Kursi roda merupakan alat kesehatan yang sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki keterbatasan dalam bergerak ataupun kesulitan dalam mobilitas. Seiring dengan perkembangan teknologi, kursi roda ini memiliki banyak perubahan seperti fiturnya yang lebih canggih, beratnya yang ringan, ukurannya yang dapat dilipat menjadi kecil, dan lainnya dengan berbagai jenis yang berbeda sesuai kebutuhan penggunanya. Selain dilihat dari aspek kenyamanan, saat memilih kursi roda juga biasanya dipilih sesuai dengan kemudahan dalam mobilitas dan transportasi, terutama bagi orang yang suka traveling ataupun bepergian jauh menggunakan transportasi umum seperti pesawat.

Bagi seseorang yang memiliki keterbatasan gerak atau kesulitan dalam mobilitas, tentunnya kursi roda merupakan hal yang sangat dibutuhkan karena dapat memberikan kemudahan dalam bergerak dan bisa tetap aktif dimanapun. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kursi roda adalah kemampuan ketika dibawa kemana saja terutama menggunakan transportasi umum seperti kereta api, pesawat, dan lainnya.

Apakah Kursi Roda Bisa dibawa Menggunakan Pesawat?

Pesawat merupakan salah satu transportasi umum yang mudah digunakan dalam bepergian terutama untuk jarak jauh. Seseorang yang memiliki keterbatasan dalam bergerak, pastinya akan selalu membawa kursi roda kemanapun, termasuk saat liburan jauh yang mengharuskannya menggunakan pesawat. Namun, tidak semua pesawat bisa membawa kursi roda, tergantung jenis dari kursi roda tersebut. Selain itu, maskapai penerbangan juga memiliki peraturan masing-masing terkait penggunaan kursi roda.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai peraturan setiap maskapai terkait penggunaan kursi roda. Berikut merupakan beberapa maskapai penerbangan dan aturan terkait kursi roda.

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai yang menyediakan layanan kursi roda sesuai permintaan penumpang di gedung terminal atau bandara. Layanan kursi roda ini diberikan secara gratis sesuai dengan ketersediaannya. Namun, Kamu juga dapat menggunakan kursi roda pribadi hingga boarding gate.

Penumpang maskapai ini diperbolehkan membawa kursi roda milik pribadi secara gratis (maksimal 1 unit) dan disimpan di bagasi. Kursi roda tidak boleh dibawa ke kabin pesawat karena ruang yang terbatas, baik kursi roda manual maupun elektrik. Jenis kursi roda yang perlu diperhatikan pada maskapai ini adalah kursi roda elektrik., karena ada beberapa ketentuan diantaranya:

Apakah Kursi Roda Bisa dibawa Menggunakan Pesawat?
  • Kursi roda elektrik dengan tenaga baterai lithium digunakan hanya sampai area checkin, selanjutnya dapat menggunakan kursi roda yang sudah disediakan oleh maskapai.
  • Kursi roda dengan baterai removable: baterai harus dilepas dan diletakkan di dalam kabin.
  • Kursi roda dengan baterai non-removable : circuit harus dilepas dari terminalnya untuk mencegah accidental activation.
  • Kapasitas baterai maksimal 300Wh atau jika dilengkapi dengan 2 baterai maka kapasitas maksimal per baterai 160Wh, begitupun dengan baterai cadangannya.
  • Apabila Penumpang ingin membawa kursi roda dengan tenaga baterai lithium, maka perlu menginformasikan ke pihak maskapai 48 jam sebelum Jadwal keberangkatan dan menginformasikan ke petugas Check-in di bandara

2. Batik Air

Maskapai penerbangan Batik Air Indonesia menyediakan layanan tambahan untuk pemesanan kursi roda, berupa fasilitas kursi roda di area keberangkatan dan kedatangan dengan tambahan biaya berdasarkan ketentuannya.

  • Kursi roda untuk rute domestik Indonesia tidak dikenakan biaya
  • Kursi roda Rute Internasional dikenakan biaya sesuai rute
  • Kursi roda untuk rute internasional tidak dikenakan biaya khusus penumpang stroke yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
Apakah Kursi Roda Bisa dibawa Menggunakan Pesawat?

Belum ada peraturan tertulis terkait apakah boleh membawa kursi roda milik pribadi baik kursi roda sandar maupun elektrik.

3. Air Asia

Air Asia menyediakan layanan kursi roda dengan syarat harus booking terlebih dahulu paling lambat 4 jam sebelum waktu keberangkatan jadwal penerbangan dan dikenakan biaya. Namun, penumpang yang memiliki nomor kartu disabilitas akan dibebaskan dari biaya kursi roda dengan menunjukan kartu ketika check in.

Kursi roda yang disediakan terbatas dalam setiap penerbangan yaitu untuk penerbangan air asia X maksimal 8 layanan kursi roda per-penerbangan serta untuk penerbangan Air Asia maksimal 4 layanan kursi roda untuk penumpang dengan mobilitas terbatas.

4. Lion Air

Lion air mengizinkan penumpang dengan kebutuhan khusus untuk membawa kursi roda hingga ruang tunggu lalu dimasukan kedalam bagasi yang sudah diberi label bagasi sebelumnya, namun kursi roda yang dimaksud adalah kursi roda manual bukan kursi roda dengan baterai atau elektrik.

Selain kursi roda pribadi, maskapai lion air juga menyediakan layanan pemesanan kursi roda dengan cara lapor ke petugas saat check in untuk layanan tambahan kursi roda dan dapat digunakan oleh penumpang hingga depan pintu pesawat. Selanjutnya petugas akan membawa penumpang menuju masuk ke dalam pesawat dengan biaya tambahan.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

5. Emirates

Maskapai penerbangan satu ini menyediakan layanan kursi roda di bandara jika penumpang membutuhkannya dengan cara melakukan pemesanan 48 jam sebelum jadwal penerbangan. Selain yang disediakan, penumpang juga dapat membawa kursi roda travel kedalam kabin. Namun, sebelumnya harus diperiksa terlebih dahulu apakah kursi roda atau alat bantu mobilitas memiliki ukuran yang cukup dengan ruang yang tersedia.

Jika ukuran kursi roda tidak cukup dengan ruang yang tersedia maka kursi roda akan disimpan di bagasi. Jika kursi roda dilengkapi dengan baterai, maka penumpang harus memberitahu spesifikasinya kepada maskapai minimal 3 jam sebelum keberangkatan jadwal agar memastikan kursi roda sesuai dengan peraturan. Selain kursi roda, maskapai ini juga memperbolehkan penumpang membawa tongkat atau kruk kedalam pesawat.

Apakah Kursi Roda Bisa dibawa Menggunakan Pesawat?

6. Qatar AirWays

Qatar AirWays telah menyediakan kursi roda di semua lokasi bandara bagi orang yang membutuhkan dengan cara memesannya paling lambat 48 jam sebelum keberangkatan. Maskapai ini juga memperbolehkan penumpangnya membawa kursi roda atau alat bantu jalan di dalam pesawat dengan syarat menginformasikannya kepada petugas.

Hal yang perlu diperhatikan pada maskapai ini adalah kursi roda elektrik yang memiliki baterai. Kursi roda elektrik bisa disimpan di bagasi dengan syarat baterai tidak rusak atau bocor. Kursi roda dengan baterai yang dapat tumpah atau bocor hanya diterima pada penerbangan ke AS. Oleh karena itu, penumpang harus memberitahu detail spesifikasi kursi roda kepada petugas sebelum keberangkatan.

Setiap penumpang boleh membawa dua buah peralatan mobilitas tanpa tambahan biaya. Tidak ada batasan berat bagi kursi roda yang dibawa penumpang, namun untuk keamanan tidak boleh lebih besar dari 75 Kg setiap bagian. Alat bantu jalan baik kursi roda, kruk, tongkat, walker dan lainnya dapat dibawa ke kabin jika masih tersedia kapasitasnya.

Itulah pembahasan mengenai peraturan maskapai penerbangan terkait penggunaan kursi roda maupun alat bantu mobilitas lainnya. Jika kamu memiliki keterbatasan mobilitas, maka sebelum memilih maskapai penerbangan, alangkah baiknya pastikan dengan kebutuhan.

Rata-rata maskapai penerbangan menyarankan membawa kursi roda yang memiliki berat ringan dan kecil, oleh karena itu cocok untuk membawa kursi roda travel. Kursi roda travel ini dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galeri Medika dengan berbagai merek dan desain yang beragam. Selain Kursi Roda, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.garuda-indonesia.com/id/id/garuda-indonesia-experience/on-ground/wheelchair-garuda-indonesia
https://help.batikair.com/id/support/solutions/articles/70000636048-layanan-kursi-roda-wheel-chair-dan-penumpang-anak-dibawah-umur-tanpa-pendamping-um-
https://support.airasia.com/s/article/Prebook-special-needs-assistance-en?language=in
https://lionairgroupsupport.freshdesk.com/id/support/solutions/articles/70000626100-cara-pemesanan-kursi-roda-di-penerbangan-lion-group
https://www.emirates.com/id/english/before-you-fly/health/accessible-travel/
https://www.qatarairways.com/en/help/faq.html#specialservices