Penerapan kebijakan “di rumah aja” guna memutus mata rantai penyebaran virus corona masih diperpanjang. Kondisi ini berimbas pada segala aspek, terutama makanan. Sebagian orang akhirnya memilih untuk mengonsumsi makanan siap saji, seperti mie instan atau junk food. Makanan-makanan ini tentunya tidak baik untuk sistem pencernaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi corona ini akan berdampak pada gangguan di pencernaan. Oleh karena itu, Anda tetap harus menjaga kesehatan saluran cerna meski dalam kondisi seperti ini.

Sebenarnya menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, Anda harus konsisten dalam melakukannya. Hal ini perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat dengan cukup dan olahraga secara teratur.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh



Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang disarankan. Beberapa pola hidup sehat yang dapat Anda jalani yaitu :

Konsumsi Makanan Sehat

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, termasuk makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telur, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda dapat memperolehnya dari nasi merah, oat, dan roti gandum. Konsumsilah aneka jenis sayuran, seperti brokoli, wortel, kembang kol, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong dan aneka jenis kacang-kacangan. Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan seperti apel, alpukat, pisang, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Olahraga Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah tetap bergerak aktif dan rutin berolahraga. Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga mampu mencegah dan mengelola ,asalah kesehatan yang di derita, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker. Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat olahraga tersebut, disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan waktu selama 20 – 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, jantung, stroke dan kanker, rentan untuk di derita penderita obesitas atau kelebihan berat badan.untuk mengontrol berat badan, Anda dapat melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT).

Berhenti Merokok

Bagi perokok, disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin. Rokok dapat membahayakan kesehatan Anda.

Lindungi Kulit Anda

Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya, agar kulit terlindungi dengan baik. Selain itu, gunakan pakaian berlengan panjang atau topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan, agar kulit tetap terlindungi, sebab paparan matahari dalam jangka panjang tak hanya menyebabkan kulit terbakar tetapi juga dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan kanker kulit.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan. Mengonsumsi probiotik secara rutin tentunya akan membuat sistem pencernaan terjaga kesehatannya. Anda bisa mendapatkan probiotik di dalam sejumlah produk makanan seperti yogurt, kimchi, keju serta susu fermentasi. Dimasa karantina ini Anda perlu menyediakan produk-produk tersebut di dalam lemari es untuk di konsumsi kapan saja. Ini akan mebuat diri Anda terhindar dari berbagai gangguan saluran pencernaan.

Kendalikan Stres

Mengkarantina diri akan cenderung membuat Anda menjadi stres. Kondisi ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. Saat stres, tubuh akan menghasilkan kortisol dalam jumlah yang besar. Hormon tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.


Anda dapat mempraktikkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh seperti diatas. Agar kesehatan tubuh tetap terpantau dengan baik, lakukan medical checkup secara berkala sesuai dengan anjuran dokter. Pemeriksaan ini memungkinkan Anda mengetahui sedini mungkin gangguan kesehatan atau penyakit terdeteksi, maka akan semakin cepat pula penanganan yang dapat dilakukan.