Siapa pun dapat mengalami dehidrasi, tetapi kondisinya sangat berbahaya bagi anak kecil dan lansia. Penyebab dehidrasi yang paling umum pada anak-anak adalah diare dan muntah yang parah. Orang lansia secara alami memiliki volume air yang lebih rendah di dalam tubuh mereka, dan mungkin memiliki kondisi atau meminum obat yang meningkatkan risiko dehidrasi bahkan penyakit seperti infeksi yang mempengaruhi paru-paru atau kandung kemih, dapat mengakibatkan dehidrasi pada orang dewasa yang lebih tua.

Dehidrasi juga dapat terjadi pada kelompok umur apa pun jika Anda tidak minum cukup air selama cuaca panas terutama jika Anda berolahraga dengan penuh semangat namun tidak dibantu dengan minum air.
Anda bisa mengatasi dehidrasi ringan hingga sedang dengan minum lebih banyak cairan, tetapi dehidrasi berat, Anda membutuhkan penanganan medis segera.



Haus tidak selalu merupakan indikator awal bahwa tubuh akan membutuhkan air. Banyak orang, terutama orang dewasa yang lebih tua, tidak merasa haus sampai mereka sudah dehidrasi. Itu sebabnya penting untuk meningkatkan asupan air selama cuaca panas atau ketika Anda sakit.

Tanda dan gejala dehidrasi juga mungkin berbeda berdasarkan usia. Berikut ini gejala dehidrasi berdasarkan usia.

Bayi dan Anak Kecil

• Mulut dan lidah kering
• Tidak menangis saat menangis
• Popok tidak basah selama tiga jam
• Titik lunak cekung di atas tengkorak
• Kelesuan atau lekas marah

Dewasa

• Rasa haus yang ekstrem
• Buang air kecil lebih jarang
• Urin berwarna gelap
• Kelelahan
• Pusing
• Kebingungan

Hubungi dokter Anda jika Anda atau orang yang Anda cintai:

• Diare selama 24 jam atau lebih
• Mudah tersinggung atau bingung dan lebih mengantuk atau kurang aktif dari biasanya
• Tidak bisa menahan cairan
• Memiliki tinja berdarah atau hitam


Penyebab




Kadang-kadang dehidrasi terjadi karena alasan sederhana: Anda tidak minum cukup karena Anda sakit atau sibuk, atau karena Anda tidak memiliki akses air minum yang aman ketika Anda bepergian, memanjat tebing atau berkemah.

Penyebab dehidrasi lainnya termasuk:

Diare, dan muntah. Diare akut yang parah - yaitu, diare yang muncul tiba-tiba dan hebat - dapat menyebabkan hilangnya air dan elektrolit dalam waktu singkat. Jika Anda mengalami muntah dan diare, Anda kehilangan lebih banyak cairan dan mineral.
Demam. Secara umum, semakin tinggi demam Anda, Anda mungkin mengalami dehidrasi. Masalahnya memburuk jika Anda demam selain diare dan muntah.
Berkeringat berlebihan. Anda kehilangan air saat berkeringat. Jika Anda melakukan aktivitas yang giat dan tidak mengganti cairan saat berjalan, Anda bisa mengalami dehidrasi. Cuaca panas dan lembab meningkatkan jumlah keringat dan jumlah cairan yang hilang.
Peningkatan buang air kecil. Ini mungkin karena diabetes yang tidak terdiagnosis atau tidak terkontrol. Obat-obatan tertentu, seperti diuretik dan beberapa obat tekanan darah, juga dapat menyebabkan dehidrasi, umumnya karena mereka menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak.


Faktor risiko


Siapa saja dapat mengalami dehidrasi, tetapi orang-orang tertentu berisiko lebih besar:

Bayi dan anak-anak. Kelompok yang paling mungkin mengalami diare dan muntah parah, bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap dehidrasi. Mereka kehilangan proporsi cairan yang lebih tinggi karena demam tinggi atau luka bakar. Anak kecil sering kali tidak dapat memberi tahu Anda bahwa mereka haus, dan mereka juga tidak dapat minum untuk diri mereka sendiri. Maka dari itu perlu sekali yang namanya menjaga kebersihan sebagai upaya pencegahan diare.
Orang lansia. Seiring bertambahnya usia, cadangan cairan tubuh Anda menjadi lebih kecil, kemampuan Anda untuk menghemat air berkurang dan rasa haus Anda menjadi kurang akut. Masalah-masalah ini diperparah oleh penyakit kronis seperti diabetes dan demensia, serta penggunaan obat-obatan tertentu. Lansia juga mungkin memiliki masalah mobilitas yang membatasi kemampuan mereka untuk mengambil air untuk diri mereka sendiri.
Orang dengan penyakit kronis. Memiliki diabetes yang tidak terkontrol atau tidak diobati membuat Anda berisiko tinggi mengalami dehidrasi. Penyakit ginjal juga meningkatkan risiko Anda, seperti halnya obat-obatan yang meningkatkan buang air kecil. Bahkan menderita sakit tenggorokan atau tenggorokan membuat Anda lebih mudah mengalami dehidrasi karena Anda tidak akan merasa ingin makan atau minum ketika sedang sakit.
Orang yang bekerja atau berolahraga di luar. Saat panas dan lembab, risiko Anda mengalami dehidrasi dan penyakit panas meningkat. Itu karena ketika udara lembab, keringat tidak bisa menguap dan mendinginkan Anda lebih cepat dari biasanya, dan ini dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh dan kebutuhan cairan yang lebih banyak.


Komplikasi


Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi serius, yaitu:

Cedera panas. Jika Anda tidak minum cukup cairan saat berolahraga dan berkeringat banyak, Anda mungkin berakhir dengan cedera panas, mulai dari kram yang parah hingga kelelahan panas atau berpotensi sengatan panas yang mengancam jiwa.
Masalah urine dan ginjal. Serangan dehidrasi yang berkepanjangan atau berulang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan bahkan gagal ginjal.
Kejang. Elektrolit seperti kalium dan natrium membantu membawa sinyal listrik dari sel ke sel. Jika elektrolit Anda tidak seimbang, pesan listrik normal dapat tercampur, yang dapat menyebabkan kontraksi otot tak sadar dan terkadang kehilangan kesadaran.
Syok volume darah rendah. Ini adalah salah satu komplikasi dehidrasi yang paling serius, dan terkadang mengancam jiwa. Ini terjadi ketika volume darah rendah menyebabkan penurunan tekanan darah dan penurunan jumlah oksigen dalam tubuh Anda.


Pencegahan


Untuk mencegah dehidrasi, minumlah banyak cairan dan makan makanan tinggi air seperti buah-buahan dan sayuran.

Manusia perlu minum lebih banyak cairan jika mengalami kondisi seperti:

Muntah atau diare. Jika anak Anda muntah atau diare, mulailah memberi air tambahan atau larutan rehidrasi oral pada tanda-tanda awal penyakit. Jangan tunggu sampai terjadi dehidrasi.
Olahraga berat. Secara umum, yang terbaik adalah mulai menghidrasi sehari sebelum olahraga berat. Menghasilkan banyak urine yang jernih dan encer adalah indikasi yang baik bahwa Anda terhidrasi dengan baik. Selama kegiatan, isi kembali cairan secara berkala dan terus minum air atau cairan lain setelah Anda selesai berolahraga.
Cuaca panas atau dingin. Anda perlu minum air tambahan di cuaca panas atau lembap untuk membantu menurunkan suhu tubuh Anda dan mengganti apa yang hilang dengan berkeringat. Anda mungkin juga membutuhkan air ekstra di cuaca dingin untuk memerangi kehilangan kelembaban dari udara kering, terutama di ketinggian yang lebih tinggi