Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur berperan dalam meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas, diabetes, dan kanker.

Ada beberapa hal yang Anda harus tahu jika Anda ingin tidur yang layak dan berkualitas bagi kesehatan yaitu sebagai berikut:



1. Hindari stres

Stres merupakan respons terhadap masalah sehari-hari. Stres memengaruhi secara fisik, perilaku, dan emosional. Stres yang terlalu berat dapat membuat tubuh tegang dan cemas sehingga menyebabkan masalah tidur.

2. Membatasi tidur siang

Tidur siang tentu sangat nyaman dan memiliki dampak positif yaitu meningkatakan fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun bagi orang dewasa tidur siang sebaiknya dibatasi karena selain mengganggu jadwal kerja, tidur siang yang terlalu lama membuat Anda terjaga di malam hari. Sehingga kualitas tidur Anda di malam hari menjadi buruk.

3. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur

Mengonsumsi terlalu banyak makanan menjelang tidur akan membuat perut terasa tidak nyaman dan membuat sulit tidur. Untuk itu, usahakan agar makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur adalah makanan yang sehat dan dalam jumlah sedikit. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar sebagai alternatif. Untuk makanan yang berat usahakan makan pada 3 hingga 4 jam sebelum tidur untuk kualitas tidur lebih baik.

4. Jangan mengonsumsi air putih terlalu banyak sebelum tidur

Meminum air putih tentu merupakan pilihan hidup sehat. Namun sangat disarankan untuk tidak banyak minum air putih sebelum tidur. Hal ini dikarenakan saat tidur terutama ketika suhu ruangan cukup sejuk, Anda akan sering pergi ke toilet untuk buang air kecil. Apabila anda terbangun hanya karena buang air kecil dan tidak bisa melanjutkan tidur, tentu kualitas tidur anda akan terganggu.

5. Gunakan losion anti nyamuk

Apabila kamar anda merupakan tempat yang nyaman untuk nyamuk mencari makan di malam hari, tentu aktivitas tidur anda akan terganggu. Bahkan tidak sedikit orang yang tidak bisa melanjutkan tidurnya karena terganggu akibat gigitan nyamuk yang gatal. Gunakan losion nyamuk di sekitar tubuh yang mudah nyamuk untuk menggigit merupakan pilihan yang lebih baik bila dibandingkan menggunakan obat nyamuk bakar yang mana itu berdampak buruk bagi pernapasan seseorang. Jika anda tidak ingin terlalu banyak menggunakan losion nyamuk, pakailah pakaian yang panjang hingga menutup lengan dan paha serta dengkul. Kemudian gunakan losion hanya pada permukaan tangan dan kaki.

6. Matikan perangkat elektronik

Matikan televisi, ponsel, atau perangkat komputer setiap kali Anda hendak tidur. Hal ini berguna untuk meningkatkan relaksasi pada tubuh sehingga aliran darah ke otak menjadi lebih optimal. Alhasil, tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

7. Hindari mengobrol dengan menggunakan telepon di malam hari

Ketika Anda berbicara dengan teman atau orang terdekat Anda menggunakan telepon maka pada saat itu secara otomatis otak Anda telah diatur untuk selalu siaga. Anda akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengubah sistem otak Anda menjadi lebih tenang kembali. Karena itu, usahakan agar Anda tidak berbicara melalui telepon setidaknya setengah jam sebelum jam tidur.

8. Hindari kopi dan rokok sebelum tidur

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur Anda menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.

9. Hindari bekerja, menonton TV, dan menggunakan gawai di kamar tidur

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa rileks. Anda juga dianjurkan melupakan sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan peralatan elektronik, seperti televisi dan gawai, dari tempat tidur agar tidak tergoda berselancar di dunia maya.

10. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat mudah tidur, tapi sering kali juga dapat menghasilkan efek segar yang membuat tubuh makin terjaga. Bagi Anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Melakukan yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik, bisa menjadi pilihan.

11. Gunakan selimut dan bantal hangat di musim dingin

Saat musim dingin, suhu ruangan bahkan suhu tubuh juga ikut mendingin sehingga tubuh bekerja lebih keras untuk menghangatkan bagian dalam tubuh manusia. Gunakan selimut dan bantal hangat yang beraliran listrik agar tubuh lebih relaks di musim dingin dan tidur menjadi lebih mudah.