Tanda dan gejala muncul selama masa bayi atau prasekolah. Secara umum, cerebral palsy menyebabkan gangguan gerak yang terkait dengan refleks abnormal, rigiditas pada tungkai dan badan, postur abnormal, gerakan tak terkendali, berjalan tidak stabil, atau kombinasi dari semuanya.
Orang dengan cerebral palsy dapat mengalami masalah menelan dan umumnya memiliki ketidakseimbangan otot mata, di mana mata tidak fokus pada objek yang sama. Mereka juga mungkin telah mengurangi rentang gerak di berbagai sendi tubuh mereka karena kekakuan otot.
Efek cerebral palsy pada fungsi sangat bervariasi. Beberapa orang ada yang tidak mampu berjalan dan yang lain membutuhkan bantuan. Beberapa orang menunjukkan kecerdasan normal atau mendekati normal, tetapi yang lain memiliki cacat intelektual. Epilepsi, kebutaan atau tuli juga bisa terjadi pada penderita cerebral palsy.


Gejala Cerebral Palsy


Cerebral Palsy


Tanda dan gejala dapat sangat bervariasi. Masalah gerakan dan koordinasi yang terkait dengan cerebral palsy termasuk:

• Variasi dalam tonus otot, seperti terlalu kaku
• Otot-otot yang kaku dan refleks yang berlebihan (kelenturan)
• Otot-otot kaku dengan refleks normal (kekakuan)
• Kurangnya keseimbangan dan koordinasi otot (ataksia)
• Tremor atau gerakan tak sadar
• Gerakan lambat dan menggeliat
• Keterlambatan dalam mencapai tonggak keterampilan motorik, seperti mendorong lengan, duduk atau merangkak
• Menyukai satu sisi tubuh, seperti meraih dengan satu tangan atau menyeret kaki sambil merangkak
• Kesulitan berjalan, seperti berjalan dengan jari kaki, gaya berjalan berjongkok, dan gaya jalan yang aneh lainnya
• Air liur berlebihan atau masalah dengan menelan
• Kesulitan mengisap atau makan
• Keterlambatan perkembangan bicara atau kesulitan berbicara
• Kesulitan belajar
• Kesulitan dengan keterampilan motorik halus, seperti pakaian kancing atau mengambil peralatan
• Kejang

Cerebral palsy dapat mempengaruhi seluruh tubuh, atau mungkin terbatas terutama pada satu anggota badan atau satu sisi tubuh. Gangguan otak yang menyebabkan cerebral palsy tidak berubah seiring waktu, sehingga gejalanya biasanya tidak memburuk dengan bertambahnya usia.

Namun, seiring bertambahnya usia anak, beberapa gejala mungkin menjadi lebih atau kurang terlihat. Dan pemendekan otot dan kekakuan otot dapat memburuk jika tidak ditangani secara tepat.

Kelainan otak yang terkait dengan cerebral palsy mungkin juga berkontribusi terhadap masalah neurologis lainnya, termasuk:

• Kesulitan melihat dan mendengar
• Kecacatan intelektual
• Kejang
• Sentuhan abnormal atau persepsi nyeri
• Kondisi kesehatan mental
• Inkontinensia urin

Sangat penting untuk mendapatkan diagnosis yang cepat untuk gangguan gerakan atau keterlambatan perkembangan anak Anda. Temui dokter anak Anda jika Anda atau anak anda memiliki kekhawatiran tentang kehilangan kesadaran lingkungan atau gerakan tubuh yang tidak normal, tonus otot yang abnormal, gangguan koordinasi, kesulitan menelan, ketidakseimbangan otot mata atau masalah perkembangan lainnya.


Penyebab Cerebral Palsy


Penyebab Cerebral Palsy


Cerebral palsy disebabkan oleh kelainan atau gangguan dalam perkembangan otak, paling sering sebelum anak lahir. Dalam banyak kasus, penyebabnya tidak diketahui. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah dengan perkembangan otak termasuk:

Mutasi gen yang mengarah pada perkembangan abnormal
Infeksi ibu yang memengaruhi perkembangan janin
Stroke janin, gangguan pasokan darah ke otak yang sedang berkembang
Berdarah ke otak di dalam rahim atau seperti bayi baru lahir
Infeksi pada bayi yang menyebabkan peradangan di dalam atau di sekitar otak
Cidera kepala traumatis pada bayi akibat kecelakaan atau jatuh kendaraan bermotor
Kurangnya oksigen ke otak terkait dengan sulitnya persalinan atau melahirkan, meskipun asfiksia terkait kelahiran jauh lebih jarang menjadi penyebab daripada yang diperkirakan secara historis.


Faktor risiko


Sejumlah faktor dikaitkan dengan peningkatan risiko cerebral palsy.

Kesehatan Ibu

Infeksi atau paparan toksik tertentu selama kehamilan dapat meningkatkan secara signifikan risiko cerebral palsy pada bayi. Infeksi tersebut meliputi:

Sitomegalovirus. Virus umum ini menyebabkan gejala seperti flu dan dapat menyebabkan cacat lahir jika seorang ibu memiliki infeksi aktif pertamanya selama kehamilan.
Campak (rubella). Infeksi virus ini dapat dicegah dengan vaksin.
Herpes. Ini dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan, mempengaruhi rahim dan plasenta. Peradangan yang dipicu oleh infeksi dapat merusak sistem saraf bayi yang belum lahir.
Sipilis. Ini adalah infeksi bakteri yang ditularkan secara seksual.
Toksoplasmosis. Infeksi ini disebabkan oleh parasit yang ditemukan dalam makanan, tanah, dan kotoran kucing yang terinfeksi.
Infeksi virus Zika. Bayi yang mengalami infeksi Zika ibu menyebabkan ukuran kepala mereka lebih kecil dari normal (mikrosefali) dapat mengalami cerebral palsy.
Kondisi lain. Kondisi lain yang dapat meningkatkan risiko cerebral palsy termasuk masalah tiroid, cacat intelektual atau kejang, dan paparan racun, seperti metil merkuri.

Penyakit Bayi

Penyakit pada bayi baru lahir yang dapat sangat meningkatkan risiko cerebral palsy meliputi:

Bakteri meningitis. Infeksi bakteri ini menyebabkan peradangan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.
Ensefalitis virus. Infeksi virus ini juga menyebabkan peradangan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.
Ikterus yang parah atau tidak diobati. Penyakit kuning muncul sebagai kulit yang menguning. Kondisi ini terjadi ketika produk sampingan tertentu dari sel darah bekas tidak disaring dari aliran darah.

Komplikasi

Kelemahan otot, kelenturan otot dan masalah koordinasi dapat berkontribusi pada sejumlah komplikasi, baik selama masa kanak-kanak atau di masa dewasa, termasuk:

Kontraktur. Kontraktur adalah pemendekan jaringan otot karena pengetatan otot yang parah (kelenturan). Kontraktur dapat menghambat pertumbuhan tulang, menyebabkan tulang menekuk, dan mengakibatkan kelainan bentuk sendi, dislokasi atau dislokasi parsial.
Penuaan dini. Beberapa jenis penuaan dini akan mempengaruhi kebanyakan orang dengan cerebral palsy di usia 40-an karena ketegangan yang terjadi pada tubuh mereka.
Malnutrisi. Masalah menelan atau makan dapat menyulitkan seseorang yang menderita cerebral palsy, terutama bayi, untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Ini bisa mengganggu pertumbuhan dan melemahkan tulang. Beberapa anak membutuhkan selang makanan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.
Kondisi kesehatan mental. Orang dengan cerebral palsy mungkin memiliki kondisi kesehatan mental, seperti depresi. Isolasi sosial dan tantangan dalam mengatasi disabilitas dapat berkontribusi pada depresi.
Penyakit jantung dan paru-paru. Orang dengan cerebral palsy dapat mengembangkan penyakit jantung dan paru-paru dan gangguan pernapasan.
Osteoartritis. Tekanan pada sendi atau keselarasan sendi yang tidak normal dari kelenturan otot dapat menyebabkan timbulnya penyakit tulang degeneratif yang menyakitkan ini.
Osteopenia. Fraktur akibat kepadatan tulang yang rendah (osteopenia) dapat berasal dari beberapa faktor umum seperti kurangnya mobilitas, kekurangan nutrisi dan penggunaan obat anti epilepsi.

Pencegahan

Sebagian besar kasus cerebral palsy tidak dapat dicegah, tetapi Anda dapat mengurangi risiko. Jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, Anda dapat mengambil langkah-langkah ini untuk tetap sehat dan meminimalkan komplikasi kehamilan:

Pastikan Anda divaksinasi. Mendapatkan vaksinasi terhadap penyakit seperti rubella, sangat dianjurkan dan dapat mencegah infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan otak janin.
Jaga kesehatan. Semakin sehat Anda menuju kehamilan, semakin kecil kemungkinan Anda terkena infeksi yang menyebabkan cerebral palsy.

Mencari perawatan prenatal dini dan berkelanjutan. Kunjungan rutin ke dokter selama kehamilan adalah cara yang baik untuk mengurangi risiko kesehatan bagi Anda dan bayi Anda yang belum lahir. Bertemu dengan dokter secara teratur dapat membantu mencegah kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan infeksi.