Cerebral Palsy (CP) adalah sekelompok gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak dan menjaga keseimbangan dan postur, yang biasa terjadi pada saat anak masih dalam kandungan. Cerebral Palsy disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal atau kerusakan pada otak yang sedang berkembang yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengontrol otot-ototnya.

Gejala Cerebral Palsy dapat bervariasi dari orang ke orang. Seseorang dengan gangguan Cerebral Palsy parah mungkin perlu menggunakan peralatan khusus untuk dapat berjalan, atau mungkin tidak dapat berjalan sama sekali dan mungkin memerlukan perawatan seumur hidup. Seseorang dengan CP ringan, di sisi lain, mungkin berjalan sedikit canggung, tetapi mungkin tidak memerlukan bantuan khusus. CP tidak memburuk dari waktu ke waktu, meskipun gejala yang tepat dapat berubah sepanjang hidup seseorang.

Penyebab cerebral palsy belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan perkembangan tersebut, namun kondisi ini diduga dipicu oleh sejumlah faktor seperti Perubahan pada gen, yang memiliki peran dalam perkembangan otak, terganggunya suplai darah ke otak janin (stroke janin), bayi kembar dua atau lebih. Risiko terjadinya cerebral palsy akan meningkat pada salah satu bayi yang selamat, apabila bayi yang lain meninggal saat lahir. Faktor lainnya seperti kelahiran prematur, yaitu lahir pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu, cedera parah di kepala, misalnya akibat terjatuh atau kecelakaan dan faktor lainnya yang dapat memperngaruhi terjadinya kelumpuhan pada otak.

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Untuk memobilisasi penderita cerebral palsy kursi roda khusus CP dapat memberikan mobilitas yang jauh lebih baik bagi penderita cerebral palsy. Kursi roda ini menawarkan banyak pilihan untuk menyesuaikan peralatan dengan tinggi, berat, postur, dan kebutuhan dukungan anak. Hal ini dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan sekaligus memberikan kenyamanan maksimal.

Kursi roda khusus cerebral palsy membantu memudahkan pasien berpindah tempat, dengan bantuan asisten/pendorng kursi roda ini dapat bergerak ke suatu tempat seperti berjalan ke taman, rumah sakit, menuju lift dll.

Baca artikel lainnya

GEA FS985LBJ Kursi Roda Cerebral Palsy

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

GEA FS985 LBJ merupakan kursi roda cerebral palsy untuk seseorang berkebutuhan khusus, kursi roda ini dibuat dengan desain warna warni yang menarik, kursi roda ini juga dapat diatur kemiringannya sesuai dengan kebutuhan anak dalam rangka terapi struktur tulang di desain unik sesuai dengan kebutuhan. Sabuk badan yang mudah digunakan supaya pengguna tidak jatuh, bantalan kepala yang empuk dan membatasi gerak kepala pengguna, dudukan yang bisa dinaikan waktu ditinggal dan tidak ada penjangga tetap aman. dengan sandaran dan dudukan yang sangat empuk sehingga akan nyaman dan aman.

Kursi roda GEA FS985LBJ memiliki berbagai fitur seperti sandaran tangan yang dapat dilepas, dudukan yang nyaman karena dilapisi dengan busa serta dilengkapi dengan sabuk pengaman. Adapun untuk kerangka yang terbuat dari aluminium berkualitas dengan finishing powder coating menjadikan kursi roda ini terlihat elegan untuk dipandang. Kursi roda ini memiliki Roda MAG pneumatik dengan diameter 15 inchi pada bagian belakang dan roda depan 6 inchi.

Untuk lebar tempat duduk GEA FS985LBJ memiliki lebar 37 cm untuk ukuran anak-anak dan 43 cm untuk ukuran dewasa kursi roda ini mampu menopang berat 75 hingga 100 kg.

Untuk mengetahui fungsi bagian-bagian terpenting dari kursi roda berikut ini kami berikan informasikan bagian terpenting dari kursi roda GEA FS985LBJ.

Fungsi-Fungsi Penting dari Kursi Roda Cerebral Palsy

1. Kerangka

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Kerangka merupakan bagian terpenting dari sebuah kursi roda, kerangka bertujuan untuk menopang berat dari pasien. Kerangka ini juga terbuat dari bahan alumnium berkualitas serta sudah dilapisi dengan powder coating.

2. Sabuk Pengaman

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Sabuk pengaman bertujuan agar pasien tetap aman dan tidak terjatuh pada saat menggunakan kursi roda, sabuk pengaman tersedia pada posisi bagian dada dan paha.

3. Body Protect

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Body protec merupakan bagian penting yang sama fungsinya seperti sabuk pengaman yang bertujuan untuk mengamankan bagian tubuh dari samping kiri dan kanan. Adapun terdapat pada bagian paha yang bertujuan sebagai penahan tubuh agar pasien tidak merosot ke bawah.

4. Bantalan Kepala

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Bantalan kepala berfungsi untuk menempatkan kepala pasien agar lebih nyaman saat menggunakan kursi roda. Dilengkapi dengan busa dan bantalan yang dapat ditekuk pada bagian sisi kanan dan kiri serta tinggi sandaran yang dapat di sesuaikan.

5. Hand Rim

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Hand rim atau Rem pengunci adalah bagian terpenting yang terdapat pada samping roda, alat ini bertujuan untuk mengunci roda agar roda tidak bergeser. Rem pengunci ini juga dilengkapi di kedua sisi roda kanan dan kiri.

6. Reclining

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Reclining berfungsi sebagai pengerak dudukan yang dapat dinaikan ke atas, ini berfungsi juga saat pasien ditinggal pada kursi roda dan tidak ada penjangga maka akan tetap aman. dengan sandaran dan dudukan yang sangat empuk sehingga akan nyaman dan aman.

7. Roda Anti-tipping

Cara Menggunakan Kursi Roda Cerebral Palsy

Akeseoris ini membantu mencegah kursi roda jatuh kebelakang, biasanya digunakan pada saat melewati trotoar dilengkapi dengan castor/roda kecil untuk mempermudah bergerak pada saat di dorong.

Cara Pasang Kursi Roda Cerebral Palsy

Berikut ini adalah tutorial video bagaimana cara pasang kursi roda cerebral palsy, silahkan putar video untuk lebih jelasnya.



Perawatan Kursi Roda Cerebral Palsy

Untuk perawatan kursi roda cerebral palsy terbilang mudah, ketika ban kotor bersihkan dengan sikat atau kain dan kerangka atau kain dudukan kotor bersihkan dengan kain basah. Jika terjadi baut kendor / terlepas maka kencangkan kembali dengan kunci pas yang tersedia pada paket saat anda memesan kursi roda.

Sumber :
https://www.cdc.gov/ncbddd/cp/facts.html
https://www.alodokter.com/lumpuh-otak
https://www.cerebralpalsyguidance.com/cerebral-palsy/living/wheelchairs-and-scooters/