Saat ini, diet cukup populer dikalangan masyarakat dengan berbagai jenis dan metode yang beragam. Salah satu diet yang cukup populer yaitu diet mediterania. Diet mediterania merupakan diet yang terinspirasi dari pola makan tradisional dari negara-negara yang berbatasan dengan laut tengah. Diet ini dikenal karena pola makan yang menarik yaitu mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak sehat seperti zaitun.

Biasanya ketika mendengar diet ini akan dikaitkan dengan keinginan seseorang untuk menurunkan berat badan, sehingga mencapai berat badan yang ideal. Namun, selain untuk menurunkan berat badan, diet juga dilakukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu diet yang dikenal dapat menjaga kesehatan yaitu diet Mediterania.

Diet mediterania merupakan pola makan yang didasari dengan pola makan negara yang berbatasan langsung dengan laut tengah seperti italia, spanyol, lebanon, siprus, dan maroko. Para penelitian menjelaskan bahwa orang-orang di Negara tersebut cenderung lebih sehat dan memiliki resiko rendah terkena penyakit kronis dibandingkan dengan negara lainnya.

Apakah Diet Mediterania dapat Menurunkan Kadar Kolesterol?

Manfaat Diet Mediterania

Diet mediterania merupakan salah satu jeni diet yang memiliki cukup banyak manfaat terutama dalam meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko kanker, menurunkan berat badan, dan lainnya. Berikut merupakan manfaat dari diet mediterania.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa diet mediterania secara efektif dapat mengurangi resiko penyakit jantung ataupun kardiovaskular. Penelitian tersebut menjelaskan telah menemukan bukti bahwa diet mediterania dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi resiko stroke serta penyakit lainnya.

2. Menjaga Tekanan Darah

Diet mediterania merupakan diet yang cenderung sehat yaitu mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat. Diet ini menghindari makanan tinggi garam dan lemak jenuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Menurunkan Kolesterol

Diet mediterania merupakan cara yang sehat untuk menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat serta dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa diet mediterania dapat mengurangi kadar LDL secara efektif terutama pada seseorang yang beresiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Apakah Diet Mediterania dapat Menurunkan Kadar Kolesterol?

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

Pola makan yang sehat merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengelola diabetes tipe 2. Diet mediterania merupakan salah satu cara dalam memberikan pola makan yang sehat. Dalam sebuah penelitian dilaporkan bahwa seseorang yang melakukan diet mediterania selama beberapa waktu dapat mengurangi resiko diabetes sebesar 18-40%.

5. Memperlambat Penurunan Kognitif

Orang yang mengikuti diet mediterania dengan konsisten dapat mengurangi resiko gangguan kognitif ringan dan penyakit alzheimer. Sebuah penelitian juga menemukan adanya hubungan positif antara diet mediterania terhadap ingatan secara umum, memori kerja, dan memori episodik.

6. Penurunan Berat Badan

Bukan diet jika tidak dapat menurunkan berat badan. Diet mediterania merupakan salah satu pilihan yang sehat dalam menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa mengikuti diet mediterania maka dapat mengurangi resiko obesitas dan membantu menjaga berat badan. Diet mediterania dapat berhasil menurunkan berat badan karena perubahan pola makan dalam jangka waktu panjang.

7. Perlindungan Terhadap Kanker

Efek antioksidan dan antiinflamasi dari diet mediterania dapat melindungi tubuh dari kematian akibat kanker. Kanker ini termasuk kanker kolorektal, kepala, pernapasan, lambung, hati, dan lainnya.

Apakah Diet Mediterania dapat Menurunkan Kadar Kolesterol?

Diet mediterania memang merupakan salah satu jenis diet yang sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan. Tidak sepenuhnya sehat, diet mediterania juga memiliki beberapa resiko yang perlu diperhatikan dalam menjalankan diet agar tubuh tetap sehat dan diet berjalan dengan baik.

Resiko Diet Mediterania

Ketika melakukan diet ini, pastikan tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun banyak membatasi berbagai macam makanan, tetapi tubuh tetap harus memiliki asupan nutrisi yang cukup. Karena membatasi konsumsi daging merah dan susu, maka carilah alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan zat besI.

Ketika mengkonsumsi ikan juga harus diperhatikan. Hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan kembung, ikan pedang, dan ikan lainnya. PIlihlah ikan salmon, haddock, ikan tuna, dan udang agar lebih sehat.

Meskipun anggur fermentasi diperbolehkan dalam diet ini, namun sebaiknya untuk mengurangi dan menghindari alkohol terutama bagi seseorang yang sedang hamil, memiliki alergi, atau yang sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Tips Diet Mediterania

Diet mediterania memang cukup mudah dilakukan karena tidak terlalu banyak larangan dan aturan seperti diet-diet lainnya. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar diet mediterania ini sukses dan memberikan dampak yang positif serta maksimal bagi tubuh.

Apakah Diet Mediterania dapat Menurunkan Kadar Kolesterol?
  • Utamakan konsumsi kacang-kacangan: Kacang-kacangan yang dipilih dapat berupa lenting, kacang tanah, kacang polong, kacang arab, dan lainnya.
  • Kurangi konsumsi alkohol: Meskipun alkohol diperbolehkan dalam diet ini, tetapi beri batasan dan lebih baik untuk dihindari.
  • Kurangi konsumsi makanan manis: JIka ingin sesuatu yang manis lebih baik mempertimbangkan untuk mengkonsumsi buah segar dibandingkan dengan makanan manis lainnya.
  • Masak menggunakan minyak zaitun: Minyak zaitun direkomendasikan sebagai tambahan lemak yang sehat. Selain minyak zaitun, beberapa makanan yang mengandung lemak alami yaitu kacang kenari, kacang almond, ikan salmon, ikan sarden, dan alpukat.
  • Minum air yang banyak: Cobalah untuk minum banyak air dan mengganti soda dan jus dengan air.
  • Tambah Roti gandum utuh: Pilih roti gandum utuh tanpa tambahan gula atau mentega.

Nah, itulah pembahasan mengenai diet mediterania. Selain dapat menurunkan berat badan, diet ini juga mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Beberapa manfaat dari diet mediterania adalah menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, dan menjaga tekanan darah tetap normal. Selain dengan diet, pantau juga kesehatan secara rutin menggunakan alat kesehatan yang dapat ditemukan di Galeri Medika. Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/mediterranean-diet-food-list-7498009
https://www.halodoc.com/kesehatan/diet-mediterania