Flat Foot atau kaki datar dikenal juga sebagai pes planus merupakan suatu kondisi dimana kaki tidak memiliki lengkungan atau hanya sedikit lengkungan. Ketika berdiri dan telapak kaki tertekan biasanya lengkungan pada kaki tidak akan terlihat, meskipun kadang-kadang lengkungan akan muncul saat mengangkat kaki.

Semua bayi memiliki kaki datar saat lahir. Lengkungan biasanya akan terbentuk pada usia 6 tahun. Dua dari 10 anak masih memiliki kaki datar saat dewasa. Jika lingkungan tidak berkembang atau runtuh maka kondisi tersebut disebut dengan kaki datar. Kaki datar ini dapat menyebabkan rasa sakit dan mempengaruhi dalam berjalan.

Flat Foot (Kaki Datar): Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Jenis-Jenis Kaki Datar

Kaki datar dapat menyebabkan masalah mulai dari semenjak pertumbuhan atau muncul pada masa dewasa. Terdapat beberapa jenis kaki datar diantaranya adalah:

1. Kaki Datar Fleksibel

Jenis kaki datar ini merupakan yang paling umum. Lengkungan pada kaki hanya akan muncul saat mengangkat kaki dari tanah. Kaki datar fleksibel ini muncul selama masa kanak-kanak atau masa remaja. Hal ini dapat mempengaruhi kedua kaki dan secara bertahap dapat memburuk seiring bertambahnya usia.

2. Kaki Datar Kaku

Kaki datar yang kaku tidak memiliki lengkungan saat berdiri ataupun saat duduk. Kondisi ini sering berkembang pada masa remaja dan memburuk seiring bertambahnya usia. Kaki juga mungkin terasa sakit sehingga sulit untuk menekuk kaki ke atas, bawah, atau menggerakkannya ke samping. Kondisi kaki datar ini dapat mempengaruhi satu atau dua kaki.

3. Muncul Saat Dewasa

Kondisi ini terjadi ketika lengkungan kaki tiba-tiba turun. Lengkungan yang turun ini menyebabkan kaki menyerong keluar dan menyebabkan rasa sakit. Penyebab paling umum kondisi ini adalah adanya peradangan atau robekan pada tendon kaki bagian belakang yang mendukung lengkungan. Kondisi ini biasanya hanya mempengaruhi satu kaki saja.

4. Talus Vertikal

Beberapa bayi memiliki cacat bawaan yang disebut dengan talus vertikal sehingga mencegah pembentukan lengkungan. Tulang talus di pergelangan kaki berada di posisi yang salah sehingga bagian bawah kaki menyerupai kursi goyang. Talus vertikal ini juga sering disebut sebagai kaki bentuk kursi goyang.

Flat Foot (Kaki Datar): Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Gejala Flat Foot

Kebanyakan orang yang memiliki kaki datar biasanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada gejala. Mereka yang mengalami gejala biasanya merasakan nyeri di daerah tengah kaki. Nyeri ini cenderung meningkat saat melakukan aktivitas dan mungkin disertai pembengkakan di sepanjang pergelangan kaki dan lingkungan.

Selain itu, nyeri pada pinggul, lutut, dan bagian bawah punggung juga umum terjadi karena ketidakstabilan langkah dan postur karena mendapatkan tekanan yang tidak perlu pada sendi-sendi tersebut.

Penyebab Flat Foot

Memiliki kaki datar mungkin ada hubungannya dengan genetika, saat anak tumbuh, maka lengkungan kaki akan terbentuk. Beberapa orang memiliki lengkungan yang tinggi sementara yang lainnya memiliki lengkungan yang rendah atau hampir tidak ada sehingga menjadi penyebab kaki datar.

Beberapa orang yang memiliki flat foot berkembang selama masa pertumbuhan atau semasa hidupnya. Beberapa hal yang dapat meningkatkan kaki datar diantaranya adalah:

  • Cedera tendon achilles
  • Patah Tulang
  • Cerebral Palsy
  • Diabetes
  • Down Sindrom
  • Tekanan Darah TInggi
  • Obesitas
  • Kehamilan
  • Artritis reumatoid

Penyebab dan pengobatan kaki datar berbeda berdasarkan usia. Kaki datar pada anak-anak cenderung akan membaik tanpa intervensi, Sementara pada dewasa cenderung permanen dan tidak dapat membaik.

Flat Foot (Kaki Datar): Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Pengobatan Flat Foot

Pengobatan kaki datar dapat bervariasi pada anak-anak dan dewasa. Secara umum kaki datar pada anak-anak tidak memerlukan pengobatan dan biasanya akan berkembang lengkungan kaki pada saat remaja atau masa dewasa. Anak-anak seringkali berjalan telanjang kaki di berbagai permukaan lebih mungkin memiliki perkembangan lengkungan kaki yang normal pada usia 4 hingga 6 tahun.Kaki datar pada dewasa seringkali memerlukan pengobatan. Orang dengan gejala yang parah biasanya akan melakukan latihan kakI, menggunakan alat bantu tertentu, atau bahkan melakukan operasi. Jarang sekali orang yang membutuhkan operasi untuk memperbaiki kaki datar yang kaku, biasanya pengobatan meliputi:

  1. Obat antiinflamasi non steroid (OAINS)
  2. Istirahat dan Kompres es untuk mengurangi peradangan
  3. Terapi fisik untuk meregangkan dan menguatkan tendon otot yang kencang sehingga meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas
  4. Menggunakan perangkat penunjang seperti ortosis kaki, penyangga kaki, atau sepatu yang dibuat khusus.

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi kondisi flat foot adalah dengan menggunakan penunjang ortopedi. Penunjang ortopedi yang cocok ini adalah Insole kaki datar dari Bonbone untuk arch support, untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi Toko Galeri Medika. Selain Arch support, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17005-flat-feet
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flatfeet/symptoms-causes/syc-20372604
https://www.healthline.com/health/pes-planus#prevention
https://www.verywellhealth.com/flat-feet-causes-and-associated-medical-problems-1337682