperti lemak, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Manfaat Telur untuk Asam Urat

Kandungan Nutrisi Satu Butir Telur Rebus

  • Kalori: 78
  • Protein: 6,3 gram
  • Lemak: 5,3 gram
  • Karbohidrat: 0,5 gram
  • Selenium: 28% dari Kebutuhan Harian
  • Riboflavin: 20% dari Kebutuhan Harian
  • Kolin: 27% dari Kebutuhan Harian

Cara memasak dan mengkonsumsi telur juga dapat mempengaruhi nilai gizinya. Telur rebus dianggap lebih sehat daripada telur yang diolah dengan cara lain karena, telur rebus hanya perlu dimasak menggunakan air tanpa tambahan mentega atau minyak sehingga lebih rendah lemak. Selain itu telur rebus memiliki kandungan protein sedikit lebih tinggi dan mengandung 13 kalori lebih sedikit daripada telur dadar.

Mengolah telur agar lebih enak dapat dipadukan dengan beberapa produk makanan yang cocok untuk mencegah serangan asam urat secara tiba-tiba juga, diantaranya adalah:

  1. Produk susu rendah lemak seperti keju, susu low fat, dan yoghurt
  2. Buah Ceri
  3. Jus buah tanpa tambahan gula
  4. Kentang
  5. Sayuran
  6. Roti
  7. Lemak dan minyak yang sehat
  8. Kacang-kacangan
Manfaat Telur untuk Asam Urat

Rekomendasi Jumlah Telur yang Baik untuk dikonsumsi

Tidak ada rekomendasi jumlah telur yang harus dikonsumsi oleh seseorang dengan asam urat. Namun, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi maka telur dapat meningkatkan resiko penyakit jantung bahkan kematian bagi seseorang.

Rata-rata telur rebus mengandung 186 miligram kolesterol, sedangkan rekomendasi pembatasan total kolesterol yaitu tidak lebih dari 300 miligram per hari. Berdasarkan penelitian konsumsi telur dalam batasan aman yaitu satu hingga dua butir telur per hari.

Komplikasi Asam Urat

Jika tidak diobati dengan cepat dan tepat, maka asam urat dapat menyebabkan komplikasi. Selain berpengaruh terhadap sendi dan kulit, asam urat juga dapat menyebabkan hipertensi hiperurisemia jika tidak diobati dalam jangka panjang dapat menyebabkan kristal terbentuk di ginjal dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Pada kasus lebih parah atau dikenal dengan nefropati asam urat akut (AUAN) dapat berkembang menyebabkan kerusakan dan penurunan fungsi ginjal. Gejala AUAN dapat bervariasi tergantung tingkat keparahannya, diantaranya adalah

  • Produksi urin berkurang
  • Tekanan darah tinggi
  • Mual
  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Anemia
  • Pembengkakan jaringan
  • Embun uremik
Manfaat Telur untuk Asam Urat

Asam urat merupakan kondisi yang sangat dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan. Jika tidak ingin terkena penyakit asam urat, maka terapkanlah pola hidup dan pola makan yang sehat. Selain itu, selalu pastikan bahwa kadar asam urat dalam tubuh tetap normal dengan cara konsultasi kepada dokter apabila merasakan gejala-gejala asam urat, atau dapat mengecek kadar asam urat dengan alat cek asam urat yang dapat dibeli secara langsung maupun online di Galeri Medika. Selain alat cek asam urat, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/eggs-and-gout-6501259
https://www.verywellhealth.com/recognize-the-signs-and-symptoms-of-gout-189846