Tidak hanya sekedar dessert, es krim memiliki daya tarik yang kuat bagi banyak orang. Rasa manis dan tekstur creamy dari es krim menjadikan alasan makanan ini digemari oleh semua kalangan umur mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain itu sensasi dingin dari es krim dapat menyegarkan tubuh terutama dikonsumsi ketika suhu atau cuaca panas. Penambahan berbagai varian rasa pada es krim membuat makanan ini lebih menggiurkan dan lezat saat menikmatinya.

Kelezatan rasa dan tekstur dari es krim memberikan dampak positif bagi tubuh yang dapat membuat perasaan lebih bahagia. Dengan segala daya tariknya, ice cream telah menjadi bagian dessert atau makanan yang sangat digemari di berbagai belahan dunia. Mulai dari es krim yang sederhana hingga mewah, es krim tetap menjadi pilihan favorit yang tak terkalahkan.

Selain kelezatan, kandungan dari es krim juga tak kalah menarik untuk dibahas. Bahan utama pembuatan es krim adalah susu yang dicampur dengan berbagai varian rasa dan perisa manis. Semua bahan tersebut dikocok dengan tujuan untuk memasukan udara kedalam bahan sehingga menjadikan es krim memiliki tekstur lembut dan creamy. Kandungan nutrisi pada es krim berbeda-beda tergantung bahan tambahan, merk, dan varian rasa. Berikut merupakan rata-rata kandungan es krim yang mudah ditemukan dimana saja, dengan varian rasa original (vanilla) dan ukuran porsi 100 gram menurut fatsecret Indonesia

  • Kalori: 100 - 185 kkal
  • Lemak: 3 - 7 gram
  • Gula: 9 - 25
  • Protein: 1 - 5 gram
Apakah Ice Cream Berbahaya atau Bermanfaat bagi Kesehatan?

Kandungan nutrisi pada es krim bervariasi berdasarkan merk yang dibeli. Oleh karena itu, perlu diperhatikan terkait tabel nutrisi sebelum memilih es krim yang ingin dikonsumsi. Kandungan gula yang tinggi pada es krim akan menjadi resiko berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan. Disisi lain, karena bahan utama dari pembuatan es krim adalah susu, maka dapat memberikan manfaat bagi tubuh salah satunya adalah sumber protein.

Manfaat Ice Cream

1. Tambahan Energi

Selain rasa yang lezat dan menyegarkan, es krim juga merupakan makanan yang dapat menjadi sumber energi dalam tubuh karena memiliki kandungan kalori. Es krim juga merupakan sumber energi yang mudah dicerna, karena berdasarkan beberapa jurnal makanan dingin merupakan sumber energi yang mudah dicerna. Sehingga, apabila sedang lelah karena beraktivitas seharian dan membutuhkan energi dalam waktu singkat, maka konsumsi es krim dapat menjadi pilihan yang tepat.

2. Meningkatkan Mood

Bahan utama dari es krim merupakan susu. Susu memiliki kandungan L-triptofan tinggi yang dapat memberikan perasaan rileks pada sistem saraf sehingga mengurangi perasaan sedih, mencegah insomnia, depresi, stress, dan mengurangi cemas. Selain itu, kandungan L-triptofan dapat membuat memberikan rangsangan terhadap thrombotonin sehingga dapat memberikan perasaan bahagia dan gembira.

3. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Es krim mengandung vitamin, kalsium, dan protein yang dapat membantu kebutuhan nutrisi. Susu yang ada pada es krim kaya akan vitamin A, B5, B12, C, D, dan E. Selain itu, es krim juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk membantu mencegah pembekuan darah.

Es krim juga mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan fosfor pada es krim dapat mencegah sindrom PMS dan meningkatkan suasana hati terutama bagi wanita. Sedangkan kalsium, berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Apakah Ice Cream Berbahaya atau Bermanfaat bagi Kesehatan?

Mensikupun es krim memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, tentunya konsumsi es krim juga perlu diperhatikan. Es krim mengandung gula dan lemak yang tinggi sehingga apabila dikonsumsi terus menerus dan berlebihan dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan. Simak dibawah ini bahaya konsumsi Es Krim

Bahaya Konsumsi Es Krim

Es krim memiliki citarasa lezat yang sangat digemari oleh berbagai kalangan usia. Namun, dibalik kenikmatan tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi penyebab resiko penyakit berbahaya bagi kesehatan. Beberapa resiko gangguan kesehatan apabila mengkonsumsi Es Krim Secara berlebihan, antara lain:

1. Pemicu Obesitas

Kandungan kalori pada es krim dapat menyebabkan berat badan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Kandungan kalori yang tinggi pada es krim dapat menjadi pemicu meningkatnya berat badan dan beresiko mengalami obesitas, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Obesitas dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung, terhambatnya peredaran darah, dan masalah kesehatan lainnya.

2. Merusak Gigi

Beberapa es krim mengandung pemanis buatan yang dapat membahayakan kesehatan gigi. Selain itu, es krim yang tersisa dan menempel di permukaan gigi dapat mempercepat proses pertumbuhan bakteri dalam mulut. Bakteri tersebut akan mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi. Untuk meminimalisir hal tersebut yaitu berkumur atau minum air putih setelah makan es krim dan tidak mengkonsumsi es krim secara berlebihan.

3. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan lemak yang cukup tinggi pada es krim dapat meningkatkan kolesterol didalam tubuh. Peningkatan kolesterol inilah yang menjadi penyebab gangguan fungsi organ jantung sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung. Kolesterol yang tinggi akan menyumbat aliran darah dan membuat aliran darah tidak lancar sehingga mengganggu fungsi organ.

4. Gula darah meningkat

Selain kandungan lemak yang tinggi, es krim juga mengandung gula yang cukup tinggi. Gula yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Kadar gula yang tinggi menjadi penyebab resiko diabetes dan masalah penyakit lainnya.

Apakah Ice Cream Berbahaya atau Bermanfaat bagi Kesehatan?

Es krim dapat memberikan dampak positif atau negatif tergantung dari bagaimana cara konsumsinya. Apabila mengkonsumsi es krim dengan bijak maka akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Berikut merupakan beberapa cara mengkonsumsi es krim yang sehat.

Tips konsumsi Es Krim Menjadi Sehat

Saat ingin membeli es krim, perhatikan bahan baku dan label nutrisi dari es krim tersebut. Pilihlah produk es krim yang memiliki bahan baku segar, bukan sintetis. Perhatikan juga kandungan gula yang ditambahkan pada es krim tersebut dan pilihlah es krim yang mengandung kalori kurang dari 200 kkal.

Selain itu, konsumsi es krim sewajarnya dan tidak berlebihan. Meskipun kandungan vitamin serta mineral pada es krim tinggi, disisi lain kandungan gula pada es krim juga tinggi sehingga dapat menimbulkan resiko terhadap kesehatan. Konsumsi es krim 1 mangkuk sehari atau dua kali dalam seminggu sudah cukup untuk membantu menjaga kadar gula darah. Namun, hal tersebut harus disesuaikan dengan total asupan makanan lainnya.

Sebagai alternatif, buatlah es krim sendiri dirumah. Supaya lebih sehat dan memiliki manfaat yang maksimal, es krim dapat dibuat dari buah segar yang dicampurkan dengan susu tanpa tambahan gula. Banyak resep yang beredar di internet cara membuat es krim dan dapat diikuti untuk mendapatkan es krim yang lebih sehat. Selain itu, minum air putih setelah makan es krim untuk menghindari kerusakan pada gigi.

Nah, itulah pembahasan mengenai es krim. Es krim memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tetapi disisi lain es krim juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi baik atau buruk tersebut dapat ditentukan oleh kebijakan Kita dalam mengkonsumsi es krim. Konsumsi es krim secara tidak berlebihan, apabila ingin konsumsi es krim secara terus menerus alangkah baiknya untuk membuat es krim sendiri dirumah dengan bahan yang sehat dan segar.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Sumber:
Klik Untuk Lihat Sumber>

https://jurnal.ikbis.ac.id/infokes/article/view/418/269
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi
https://www.halodoc.com/artikel/berapa-jumlah-kalori-es-krim-yang-aman-dikonsumsi
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210428084214-255-635715/5-efek-samping-terlalu-banyak-makan-es-krim
https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/tidak-sebabkan-batuk-amp-pilek-makan-es-krim-justru-memberikan-manfaat-untuk-kesehatan