Sarapan sangat penting, karena sarapan mampu meningkatkan konsentrasi sehingga kita bisa melakukan aktivitas dengan maksimal. Sarapan juga bisa meningkatkan prestasi seseorang baik di tempat kerja maupun di sekolah.
Selain itu, sarapan sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan karena sarapan mampu menghindari makan yang berlebihan di siang hari sebagai balas dendam akibat tidak sarapan yang tentunya sangat berbahaya apabila makan dengan porsi lewat dari batas wajar. Namun masih banyak sekali orang yang tidak sempat untuk sarapan.

Kemudian Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Layaknya mobil, Anda butuh juga “bahan bakar” untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting dalam memulai hari Anda.

Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi serta protein yang cukup namun dengan kadar lemak yang rendah.



Di Indonesia sendiri banyak jenis-jenis sarapan yang bisa disantap sebelum memulai aktivitas selama seharian. Berikut ini makanan yang cocok untuk sarapan.

1. Telur

Selain rasanya enak, telur merupakan makanan yang sangat bergizi. Studi menunjukkan bahwa telur merupakan makanan terbaik untuk sarapan, karena mampu memberi rasa kenyang lebih lama. Menyantap telur di pagi hari akan mengurangi keinginan menyantap terlalu banyak kalori di siang hari sehingga cocok untuk diet.

Di balik berbagai mitos buruknya, telur mengandung 13 nutrisi penting untuk tubuh, termasuk tinggi kandungan protein. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi akan menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sepanjang hari. Selain itu, konsumsi setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram protein tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu.

Ditambah lagi, kuning telur tinggi akan kandungan vitamin B kolin, yang penting untuk ketajaman memori, juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang mendorong kesehatan mata. Kamu bisa makan telur ceplok bersama dengan sedikit nasi atau bisa untuk campuran roti dengan tambahan sayur seperti selada.

2. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan yang mudah, cepat, dan praktis. Selain cepat dan praktis, makanan berjenis oatmeal juga menyehatkan karena mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk penceraan.

Oatmeal juga memiliki kandungan manfaat lainnya seperti mengurangi obesitas, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, juga mengandung anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Kamu hanya perlu menuangkan sedikit air panas atau memanaskan oatmeal sebentar saja di atas kompor. Setelah itu bisa kamu tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan potongan buah segar atau almond sebagai pelangkap oatmeal.

3. Gado-gado

Gado-gado salah satu racikan sayuran yang populer di Indonesia untuk sarapan. Isian sayuran yang berlimpah disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Selain enak, asupan serat harian pun terpenuhi.

Seporsi gado-gado mengandung kalori sekitar 400 kkal. Sedangkan kandungan seratnya sekitar 8 gram per sajian. Gado-gado juga mengandung protein yang berasal dari tempe, tahu dan kacang tanah untuk bumbunya. Per porsinya mengandung protein sekitar 19 gram. Bila tak ingin terlalu kenyang sebaiknya tidak usah ditambahkan nasi atau lontong. Pasalnya sudah ada kentang yang jadi salah satu isiannya.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng, jika dipilih dengan porsi dan jenis yang tepat, akan memberikan asupan gizi berupa energi cukup dari karbohidrat dan protein, yaitu dari nasi dan lauk hewani, misalnya telur, potongan kecil daging atau kacang-kacangan serta asupan serat, vitamin dan mineral, dari penambahan sayuran, misalnya tomat, paprika, selada atau daun bawang yang mana kedua jenis zat gizi tersebut merupakan jenis zat gizi yang dasar dan harus dipenuhi dalam menu sarapan.

Namun, kandungan lemak yang tinggi pada nasi goreng bisa berisiko untuk tubuh Metabolisme tubuh menjadi lebih berat, Tubuh menjadi lemas di awal hari, dan asupan gizi bisa jadi kurang lengkap dan manfaat jadi kurang optimal bila tidak menambahkan sayuran pada nasi goreng.


Itulah beberapa rekomendasi sarapan yang baik. Bagi yang suka mengacuhkan sarapan, Anda perlu tahu manfaat sarapan dan bahaya apabila meninggalkannya. Agar Anda bisa mendapatkan kebaikan dari sarapan.