Kafein merupakan salah satu senyawa kimia. Secara alami, kafein terdapat pada banyak tanaman seperti biji kopi, kakao, dan daun teh. Kafein ini biasanya ditemukan dalam produk-produk seperti kopi, teh hijau, minuman berenergi, minuman bersoda, coklat, obat-obatan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat dan memberikan tambahan energi sehingga biasanya diandalkan oleh banyak orang mengkonsumsi kafein pada malam hari. Selain memberikan tambahan energi, kafein juga dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak kalori. Selain itu, kafein juga memiliki manfaat sebagai penekan nafsu makan dan sering digunakan dalam suplemen penurun berat badan.

Apakah Kafein dapat Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Kalori?

Apakah Kafein dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa minum kopi dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Dijelaskan bahwa penelitian dalam jangka pendek menunjukan bahwa kafein membantu penurunan berat badan. Selain itu, ada penelitian lain dalam jangka menengah, menjelaskan bahwa konsumsi kafein menunjukan efek mengejutkan dalam menurunkan lemak tubuh secara bertahap.

Namun, mengkonsumsi kopi saja tidak dapat menurunkan berat badan atau perubahan secara ajaib. Memiliki kecenderungan genetik untuk metabolisme kafein yang lambat juga memiliki hasil bahwa jumlah kafein menjadi tinggi didalam darah. Namun, kopi juga dapat berkaitan dengan indeks massa tubuh menjadi rendah, massa lemak menjadi lebih sedikit, dan mengurangi resiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Selain efektif dalam menurunkan berat badan, kafein juga dapat memberikan peningkatan kinerja. Salah satu contohnya adalah banyak minuman yang mengandung kafein sebelum berolahraga maka dapat meningkatkan kinerja saat olahraga.

Sebuah penelitian pada tahun 2019 menjelaskan bahwa mengkonsumsi kafein memiliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan otot, kekuatan otot, kekuatan anaerobik, dan daya tahan aerobik. Mengkonsumsi kafein 3-6 mg/kg berat badan dapat meningkatkan kinerja saat olahraga. Namun, berbagai faktor seperti kapan mengkonsumsi kafein, berapa banyak yang dikonsumsi, genetik, dan jenis latihan yang dilakukan bisa mempengaruhi kondisi tubuh.

Apakah Kafein dapat Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Kalori?

Rekomendasi Konsumsi Kafein

Menurut penelitian yang dilakukan mayo clinic menjelaskan bahwa batas konsumsi kafein bagi orang dewasa yaitu tidak lebih dari 400 mg per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi. Untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui batas konsumsi kafein tidak lebih dari 200 mg atau setara dengan 2 cangkir kopi.

Batasan ini merupakan batas rata-rata dan belum tentu berlaku bagi semua orang, yang artinya berbeda kebutuhan dari setiap orang. Karena, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan ada beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lainnya.

Manfaat Kafein

Kafein memang memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan, namun tentunya mengkonsumsi kafein juga harus sesuai dengan anjuran agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Diantaranya adalah:

1. Fungsi Otak menjadi Lebih Tajam

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kebanyakan orang memanfaatkan kopi untuk menjadi lebih fokus sehingga dapat beraktivitas dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hal tersebut terjadi karena kafein memiliki efek stimulan yang dapat memiliki dampak positif untuk fungsi otak.

Penelitian telah menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan membantu menjadi lebih berkonsentrasi. Namun terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan gangguan tidur dan mengurangi manfaat positif bagi otak dari efek kafein.

Apakah Kafein dapat Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Kalori?

2. Berpengaruh Terhadap Metabolisme

Kafein mempengaruhi proses pembentukan dan pemecahan lemak di dalam tubuh. Penelitian menunjukan bahwa kafein dapat mempengaruhi faktor-faktor tertentu yang dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak. Namun perlunya dilakukan penelitian yang lebih banyak terkait hal ini.

3. Peningkatan Performa saat Olahraga

Pada umumnya, kafein dikenal untuk meningkatkan performa saat olahraga. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah kecil sekitar satu jam sebelum olahraga dapat meningkatkan performa saat olahraga. Hal ini karena kafein bisa meningkatkan penggunaan lemak sebagai bahan bakar, meningkatkan kontraksi otot, dan lainnya.

4. Mencegah Diabetes dan Penyakit Jantung

Konsumsi kopi dan teh telah dikaitkan dengan penurunan sindrom metabolik. SIndrom metabolik adalah kondisi kesehatan yang meningkatkan resiko masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan polifenol antioksidan yang terdapat pada kafein sendiri.

Apakah Kafein dapat Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Kalori?

Selain manfaat yang sudah disebutkan, mengkonsumsi kafein juga dapat meningkatkan mood. Peningkatan mood, tidur yang cukup, dan olahraga yang teratur, maka mengkonsumsi kafein bermanfaat untuk kesehatan mental. Dibalik manfaat yang berlimpah, kafein juga dapat memiliki efek samping bagi tubuh. Efek samping yang umumnya sering dirasakan yaitu:

  • Gemetar dan Tidak bisa diam
  • Insomnia atau Gangguan tidur
  • Sakit kepala
  • Sakit perut atau mulas
  • Pusing
  • Peningkatan detak jantung
  • Dehidrasi
  • Kecemasan
  • Ketergantungan, yang berarti memerlukan mengkonsumsi lebih banyak untuk mendapatkan efek samping yang sama

Pada dasarnya, kafein memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan, namun perlu juga diperhatikan terhadap seberapa banyak kafein yang dikonsumsi agar hasilnya menjadi lebih maksimal dan tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang cukup menarik yaitu dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, kafein juga dapat menurunkan berat badan karena berpengaruh pada proses metabolisme.

Oleh karena itu, sangat cocok digunakan untuk seseorang yang sedang menurunkan berat badan. Namun, pastikan konsumsi kafein tanpa adanya gula tambahan agar penggunaan kafein lebih efektif. Jika sedang melakukan manajemen penurunan berat badan, maka pantau selalu berat badan dengan rutin sehingga mengetahui seberapa besar penurunan berat badan. Pantau berat badan menggunakan timbangan digital. Timbangan digital ini dapat ditemukan di Galeri Medika. Selain timbangan digital, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/what-is-caffeine-and-is-it-good-for-you-5216616
https://www.verywellhealth.com/caffeine-metabolism-7551953
https://indonesiabaik.id/infografis/takaran-minum-kopi-yang-baik-dan-aman#:~:text=Mereka%20harus%20membatasi%20asupan%20kafein,(setara%202%20cangkir%20kopi).