Jantung merupakan salah satu organ vital dan penting yang ada di dalam tubuh. Jantung berperan sebagai pompa untuk mengalirkan darah yang membawa oksigen ke seluruh organ tubuh. Selain itu, jantung juga berperan untuk menerima darah yang mengandung karbondioksida sisa metabolisme. Oleh karena itu, jantung harus memastikan bahwa tubuh sudah mendapatkan oksigen dengan baik dan memastikan hasil sisa metabolisme dikeluarkan kembali.

Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Dengan menjaga jantung tetap sehat, maka dapat menghindari resiko masalah kesehatan yang lebih berbahaya akibat penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan suatu kondisi dimana salah satu atau beberapa bagian jantung mengalami gangguan sehingga mempengaruhi fungsi normal jantung.

Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Penyakit Jantung?

Penyakit jantung ini memiliki jenis tergantung bagian jantung mana yang terkena, meliputi penyakit jantung koroner atau penyempitan pembuluh darah jantung, gangguan irama jantung (aritmia), penyakit jantung bawaan sejak lahir, gangguan pada otot jantung, infeksi jantung baik akibat bakteri, virus, atau parasit, dan penyakit katup jantung.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab dari penyakit jantung ini bervariasi tergantung pada jenisnya. secara umum, penyakit jantung dapat diakibatkan oleh kondisi seperti penumpukan lemak didalam pembuluh darah, tekanan darah tinggi, diabetes tidak terkontrol, dan infeksi. Selain itu, penyakit jantung juga lebih sering terjadi pada seseorang dengan faktor resiko sebagai berikut:

  1. Kolesterol Tinggi: Tingginya kadar kolesterol didalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung koroner karena dapat menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah.
  2. Tekanan Darah Tinggi: Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan menimbulkan resiko komplikasi seperti gagal jantung.
  3. Merokok: Merokok atau paparan asap rokok pasif dapat meningkatkan penyakit jantung koroner.
  4. Diabetes: Diabetes yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan pada jantung.
  5. Obesitas: Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan gagal jantung.
  6. Kurang Aktivitas Fisik: Kurangnya beraktivitas fisik dapat menyebabkan resiko penyakit jantung.
  7. Riwayat Keluarga: Keluarga yang memiliki resiko penyakit jantung juga dapat meningkatkan resiko terkena kondisi yang serupa.
  8. Stres: Stres yang terus menerus dapat mempengaruhi kesehatan jantung.
Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Penyakit Jantung?

Penyebab penyakit jantung sebenarnya sangat berhubungan dengan gaya hidup. Jika gaya hidup sehat, maka akan terhindar dari resiko penyakit jantung dan dapat menghindari komplikasi. Gejala penyakit jantung ini bervariasi tergantung pada jenis penyakit jantung yang sedang dialami. Beberapa gejala umum dapat meliputi nyeri dada, sesak napas, kelelahan, pusing, pingsan, pembengkakan pada kaki, detak jantung tidak beraturan, dan nyeri pada bagian atas perut.

Pencegahan penyakit jantung sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan usaha yang besar yaitu dengan perubahan gaya hidup. Gaya hidup sehat dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit yang berbahaya. Selain gaya hidup, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi penyakit jantung. Berikut merupakan tips mengenai cara mengurangi resiko penyakit jantung.

Tips Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Di era sekarang ini, resiko penyakit jantung semakin meningkat akibat pola hidup yang tidak baik. Terlalu banyak menghirup asap rokok, mengonsumsi makanan instan, jarang berolahraga, dan lainnya. Untuk menghindari resiko penyakit jantung maka perlunya perubahan gaya hidup, seperti:

1. Menjaga Pola Makan Seimbang

Menjaga pola makan seimbang merupakan salah satu cara terpenting untuk mencegah penyakit jantung. Konsumsilah berbagai macam buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Batasilah konsumsi asupan lemak jenuh dan lemak trans, lebih baik memilih asam lemak omega-3 yang biasanya terdapat dalam ikan karena dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Aktivitas Fisik Secara Teratur

Beraktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi masalah jantung. Lakukanlah latihan atau olahraga secara teratur minimal 30 menit sehari untuk meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas yang dapat dilakukan seperti berjalan, jogging, renang atau bersepeda dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi penyakit jantung.

Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Penyakit Jantung?

3. Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu faktor resiko utama untuk penyakit jantung. Merokok dapat merusak pembuluh darah, mengurangi kadar oksigen, dan meningkatkan resiko penebalan arteri. Berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

4. Kontrol Stres

Stres kronis dapat berpengaruh langsung terhadap kesehatan jantung. Praktikan teknik pengurangan stres seperti meditasi, latihan dalam, yoga, dan lainnya. Untuk menghilangkan tekanan sehari-hari maka dapat dilakukan adalah mendengarkan musik, menari, atau sekedar berbicara dengan seseorang yang dicintai. Tidur yang cukup juga sangat berdampak dalam mengelola stres dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

5. Batasi Konsumsi Alkohol

Meskipun mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedang dapat memiliki beberapa manfaat bagi kardiovaskular, minum berlebihan alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan masalah kardiovaskular lainnya. Batasi konsumsi alkohol sesuai dengan rekomendasi yang dibolehkan.

6. Jaga Berat Badan

Berat badan yang terlalu tinggi atau obesitas dapat beresiko menyebabkan penyakit jantung. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan kondisi seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan lainnya. Ikuti diet yang seimbang dengan latihan fisik secara teratur untuk memiliki berat badan yang sesuai.

Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Penyakit Jantung?

7. Pantau Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Jaga kadar kolesterol tetap normal dan tekanan darah tetap normal agar terhindar dari resiko penyakit jantung ataupun masalah kesehatan lainnya.

Menjaga kesehatan jantung dapat menghindari resiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung. Perubahan pola hidup menjadi lebih baik dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi penyakit kardiovaskular. Selain merubah pola hidup, menjaga kesehatan jantung juga dapat dilakukan dengan selalu memantau tekanan darah dan kadar kolesterol. Pantau tekanan darah menggunakan tensimeter digital di rumah secara mandiri. Tensimeter digital dapat dibeli di Toko Galeri Medika secara langsung maupun online. Selain tensimeter digital, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.healthshots.com/photos/how-to-reduce-heart-disease-risk/7/
https://ayosehat.kemkes.go.id/topik-penyakit/penyakit-kardiovaskular/penyakit-jantung