Pemerintah sudah meminta masyarakat untuk tetap berada di rumah. Beribadah di rumah, bekerja di rumah, belajar di rumah dan main di rumah saja. Karena apabila jika masih melanggar, virus ini bisa menempel ke orang sekitar dan dapat berkembang lebih banyak serta menyebar. apabila Anda yang terpapar virus sedang batuk dan bersin virus ini bisa menyebar lebih cepat ke orang terdekat anda. Namun siapa saja yang lebih rentan terkena penyakit ini?



1. Lanjut usia

Kelompok umur yang paling rentan terkena virus covid-19 dan paling tinggi risiko meninggalnya. Orang yang sudah berusia lebih dari 60 tahun sangat berbahaya terkena virus ini karena mereka mengalami berbagai penurunan fungsi akibat proses penuaan. Mulai dari menurunnya produksi hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, hingga kekuatan dan fungsi organ-organ tubuh.

Kemudian, sistem imun sebagai pelindung tubuh pada lansia pun tidak dapat bekerja dengan maksimal seperti layaknya saat dia masih muda. Akibatnya, sulit bagi orang lansia untuk melawan berbagai macam bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk terinfeksi virus corona COVID-19.

Maka dari itu untuk para perantau yang ingin melepas rindu dengan mudik beretmu orang tua sebaiknya jangan dilakukan. Khawatir Anda yang mudik membawa virus itu dan menularkan orang tua Anda yang sudah lansia. Anda tak ingin orang tua Anda sakit atau bahkan meninggal karena virus ini bukan?

2. Orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu

Gejala berat dan komplikasi serius akibat Covid-19 juga dialami oleh orang dengan riwayat penyakit tertentu, seperti orang-orang yang menderita penyakit tidak menular kronis. Risiko penyakit kronis dapat meningkat secara bertahap mulai dari usia 40 tahun. Beberapa jenis penyakit tidak menular kronis yang mungkin diderita adalah diabetes, infeksi pernapasan akut, asma, penyakit jantung, hipertensi, kanker, serta kondisi medis lainnya yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Penyakit tidak menular sebagian besar bersifat kronis, artinya terjadi secara perlahan dan dapat menetap dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya berlangsung lama, penyakit kronis juga menyebabkan kondisi kesehatan penderitanya menurun secara bertahap sehingga rentan terinfeksi penyakit, termasuk virus corona.

Orang yang rentan terinfeksi Covid-19 dan memiliki penyakit penyerta kronis berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala berat, misalnya pada lansia. Hal ini karena penyakit kronis menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderitanya melemah dan lebih sulit melawan infeksi. Akibatnya, tubuh penderita penyakit kronis akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk virus corona Covid-19.

Selain itu, perokok, penderita HIV atau AIDS, orang yang melakukan transplantasi organ atau sumsum tulang, serta orang yang mengonsumsi obat kortikosteroid dosis tinggi atau obat penekan kekebalan lainnya juga rentan terinfeksi virus corona.

3. Tenaga Medis

Mereka sebagai garda depan melawan corona bukan tidak mungkin mengalami risiko terkena virus ini. Mereka harus berdekatan langsung dengan pasien penderita virus covid-19.
Dengan risiko yang cukup tinggi, perawat, dokter, dan tenaga medis lainnya harus mengikuti prosedur yang ada. Dengan menggunakan APD, masker bedah, kacamata, memakai hand sanitizer, dan lain-lain.

4. Anak-anak

Walaupun sistem imun anak-anak jauh lebih baik dibandingkan dengan lansia. Namun risiko anak-anak bahkan bayi terkena virus covid-19 juga jangan dianggap sepele.
Terlebih lagi anak-anak sering melakukan hal-hal yang dianggap jauh dari kata menjaga kebersihan. Misalnya malas mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, sering menyentuh barang-barang yang banyak orang sentuh juga, bahkan yang lebih buruknya setelah itu mereka suka menyentuh bagian wajah seperti mata, mulut, dan hidung yang mana virus bisa masuk ke dalam tubuh melalui indra tersebut.

Mereka juga terkadang masih keras kepala untuk bermain di luar. Padahal sudah jelas tidak boleh main di luar. Maka dari itu, peran orang tua dalam memberitahu bahayanya dan melarang anaknya untuk tidak main di luar terlebih dahulu itu hal yang utama. Ajak mereka bermain, ajari mereka mencuci tangan yang benar dan sesering mungkin, ajari mereka tugas yang diberikan sekolah juga bisa menjadi cara untuk mendekatkan Anda terhadap anak Anda dan meningkatkan prestasi anak Anda dan yang terpenting beri mereka asupan gizi yang cukup.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari penularan virus yang sedang mewabah ini, antara lain:

• Mencuci tangan secara teratur dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%
• Menggunakan masker saat sedang sakit
• Menghindari kontak dengan orang yang sakit
• Menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai, seperti pusat perbelanjaan, terminal, atau stasiun
• Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan
• Mengonsumsi obat secara rutin untuk penyakit yang diderita
• Mengunjungi dokter untuk kontrol sesuai jadwal
• Olahraga secara teratur bisa dengan lari di tempat atau ikuti tren yoga.