Tensimeter atau dikenal juga dengan sebutan sphygmomanometer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah secara manual. Saat ini terdapat beberapa jenis tensimeter yang beredar di dunia medis salah satu yaitu tensimeter aneroid. Tensimeter aneroid jika dilihat sekilas terlihat mirip dengan tensimeter raksa namun memiliki perbedaan utama yang terletak di meteran pengukur tekanannya, jika pada tensimeter raksa menggunakan air raksa sedangkan tensimeter aneroid menggunakan perangkat bernama Gauge untuk menunjukan angka pengukuran.

pada artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu produk tensimeter aneroid bernama ABN Regal Mobile Model khususnya pada jenis ABN Regal Clock Aneroid sphygmomanometer. Beberapa hal yang akan dibahas antara lain cara pemasangan, cara menggunakan hingga cara pemeliharaan tensimeter tersebut. Berikut dibawah ini merupakan penjelasan-penjelasannya.

Cara Pasang ABN Regal Mobile Model

Cara Pasang Tensimeter Aneroid ABN Regal Mobile Model
  1. Pasangkan collar ke bagian base. Sambungkan kedua bagian tersebut dengan menggunakan allen nut berukuran besar (6 mm) dan lock washer. Kencangkan dengan kunci yang disediakan. Balikan posisi base hingga menghadap ke atas, masukan pegas dan inner tube ke dalam collar dengan bagian yang terbuka menghadap ke atas.
  2. Longgarkan sekrup pada bagian bawah tempat penyimpanan cuff (Cuff Storage) dengan menggunakan kunci 3 mm yang tersedia. Pasangkan cuff storage di atas inner tube dan kencangkan sekrupnya.
  3. Pasangkan clock gauge yang sudah terakit dengan fixation plate ke cuff storage dan kencangkan bautnya.
  4. Pasangkan coiled tubing pada lubang udara di clock gauge. pasangkan konektor pada tubing blader lipat cuff dan tempatkan pada cuff storage.
  • Pasangkan unit utama clock gauge dengan cuff storage.
  • Tempatkan cuff storage diatas nner tube.
  • Pastikan seluruh bagian inner tube masuk ke dalam bagian collar.
  • Sesuaikan knob untuk mengatur tinggi clock gauge.

Cara Menggunakan ABN Regal Mobile Model

  1. Pasangkan cuff pada lengan atas dengan posisi sekitar 2-3 cm di atas tekukan siku lengan anda. pastikan pemasangannya dengan cara memasukan dua jari diantara cuff dan kulit, dan juga pastikan bahwa simbol arteri telah berada tepat diatas arteri.
  2. Untuk memastikan apakah anda telah memilih ukuran cuff yang tepat, periksa apakah garis putih "index line" berada dalam kisaran tanda panah saat cuff telah dipasangkan. Jika index berada diluar range maka ganti cuff ke ukuran yang lebih kecil. Pembacaan tekanan darah yang akurat hanya dapat diperoleh jika ukuran cuff yang digunakan bersesuaian.
  3. Tutup valve yang terpasang pada bulb dengan cara memutar kenop searah jarum jam. pompa sistem dengan cara menekan bulb hingga tekanan dalam cuff mencapai angka 20 mmHg lebih tinggi daripada tekanan sistolik yang diperkirakan. Tempatkan chestpiece dari stetoskop tepat diarteri pada bawah cuff.
  4. Secara perlahan, buka valve dengan cara memutar kenop berlawanan arah jarum jam hingga kecepatan penurunan tekanan mencapai 2-3 mmHg/detik. dengarkan bunyi nadi, saat bunyi nadi terdengar untuk pertama kali catat pembacaan pada gauge ini, ini adalah tekanan sistolik. saat bunyi denyut tidak terdengar lagi, catat pembacaan pada gauge dan tandai sebagai tekanan diastolik.
  5. Buka valve selururuhnya untuk mengosongkan tekanan yang tersisa di dalam cuff dengan seketika. dengan demikian, prosedur pengukuran tekanan darah telah selesai.li>
  6. Untuk kondisi lingkungan terbaik saat digunakan yaitu 10°C hingga 40°C dengan kelembapan tidak melebihi 85% dan kondisi penyimpanan terbaik pada suhu -20°C hingga 70°C dengan kelembapan tidak melebihi 85%.
Cara Pasang Tensimeter Aneroid ABN Regal Mobile Model

Cara Pemeliharaan

Manometer Gauge

  • Jangan jatuhkan gauge.
  • Jangan merendam gauge dalam air.
  • Hindari kontak dengan bahan pelarut.
  • Gauge dapat dibersihkan dengan cara mengelap permukaannya dengan kain yang telah dilembapkan dengan etanol.
  • Jangan membongkar atau memodifikasi gauge.

Akurasi dan Kalibrasi

Manometer gauge yang tersedia dalam kemasan telah diperiksa dengan teliti dengan tingkat akurasi sebesar ± 3 mmHg. Akurasi gauge dapat diperiksa dengan memastikan bahwa penunjuk skala berada dalam zona toleransi saat unit dalam keadaan tidak digunakan. Jika dalam keadaan tersebut penunjuk skala berada diluar zona toleransi, gauge akan memberikan pembacaan yang tidak akurat, jika hal ini terjadi maka unit perlu dikalibrasi ulang oleh pihak yang telah berkualifikasi agar memenuhi standar pengukuran nasional atau internasional.

Bladder

  • Untuk membersihkan bladder dan tubing, lepaskan bladder dari cuff terlebih dahulu. Bladder dapat dibersihkan dengan cara mengelap permukaannya dengan kain yang dilembapkan dengan etanol.
  • Hindari kontak dengan benda tajam.

Cuff

  • Cuff dapat dibersihkan setelah Bladder dilepaskan. Cuff dapat dibersihkan dengan cara mengelap permukaannya dengan kain yang dilembapkan dengan etanol. Jangan menggunakan bahan pelarut.
  • Cuff dapat dicuci dalam campuran air dengan sabun/deterjen yang lembut. Jangan menggunakan bahan pemutih. Bilas sampai bersih dan biarkan cuff mengering. Jangan menyetrikan bagian perekat nilon.
  • Hindari kontak dengan benda tajam.

Bulb dan valve

Bulb dan valve dapat dibersihkan dengan cara mengelap permukaannya dengan kain yang telah dilembapkan dengan etanol.

Rakitan Bladder dan Cuff

  • Bladder dapat dilepaskan dari cuff dengan cara menarik tubing dengan perlahan, kemudian keluarkan bladder seluruhnya dari dalam kompartemen bladder.
  • Untuk memasukan bladder kembali kedalam cuff, gulung bladder secara vertikal kemudian masukan bladdr kembali kedalam kompartemennya, buka gulungan bladder dan posisikan agar pas dengan kompartemen.
  • Jangan mengembangkan cuff saat belum dilingkarkan pada lengan. Untuk menjaga peralatan dalam kondisi terbaiknya hindari dari suhu ekstrem, lingkungan lembap, debu dan sinar matahari langsung.

Garansi dan Pelayanan

1 Tahun Garansi Penuh

produk ini bergaransi selama periode 1 tahun sejak tanggal pembelian terhadap cacat pabrikan. Selama masa ini, produk akan diperbaiki atau diganti baru. Jika kegagalan terbukti karena kesalahan produksi/material. Kerusakan produk yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna merupakan hal yang tidak tercakup dalam garansi. Biaya pengiriman produk selama mas garansi tidak tercakup dalam garansi. Klaim atas garansi hanya berlaku apabila produk dilengkapi dengan kartu garansi yang telah terisi.

Nah, untuk memudahkan pemasangan dan penggunaan berikut kami tunjukan secara visual dengan menonton video dibawah ini