1000 hari pertama kehidupan bayi sejak lahir hingga anak berusia dua tahun disebut dengan periode emas. Memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat mendeteksi apakah terdapat penyimpangan pertumbuhan misalnya kekurangan gizi, keterlambatan dalam berbicara, berat badan dan tinggi badan yang tidak sesuai, dan lainnya.

Pertumbuhan merupakan bertambahnya ukuran fisik yang dapat dilihat dengan berat badan dan tinggi badan. Sedangkan perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan fungsi tubuh, misalnya memiliki kemampuan dari berguling menjadi duduk, berdiri, dan jalan.

Adapun pemantauan pertumbuhan dilakukan dengan cara menimbang berat badan bayi, mengukur panjang atau tinggi bayi, dan mengukur lingkar kepala. Hasil dari pengukuran tersebut akan disamakan dengan kurva pertumbuhan sesuai jenis kelamin yang biasanya ditemukan pada buku anak.

Manfaat Menimbang Bayi dan TIps Menimbang Bayi di Rumah Secara Akurat

Menurut ketetapan standar WHO, rata-rata berat bayi yang baru lahir adalah 3.2 hingga 3.4 kg. Sebagian besar bayi lahir sehat memiliki berat antara 2.6 hingga 3,8 kg. Jika berat bayi kurang dari 2.5 kg atau diatas 4.0 kg maka dianggap tidak sehat. Banyak hal yang mempengaruhi kondisi tersebut diantaranya adalah:

  • Waktu kelahiran: Bayi yang lahir kurang dari tanggal kelahiran seharusnya biasanya lebih kecil atau disebut prematur, dan bayi yang melewati tanggal kelahiran biasanya akan memiliki berat badan lebih besar.
  • Merokok: Ibu yang merokok ketika hamil akan melahirkan bayi yang cenderung lebih kecil dari seharusnya.
  • Diabetes Gestasional: Ibu dengan diabetes saat kehamilan dapat menyebabkan bayi yang lebih besar dari rata-rata
  • Status gizi: Gizi buruk selama kehamilan dapat menyebabkan bayi yang lebih kecil, sedangkan penambahan berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan bayi yang lebih besar.
  • Riwayat Keluarga: Beberapa bayi yang terlahir lebih kecil atau lebih besar mungkin karena genetik.
  • Jenis kelamin: Pada umumnya, bayi perempuan baru lahir memiliki berat rendah daripada bayi laki-laki.
  • Kehamilan Ganda: Bayi tunggal biasanya memiliki berat yang lebih baik dibanding dengan bayi kembar atau triplet.
Manfaat Menimbang Bayi dan TIps Menimbang Bayi di Rumah Secara Akurat

Rata-Rata Pertambahan Berat Badan Bayi

Setiap bayi memiliki berat berbeda-beda, namun terdapat berat umum yang biasanya menjadi acuan dalam pertambahan berat badan bayi. Berikut merupakan perkiraan pertambahan berat badan bayi dalam 12 bulan pertama:

  1. Dua Minggu Pertama
    Selama beberapa hari pertama, bayi akan mengalami penurunan berat badan dan hal tersebut cukup normal karena bayi menyesuaikan minum ASI ataupun susu Formula. Biasanya bayi akan kehilangan berat antara 5-10%. Namun, setelah dua minggu, berat badan bayi akan kembali seperti semula dan mengalami pertumbuhan.
  2. Satu Bulan
    Dalam satu bulan pertama, kebanyakan bayi akan mengalami penambahan berat badan sebanyak 450 - 900 gram. Pada usia ini juga bayi sudah tidak terlalu mengantuk, pola minum susu mulai teratur, dan memiliki kemampuan menghisap susu lebih kuat.
  3. Dua Bulan
    Umumnya, pada usia ini berat badan bayi akan bertambah 700 - 900 gram setiap bulannya. Berat rata-rata pada usia dua bulan adalah 5.1 kg untuk perempuan dan 5.6 kg untuk laki-laki.
  4. Enam Bulan
    Rata-rata berat badan bayi akan bertambah sekitar 700 - 900 gram setiap bulannya. Pada usia 6 bulan berat bayi umumnya sekitar 7.3 kg untuk perempuan dan 7.9 kg untuk laki-laki.
  5. Satu Tahun
    Setelah menginjak usia 6 bulan, berat badan bayi akan sedikit lambat. Pada usia satu tahun, berat badan bayi perempuan adalah sekitar 8.9 kg dan berat badan bayi laki-laki sekitar 9.6 kg.

Setelah usia satu tahun, bayi akan mengalami pertumbuhan sekitar 2-2.5 kg setiap tahunnya hingga usia 5 tahun.

Manfaat Menimbang Bayi dan TIps Menimbang Bayi di Rumah Secara Akurat

Rata-Rata Pertambahan Panjang Bayi

Sama seperti berat badan, tinggi badan bayi juga memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda. Tinggi badan bayi dipengaruhi oleh nutrisi yang diperoleh dan juga kondisi kesehatannya. Meskipun laju pertumbuhan bayi sedikit lebih lambat atau lebih cepat dari standar, selama masih batas ideal maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Secara umum selama enam bulan pertama, pertumbuhan panjang bayi setiap bulannya adalah 2.5 cm. Sedangkan antara enam bulan hingga satu tahun tinggi bayi akan melambat 1 cm setiap bulannya. Panjang rata-rata bayi laki-laki pada usia enam bulan adalah 67.6 cm dan bayi perempuan sekitar 65.7 cm. Sedangkan pada usia satu tahun, umumnya bayi laki-laki memiliki panjang sekitar 75.7 cm dan bayi perempuan sekitar 74 cm.

Faktor yang dapat mempengaruhi panjang atau tinggi bayi adalah genetika, jenis kelamin, nutrisi yang diperoleh, pola tidur, dan aktivitas fisik. Namun disisi lain, kondisi tersebut tergantung bayi dan dapat berbeda-beda dari setiap individu.

Memantau pertumbuhan bayi ini dapat dilakukan menggunakan timbangan khusus bayi. Timbangan ini biasanya sudah digital sehingga memudahkan dalam melakukan proses pengukuran. Timbangan bayi ini dapat ditemukan secara online maupun langsung di Galer! Med!ka. Menggunakan timbangan digital memang cukup mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Manfaat Menimbang Bayi dan TIps Menimbang Bayi di Rumah Secara Akurat

Tips Menimbang Bayi di Rumah

Menimbang bayi secara rutin dapat mengetahui kondisi kesehatan bayi. Selain melakukan pemeriksaan kepada ahli kesehatan, menimbang bayi secara rutin juga dapat dilakukan dirumah menggunakan timbangan digital. Berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan timbangan digital:

  • Pilih Timbangan Digital yang kokoh dan akurat: Timbangan bayi biasanya memiliki alas nampan untuk membaringkan bayi agar lebih aman.
  • Letakan timbangan pada permukaan datar dan kokoh untuk hasil yang lebih akurat
  • Beri alas atau selimut pada nampan bayi agar lebih nyaman
  • Pastikan timbangan pada angka nol, gunakan fungsi tare pada timbangan untuk membuatnya nol
  • Timbang berat bayi: Bayi diletakan diatas timbangan, pastikan bayi tidak berpakaian agar hasilnya lebih akurat
  • Tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan muncul dan catat sebagai acuan pertambahan atau penurunan berat badan bayi

Selain menimbang berat badan, ada beberapa timbangan bayi yang sudah dilengkapi juga dengan pengukur tinggi. Alangkah baiknya mempertimbangkan memilih timbangan khusus bayi sehingga pemantauan pertumbuhan bayi pun menjadi lebih optimal dan menghindari keterlambatan pertumbuhan. Timbangan bayi ini dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galeri Medika secara langsung maupun online. Selain timbangan digital, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.parents.com/first-year-infant-growth-chart-8546333#:~:text=Average%20Baby%20Weight%20at%20One%20Year&text=Most%20babies%20double%20their%20birth,3%20ounces%20(9.6%20kg).
https://id.wikihow.com/Menimbang-Berat-Bayi
https://www.alodokter.com/pentingnya-mengenali-tahapan-pertumbuhan-anak