Virus Corona adalah sekelompok virus yang menular, seperti flu. Virus ini menyebabkan gejala ringan seperti flu biasa tetapi dalam beberapa kasus bisa berakibat fatal. COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh coronavirus tipe baru yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Gejala awal termasuk demam, batuk dan kesulitan bernafas - mirip dengan penyakit mirip flu lainnya.

Dengan tidak adanya vaksin, mencegah penyebarannya dari orang ke orang sangat penting untuk mengurangi dampak pandemi pada kehidupan orang, kesehatan, mata pencaharian dan sistem perawatan kesehatan yang kita semua andalkan.

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit menular, dan merupakan garis pertahanan pertama melawan COVID-19. Seperti flu, virus Corona menyebar melalui percikan atau Droplet dari seseorang yang batuk atau bersin, dan berpotensi melalui permukaan yang terkontaminasi. Kebersihan yang baik adalah kunci untuk menghindari penyebaran COVID-19

Bersamaan dengan perilaku penting lainnya seperti jarak fisik, sering-sering mencuci tangan secara menyeluruh dan pada saat-saat penting adalah penting untuk mengendalikan pandemi.

Berikut ini adalah cara mencuci tangan yang benar untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona

 

Cara Mencuci Tangan Yang Benar

 

 

1. Basahi tangan dengan air 2. Ambil sabun secukupnya 3. Gosok kedua telapak tangan dengan punggung tangan 4. Basahi tangan, gosok sela-sela jari kedua tangan 5. Gosok kedua telapak tangan dengan jari rapat-rapat 6. Jari-jari dirapatkan sambil digosok ke telapak tangan 7. Gosok ibu jari kiri secara berputar dalam genggaman tangan kan, dan sebaliknya 8. Gosokkan kuku jari kanan memutar ke telapak tangan kiri dan sebaliknya 9. Basuh tangan dengan air mengalir 10. Keringkan dengan handuk/tisu/pengering udara 11. Matikan keran air dengan handuk atau tisu 12. Tangan sudah bersih

 

 

Info grafik di bawah ini adalah langkah yang harus Anda ambil untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 di antara orang-orang.

 

 

Cara Mencuci Tangan Versi WHO