Anak-anak dapat mengalami gejala ringan covid-19 serupa pada orang dewasa. Namun, anak-anak dengan covid-19 yang dikonfirmasi umumnya menunjukkan gejala ringan, seperti pilek, batuk demam. Muntah dan diare juga telah dilaporkan. Belum diketahui apakah beberapa anak mungkin berisiko lebih tinggi untuk penyakit parah ini, misalnya anak-anak dengan kondisi medis yang mendasari dan kebutuhan perwatan kesehatan khusus. Masih banyak yangharus dipelajari tentang bagimana penyakit tersebut berdampak pada anak-anak.
Pandemi penyakit coronavirus (COVID-19) telah mengubah kehidupan keluraga diseluruh dunia. Penutupan sekolah, bekerjadari rumah, menjaga jarak fisik berlaku bagi siapapun.
Covid-19 sangat mudah penyebarannya, maka dari itu kita di wajibkan untuk selalu menjaga kesehatan dan imun kita agar tidak terpapar virus ini.

Langkah-langkah untuk melindungi anak-anak dari covid-19 :



1. Mencuci Tangan menggunakan sabun dan air besih atau memakai pembersih tangan(antiseptik) berbahan dasar alkohol
2. Hindari orang yang sakit (batuk dan bersin)
3. Bersihkan dan desinfeksi permukaan yang paling banyak di sentuh diarea umum rumah tangga(meja, kursi bersandaran keras, gagang pintu, sakelar lampu, remote, toilet, wastafel)
4. Mencuci barang termasuk mainan hewan yang bisa dicuci sesuai dengan intruksi pabriknya. Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan air hangat dan tepat dan keringkan sepenuhnya

Jaga anak-anak tetap sehat awasi anak-anak Anda jika ada tanda-tanda penyakit jika Anda melihat tanda-tanda penyakit yang konsisten dengan gejala covid-19 terutama demam, batuk atau sesak napas, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda dan jauhkan anak Anda dari anggota keluarga yang lain di rumah. Ikuti panduan CDC tentang “Apa yang harus dilakukan jika Anda sakit.”
Perhatikan tanda-tanda stres pada anak-anak Anda beberapa perubahan umum yang harus diperhatikan termasuk kekhawatiran atau kesedihan yang berlebih, kebiasaan makan atau tidur yang tidak sehat, dan kesulitan berkonsentrasi.
Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak-anak Anda tentang wabah covid-19, jawab pertanyaan dan bagikan fakta tentang covid-19 dengan cara yang bisa dipahami anak-anak
Cari informasi di CDC membantu anak-anak mengatasi keadaan darurat atau berbicara dengan anak-anak tentang covid-19untuk informasi lebih lanjut.

Bantu Anak-anak untuk Terus Belajar



Tetap terhubung dengan sekolah

• banyak sekolah menawarkan pelajaran online (pembelajaran virtual). Tinjau tugas sekolah anak dari rumah, bantu anak-anak Anda menyelesaikan tugas yang diberikan. Anda mungkin perlu membantu anak-anak Anda menghidupkan perangkat, membaca intruksi, dan mengetik jawaban.
• Komunikasikan tugas yang diberikan untuk anak-anak dengan pihak sekolah. Jika Anda menghadapi masalah teknologi dan konektivitas atau jika anak Anda kesulitan menyelesaikan tugas.

Buat jadwal dan rutin untuk belajar dirumah tetapi tetap fleksibel

• Memiliki waktu tidur yang konsisten dan bangun pada waktu yang sama, senin hingga jumat
• Struktur hari untuk belajar, waktu luang, makanan dan camilan sehat, dan aktivitas fisik

Cari cara untuk membuat belajar menjadi menyenangkan

• Memiliki kegiatan bermain tetapi mengasah otak seperti bermain puzzle, melukis, menggambar dan lainnya
• Bermain mandiri juga dapat digunakan sebagai pengganti pembelajaran terstruktur. Dorong anak-anak untuk berlatih berhitung dengan menumpuk balok
• Berlatih tulisan tangan dan tata bahasa dengan menulis surat untuk anggota keluarga. Ini adalah cara yang bagus untuk menghubungkan dan membatasi ontak tatap muka
• Mulai membuat jurnal kegiatan bersama anak-anak untuk mendokumentasikan dan diskusikan pengalaman yang akan dibagikan

Bantu Anak-anak untuk Tetap Aktif

• Dorong anak Anda untuk bermain di luar ruangan karena itu bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Berjalan-jalan dengan anak Anda atau naik sepeda
• Gunakan istirahat aktifitas di dalam ruangan untuk membantu anak Anda tetap sehat dan fokus
• Bantu anak Anda untuk melakukan hubungan sosial dan tetap menjaga jarak aman



Kesimpulan

Pademi covid-19 memang belum berakhir dan Indonesia sekarang sedang melawan virus tersebut. Melakukan kegiatan dirumah dalam jangka yang sangat lama akan membuat kita sebagai makhluk sosial merasa tidak nyaman akan hal ini. Menjaga kesehatan adalah langkah wajib yang harus dilakukan sebagai upaya meningkatkan daya imunitas.
Dan tugas orang tua mempunyai anak-anak yang belum mengerti akan berita besar ini harus memberi penjelasan sedemikian rupa agar dapat mudah dimengerti oleh anak-anak.
Dibalik pademi covid-19 ada hal positif yang bisa kita ambil hikmahnya yaitu meningkatkan kualitas waktu bersama keluarga di rumah.