Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang ada di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting di dalam tubuh yaitu untuk memproduksi hormon, sel, dan vitamin. Namun, jika kolesterol terlalu banyak di dalam tubuh maka dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan sehingga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular baik penyakit jantung ataupun pembuluh darah.

Kolesterol didalam tubuh berasal dari dua sumber utama yaitu diproduksi secara alami oleh hati dan didapat dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh sehari-hari. Terlalu banyak kolesterol didalam darah akan menempel dengan zat lain sehingga membentuk plak di dinding arteri sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu sangat diperlukan menjaga kadar kolesterol tetap normal agar mengurangi resiko kesehatan yang berbahaya.

Total kolesterol didalam darah terbagi menjadi dua yaitu kolesterol jahat atau Low density lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High density lipoprotein (HDL). Kolesterol HDL disebut baik karena dapat membantu mengeluarkan kolesterol dari dalam arteri. Sedangkan kolesterol LDL disebut kolesterol jahat karena dapat menyebabkan flek di arteri.

Apakah Jamur dapat Menurunkan Kadar Kolesterol di dalam Tubuh?

Rentang Kolesterol Total

Hasil tes kolesterol total dinyatakan dalam miligram per desiliter (mg/dL) dan diklasifikasikan dalam 3 hal yaitu normal, Batas tinggi, dan tinggi. Kolesterol total diklasifikasikan yaitu:

  • Normal: Kurang dari 200 mg/dL
  • Batas Tinggi: 200 - 239 mg/dL
  • Tinggi: 240 mg/dL

Tingkat kolesterol total ini yang dapat mencerminkan resiko penyakit jantung, semakin tinggi tingkat kolesterol total maka semakin tinggi pula resiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu sangat diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol agar selalu normal dan terhindar dari resiko masalah kesehatan yang berbahaya. Salah satu cara untuk mengurangi kadar kolesterol yaitu dengan menjaga pola hidup menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamur.

Apakah Jamur dapat Menurunkan Kadar Kolesterol di dalam Tubuh?

Apakah Jamur dapat Menurunkan Kadar Kolesterol?

Jamur merupakan sebuah jenis fungi yang memiliki bentuk khas dan dapat tumbuh diatas maupun dibawah permukaan tanah. Jamur merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki beragam jenis dan cukup mudah ditemukan dimana saja. Meskipun kebanyakan jamur digunakan dalam masakan, namun ada beberapa jamur yang digunakan dalam pengobatan tradisional china untuk mengobati kondisi medis tertentu.

Karena manfaat jamur yang cukup potensial maka jamur sering disebut sebagai makanan fungsional. Terdapat beberapa penelitian juga yang menjelaskan bahwa beberapa jenis jamur dapat mengobati penyakit kardiovaskular termasuk kolesterol, trigliserida, dan hasilnya pun cukup menjanjikan.

Terdapat banyak jenis jamur yang biasanya dikonsumsi, namun yang diteliti kebanyakan jenis jamur yang biasanya ditemukan di pasaran ataupun di restoran seperti jamur shiitake, jamur kancing, dan jamur tiram. Dalam penelitian yang dijelaskan pada artikel Verywell menyebutkan bahwa lima orang yang mengonsumsi jamur tiram sebanyak 10-15 gram setiap harinya selama sebulan menghasilkan penurunan rata-rata tingkat kolesterol sebanyak 30%.

Apakah Jamur dapat Menurunkan Kadar Kolesterol di dalam Tubuh?

Kandungan Jamur yang dapat Menurunkan Kolesterol

Bahan-bahan yang terkandung di dalam jamur ini bervariasi tergantung jenis jamur tersebut. Terdapat beberapa bahan di dalam jamur yang diyakini dapat memberikan kontribusi baik pada penurunan kadar kolesterol, yaitu diantaranya:

  1. Beta-Glukan: Bentuk serat yang larut dan dapat ditemukan dalam berbagai jenis jamur. Manfaat dari beta glukan yaitu dapat mengganggu penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah sehingga mengurangi masalah kesehatan.
  2. Eritadenin: Kandungan ini diyakini dapat menurunkan tingkat lemak dengan memodifikasi pembuatan lipid tertentu di dalam hati.
  3. Mevinolin: Bahan ini ditemukan di dalam beberapa jenis jamur dan berfungsi untuk menghambat HMG CoA reductase atau enzim yang digunakan untuk membuat kolesterol dalam tubuh.

Jamur memiliki sifat yang bermanfaat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Meskipun penelitian tentang hal tersebut terbatas, namun jamur memiliki kandungan tinggi serat, protein, serta rendah karbohidrat sehingga membuatnya menjadi makanan yang baik untuk dimasukan kedalam makanan sehat untuk jantung.

Di sisi potensi manfaat bagi kesehatan, beberapa jamur mungkin mengandung toksin atau racun yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya tidak mengkonsumsi jamur yang ditemukan di alam liar kecuali benar-benar yakin bahwa jamur tersebut dapat dimakan. Berbagai jenis jamur yang aman dan dapat dikonsumsi bisa ditemukan di restoran maupun pasaran.

Apakah Jamur dapat Menurunkan Kadar Kolesterol di dalam Tubuh?

Selain mengkonsumsi makanan jamur, banyak juga makanan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan yang mengandung lemak sehat, biji-bijian, tahu, alpukat, bayam, dan lainnya. Selain menurunkan kolesterol, menjaga kadar kolesterol tetap normal juga dapat dilakukan dengan cara rutin mengecek kandungan kolesterol dalam darah.

Cek kandungan kolesterol menggunakan alat tes darah yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, salah satunya di Galeri Medika yang dapat dibeli secara online maupun langsung. Selain alat cek kolesterol, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/can-mushrooms-lower-your-lipid-levels-697580
https://www.verywellhealth.com/what-is-a-total-cholesterol-level-698073
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/599/makanan-sehat-untuk-penderita-kolesterol