USG atau Ultrasonografi adalah sebuah alat yang digunakan memeriksa detail bagian dalam tubuh tanpa menimbulkan rasa sakit, tidak menimbulkan radiasi, dan tanpa membuat suatu sayatan di bagian tubuh dengan gelombang suara. USG terdiri dari berbagai jenis, diantara adalah USG Doppler, USG Transrektal, USG Transvagina, USG Abdomen, ekokardiogram, dan USG Ginjal.

Fetal doppler merupakan alat ultrasonografi genggam yang menggunakan gelombang suara untuk mendengarkan detak jantung janin. Fetal doppler ini telah dijual secara bebas dan dapat digunakan di rumah secara mandiri. Fetal doppler ini merupakan alat ultrasonografi portable yang digunakan untuk mendengar detak jantung janin.

Apakah Fetal Doppler sama dengan USG?

Apakah Fetal Doppler sama dengan Ultrasonografi?

Fetal doppler dan ultrasonografi merupakan kedua alat yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu memantau kesehatan dan perkembangan janin. Fetal doppler merupakan alat portable yang menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi laju detak jantung bayi di dalam kandungan. Alat ini biasanya digunakan di rumah oleh orang tua untuk mendengarkan detak jantung bayi didalam kandungan, biasanya pemakaian alat ini setelah minggu ke-12 kehamilan.

Sedangkan ultrasonografi atau USG adalah sebuah teknis medis yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk membuat gambar bayi di dalam kandungan. Biasanya dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan atau rumah sakit untuk memberikan pandangan yang lebih jelas tentang pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan bayi secara keseluruhan.

Fetal doppler ataupun ultrasonografi dapat memberikan informasi terkait kondisi janin kepada orang tua yang sedang menunggu kelahiran dan dapat memantau kesehatan bayi di dalam kandungan. Sedangkan fetal doppler dapat membantu orang tua merasa terhubung dengan bayi yang sedang tumbuh, dan ultrasonografi dapat mendeteksi masalah potensial secara dini sehingga dapat memastikan perawatan medis yang tepat jika perlu diberikan.

Apakah Fetal Doppler sama dengan USG?

Apa itu Fetal Doppler Monitor?

Fetal doppler monitor adalah alat medis yang umum digunakan selama kehamilan untuk memantau detak jantung janin yang sedang berkembang. Pemantauan ini sangat penting untuk memastikan bahwa bayi sehat dan bekembang dengan baik.

Fetal doppler monitor bekerja dengan memancarkan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang memantul dari jantung janin dan kembali ke monitor. Monitor kemudian menghitung dan menampilkan detak jantung janin. Jenis pemantauan menggunakan alat ini tidak invasif dan tidak memerlukan obat atau anestesi.

Fetal Doppler Monitor adalah metode aman dan efektif untuk memantau kesehatan janin yang sedang berkembang. Alat ini dapat digunakan secara rutin atau dalam kondisi darurat sehingga dapat cepat menilai detak jantung bayi. Selain pemantauan detak jantung janin, fetal doppler monitor juga dapat digunakan untuk mendengarkan gerakan dan tendangan bayi. Ini dapat memberi kesempatan kepada orangtua untuk berhubungan dengan bayi mereka dan memantau tingkat aktivitasnya.

Fungsi Fetal Doppler Monitor

Secara umum, fetal doppler monitor merupakan alat medis yang digunakan untuk memantau detak jantung janin selama kehamilan. Alat ini menggunakan teknologi ultrasonografi untuk menghasilkan suara berfrekuensi tinggi guna mendeteksi detak jantung janin. Selain itu, alat ini juga memiliki fungsi penting lainnya, yang berkontribusi pada kehamilan sehat, diantaranya:

Apakah Fetal Doppler sama dengan USG?

1. Menilai Kesejahteraan Janin

Monitor fetal doppler adalah alat penting bagi penyedia layanan kesehatan untuk menilai kesehatan dan kesejahteraan janin selama kehamilan. Perubahan detak jantung janin dapat menunjukkan adanya ketidaknyamanan janin, hipertensi, atau faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan janin.

2. Deteksi Dini Komplikasi

Monitor fetal doppler dapat mendeteksi komplikasi janin seperti preeklampsia, diabetes gestasional, atau kekurangan plasenta secara dini. Deteksi dini dapat membantu mengambil langkah intervensi yang tepat untuk mencegah komplikasi semakin parah.

3. Memberikan Rasa Tenang bagi Ibu Hamil

Pemantauan fetal doppler dapat memberikan rasa tenang bagi ibu hamil selama kehamilan. Mendengarkan detak jantung janin dan mendeteksi gerakan janin dapat mengurangi kecemasan dan membantu ibu hamil merasa lebih terhubung dengan bayi yang sedang berkembang.

4. Alternatif Aman untuk Prosedur Invasif

Monitor fetal doppler adalah alat non invasif yang lebih aman daripada prosedur invasif seperti amniosentesis. Ini merupakan alternatif yang lebih hemat biaya yang dapat mengurangi risiko keguguran atau komplikasi akibat prosedur invasif.

Cara Menggunakan Fetal Doppler Monitor

Menggunakan alat ini untuk mendengarkan detak jantung bayi merupakan cara yang mudah dan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi calon orang tua. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar lebih baik, yaitu:

Apakah Fetal Doppler sama dengan USG?
  • Pilihlah ruangan yang tenang dan nyaman: Ruangan yang tenang dan nyaman dapat membuat fokus dan rileks saat menggunakan monitor fetal doppler.
  • Oleskan gel pada probe doppler: Sejumlah kecil gel harus dioleskan pada probe monitor doppler sebelum digunakan. Ini membantu memfasilitasi transmisi suara dan meningkatkan hasil.
  • Letakan probe doppler: Probe doppler harus ditempatkan di perut, sedikit disebelah kiri atau kanan pusar. Gerakan probe hingga mendengar suara detak jantung.
  • Dengarkan detak jantung: Setelah menempatkan probe doppler, nyalakan monitor dan sesuaikan volume. Dengarkan suara khas detak jantung bayi.
  • Rekam Detak Jantung: Jika monitor doppler memiliki fitur perekam, maka pertimbangkan untuk merekam detak jantung bayi supaya bisa menjadi kenang-kenangan.
  • Batasi Penggunaan: Meskipun mendengarkan detak jantung bayi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, sangat penting untuk tidak menggunakan monitor doppler terlalu sering. Batas penggunaannya tidak lebih dari satu hari sekali karena paparan terlalu banyak pada ultrasonografi dapat berbahaya.

Fetal doppler monitor dan ultrasonografi (USG) merupakan kedua hal yang berbeda. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memantau perkembangan bayi didalam kandungan. USG biasanya dilakukan di penyedia layanan kesehatan. Sedangkan, Fetal doppler monitor dapat digunakan di rumah secara mandiri. Fetal doppler monitor sudah dijual secara bebas dan dapat ditemukan di Toko Galeri Medika baik secara online maupun langsung. Selain Fetal doppler monitor, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.cnhealthshining.com/news/is-a-fetal-doppler-the-same-as-an-ultrasound-70143235.html
https://www.halodoc.com/artikel/ini-bedanya-usg-doppler-dengan-usg-biasa