Jamur kuku atau yang juga dikenal onikomikosis adalah gangguan jamur umum yang dimulai sebagai bintik putih atau kuning tepat di bawah ujung kuku kaki atau kuku tangan Anda. Ini adalah kondisi menular umum yang biasanya dimulai dengan bintik kuning atau putih di bawah jari tangan atau kuku kaki Anda. Jika infeksi menjadi parah ini akan menyebabkan kuku berubah warna. Saat infeksi jamur semakin dalam, jamur kuku dapat menyebabkan kuku menebal, berubah warna dan hancur di tepian kuku.

Infeksi jamur kuku dapat menyebar dari kuku satu ke kuku yang lainnya, memicu kuku mulai menebal dan hancur di bagian ujungnya. Infeksi kuku umumnya disebabkan oleh sejenis jamur yang dikenal sebagai dermatofit bisa juga disebabkan oleh ragi dan jamur. Infeksi jamur kuku lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua karena seiring bertambahnya usia kuku, mereka bisa menjadi rapuh dan kering dan retakan yang dihasilkan pada kuku memungkinkan jamur untuk masuk. Faktor lainnya adalah kekebalan yang berkurang atau sirkulasi yang buruk.

Apa Saja Gejala Jamur Kuku?

Beberapa gejala utama penyakit ini adalah :

  • Bintik-bintik putih atau kuning di bawah jari tangan atau kuku kaki
  • Kuku menjadi menebal
  • Bentuk kuku yang terdistorsi
  • Munculnya kotoran dibawah kuku yang menyebabkan warnanya menjadi gelap
  • Sedikit bau busuk yang berasal dari kuku

Apa Faktor Risiko dan Komplikasi Jamur Kuku?

Jamur-Kuku

Semakin tua Anda mungkin mengalami keringat berlebih, atau memiliki riwayat penyakit kaki atlet, Anda bisa memiliki risiko terkena penyakit ini. Penderita diabetes atau memiliki cedera kulit juga berisiko terkena jamur kuku. Berjalan di tempat umum yang lembap seperti gym, kolam renang, atau kamar mandi juga dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

Komplikasi Jamur Kuku

  1. Hali ini bisa menimbulkan rasa sakit, dan dapat menyebabkan kuku rusak secara permanen.
  2. Ini juga dapat menyebarkan infeksi di luar jaringan kuku.
  3. Jika Anda menderita diabetes, Anda berisiko lebih tinggi terkena selulitis  atau infeksi kulit bakteri. Oleh karenanya jangan mengabaikan penyakit yang satu ini sebab setiap cedera yang relatif kecil pada kaki, termasuk infeksi jamur kuku, dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Bagaimana Cara Mencegah Jamur Kuku?

Jamur-Kuku
  • Cuci tangan dan kaki Anda secara teratur, dan jika Anda menyentuh kuku yang terinfeksi segera cuci tangan Anda dengan pembersih. Desinfeksi gunting kuku Anda sebelum dan sesudah menggunakannya.
  • Kenakan kaus kaki dan sepatu penyerap keringat yang membuat kaki bernapas.
  • Kenakan alas kaki di tempat umum yang lembap.
  • Jangan terlalu lama memakai kuku palsu atau cat kuku dan ganti sepatu lama Anda apabila sudah dirasa tidak nyaman.
  • Potong kuku Anda secara lurus, gunakan kikir untuk menghaluskan tepi dan kikir di area yang menebal juga.
  • Rajinlah membersihkan sepatu Gnda dengan bedak antijamur atau disinfektan.

Apa saja pengobatan untuk jamur kuku?

Pengobatan-Kuku
  1. Obat antijamur oral adalah pilihan pengobatan pertama dan utama untuk jamur kuku. Obat-obatan seperti terbinafine dan itraconazole akan membantu kuku Anda tumbuh lebih sehat dan bebas dari infeksi.
  2. Anda dapat menggunakan cat kuku dengan obat yang disebut ciclopirox untuk mengecat kuku dan kulit di sekitarnya. Oleskan selama 7 hari, bersihkan dengan alkohol, dan oleskan lagi. Namun selalu gunakan sesuai anjuran dokter.
  3. Krim kuku adalah pilihan perawatan lain yang dapat Anda terapkan pada kuku yang terinfeksi. Jika Anda menipiskan kuku dan kemudian menggunakannya, krim ini akan bekerja lebih baik.
  4. Tindakan operasi pada kuku juga tersedia, yang mengharuskan dokter untuk mencabut kuku Anda untuk sementara dan mengoleskan krim antijamur langsung pada kulit tempat infeksi berakar.
  5. Perawatan laser juga adalah cara tercepat untuk menyembuhkan jamur kuku. Ini akan langsung membunuh mikroorganisme di bawah kuku Anda yang menyebabkan infeksi.

Jamur kuku bukanlah penyakit yang mengancam jiwa, tetapi juga tidak akan hilang dengan sendirinya. Jadi, jika Anda melihat gejala jamur kuku, lebih baik segera periksakan diri ke dokter spesialis dibidangnya. Jika tidak, gejalanya mungkin saja akan bertambah buruk, dan Anda mungkin harus mencabut kuku Anda secara permanen jika obat-obatan gagal atau tidak memberikan hasil yang signifikan.

Orang-orang pada umumnya mungkin menggunakan pengobatan rumahan dan langkah-langkah perawatan dini untuk menyembuhkan jamur kuku sebelum mereka memutuskan untuk menemui dokter. Namun jika langkah-langkah perawatan dini tidak membantu, dan kuku Anda mulai berubah warna, menebal, atau berubah bentuk, Anda harus segera menemui dokter untuk menghindari resiko komplikasi pada kuku.