Kursi roda merupakan salah satu inovasi yang luar biasa di dunia kesehatan. Kursi roda digunakan sebagai alat bantu gerak bagi seseorang yang mengalami keterbatasan fisik untuk tetap aktif dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari.

Pada dasarnya kursi roda bukan hanya sekedar alat bantu mobilitas, tetapi lebih dari sekedar itu. Kursi roda merupakan manifestasi (perwujudan) tekad untuk melawan keterbatasan, pembebasan diri dari kekangan fisik, dan memberikan kesempatan agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari secara utuh. Dengan desain yang semakin berkembang, kursi roda bukan hanya kendaraan, tetapi juga merupakan alat bantu bagi seseorang dalam menjalani hidup tanpa hambatan.

Seiring berjalanya waktu, perkembangan teknologi pun semakin canggih. Saat ini sudah banyak jenis kursi roda yang beredar di pasaran mulai dari kursi roda sederhana hingga kursi roda canggih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Terdapat tiga jenis kursi roda yang paling sering ditemukan dipasaran yaitu kursi roda manual, kursi roda travel, dan kursi roda elektrik. Informasi lebih lengkap terkait jenis kursi roda dapat dilihat dibawah sini

Jenis-Jenis Kursi Roda

Seseorang yang memiliki keterbatasan fisik biasanya membutuhkan kursi roda agar bisa bergerak secara mandiri. Semakin majunya teknologi maka semakin banyak pula jenis kursi roda yang memiliki teknologi terbarukan serta desain yang menarik. Penting bagi seseorang memilih jenis kursi roda yang sesuai dengan kebutuhannya, berikut merupakan jenis-jenis kursi roda yang perlu diketahui.

1. Kursi Roda Manual

Kursi roda manual merupakan kursi roda yang digerakan menggunakan tangan penggunanya. Dengan memegang kendali pada roda, pengguna dapat mendorong kursi roda tersebut ke depan, ke belakang, hingga berputar. Selain dikendalikan oleh pengguna itu sendiri, kursi roda manual juga dapat didorong oleh orang lain yang berdiri di belakang kursi roda tersebut.

Kursi roda manual sangat direkomendasikan bagi seseorang yang dapat mengoperasikannya secara mandiri. Namun, kekurangan dari kursi roda ini adalah pengguna dapat mudah lelah terutama jika mereka melakukan perjalanan jauh dalam waktu lama.

2. Kursi Roda Travel

Kursi roda travel merupakan kursi roda yang memiliki desain mudah dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga memungkinkan penyimpanan serta transportasi lebih mudah. Desain yang kecil dan ringan, sangat cocok untuk dibawa kemana saja seperti bandara, tempat-tempat wisata, dan lainnya.

3. Kursi Roda Elektrik

Kursi roda elektrik merupakan salah satu inovasi terbaru yang memanfaatkan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Salah satu keunggulan dari kursi roda ini adalah memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunanya, karena dapat dikontrol dengan beberapa cara sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan kursi roda tidak bergantung pada fisik seseorang karena hanya dengan sentuhan tombol, kursi roda ini dapat digerakan.


Setelah mengetahui berbagai jenis dari kursi roda, alangkah baiknya sebelum membeli kursi roda dapat dipertimbangkan agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pilihlah kursi roda yang pas sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan. Berikut merupakan beberapa tips dalam memilih kursi roda .

Tips Memilih Kursi Roda

Di era modern ini sudah banyak jenis kursi roda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Memilih kursi roda yang sesuai adalah sesuatu yang penting karena akan digunakan dalam waktu lama dan sebagai alat bantu dalam mobilitas. Pilihlah kursi roda yang sesuai dengan kebutuhan agar saat menggunakannya menjadi lebih aman dan nyaman.Berikut merupakan beberapa tips dalam memilih kursi roda

  • Pertimbangkan Jenis Kursi Roda
    Terdapat berbagai macam jenis kursi roda seperti manual, travel, dan elektrik. Pilih kursi roda yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan mobilitas. Jika memiliki mobilitas yang terbatas, kondisi kesehatan tertentu, atau selalu membutuhkan bantuan saat bergerak sebaiknya pilih kursi roda elektrik. Namun, jika membutuhkan kursi roda untuk sesekali atau sementara maka kursi roda manual menjadi pilihan yang tepat.
  • Ukuran dan Bentuk
    Pastikan memilih kursi roda yang sesuai dengan tubuh. Kursi yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat digunakan. Selain itu, pastikan pastikan lebar dudukan, kedalaman dudukan, dan tinggi sandaran punggung sudah sesuai agar memberikan kenyamanan yang optimal.
  • Berat Kursi Roda
    Berat keseluruhan kursi roda juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika Anda merupakan orang yang sering bepergian dan memerlukan kursi roda yang mudah dibawa, maka kursi roda travel adalah jawabannya. Kursi roda travel biasanya memiliki berat lebih ringan dan mudah dibawa sehingga memudahkan dalam transportasi.
  • Roda dan Ban
    Pilihlah kursi roda yang memiliki roda dan ban sesuai dengan aktivitas serta lingkungan sehari-hari. Roda yang besar biasanya dirancang untuk berbagai medan dan membantu mengatasi rintangan dengan mudah. Sedangkan roda kecil atau dapat dilepas pasang digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas.

Dengan mempertimbangan tips dalam memilih kursi roda maka dapat meningkatkan kenyamanan dalam mobilitas sehari-hari. Kursi roda memiliki berbagai harga tergantung pada fitur dan spesifikasi tertentu. Dibawah ini merupakan tabel harga kursi roda Manual, Travel, dan Elektrik Terbaru.

Daftar Harga Kursi Roda Manual 2024

ProdukHargaDetail Produk
Kursi Roda Standar Onehealth KY809 Velg JariRp. 950.000KLIK DISINI
Kursi Roda Standar GEA FS875Rp. 945.000KLIK DISINI
Kursi Roda Standar GEA FS802 AnakRp. 1.250.000KLIK DISINI
Kursi Roda Standar GEA FS871Rp. 1.140.000KLIK DISINI
Kursi Roda Serenity FS862 Black SteelRp. 1.350.000KLIK DISINI
Kursi Roda GEA FS980Rp. 2.300.000KLIK DISINI
Kursi Roda GEA FS902CRp. 1.800.000KLIK DISINI
Kursi Roda GEA YJ 001Ro. 1.900.000KLIK DISINI
Kursi Roda Jumbo Avico BimaRp. 2.450.000KLIK DISINI
Kursi Roda Aluminium GEA AL-006Rp. 2.900.000KLIK DISINI
Kursi Roda GEA AL-001JRp. 4.743.000KLIK DISINI
Kursi Roda Jepang Kawamura AY18Rp. 7.990.000KLIK DISINI
Kursi Roda Jepang Kawamura KA800Rp. 9.882.375KLIK DISINI
Kursi Roda Jepang Kawamura Wavit+Rp. 12.500.000KLIK DISINI
Kursi Roda JepangKawamura KF22Rp. 10.500.000KLIK DISINI

Daftar Harga Kursi Roda Travel 2024

ProdukHargaDetail Produk
Kursi Roda Travel Avico ArjunaRp. 1.095.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel Onemed Comfort OneRp. 1.350.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel GEA FS 868LRp. 1.625.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel Onemed FS804Rp. 1.280.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel OneHealth DY800Rp. 1.140.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel Onemed FS800LRp. 1.395.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel Avico Athena 12Rp. 1.590.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel GEA AL BL-03ERp. 1.850.000KLIK DISINI
Kursi Roda Travel GEA AL BL08Rp. 1.832.600KLIK DISINI
Kursi Roda Travel Kawamura KA6Rp. 7.500.000KLIK DISINI

Daftar Harga Kursi Roda Elektrik 2024

ProdukHargaDetail Produk
Kursi Roda Elektrik Onemed AN45Rp. 5.750.000KLIK DISINI
Kursi Roda Elektrik Lovie CrystalRp. 6.300.000KLIK DISINI
Kursi Roda Elektrik Onehealth KY123Rp. 6.450.000KLIK DISINI
Kursi Roda Elektrik Avico TopazRp. 7.500.000KLIK DISINI
Kursi Roda Elektrik Yuwell D130ALRp. 16.500.000KLIK DISINI
Kursi Roda Elektrik GEA FS123Rp. 17.750.000KLIK DISINI

Kursi roda merupakan salah satu inovasi dibidang kesehatan yang paling memberikan dampak positif. Dari kursi roda manual hingga kursi roda listrik yang canggih, memiliki karakteristik unik yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Pilihlah kursi roda yang sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangkan jenis kursi roda sebelum membelinya. Kursi Roda ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain Kursi Roda, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.medplushealth.ca/blog/not-sure-of-how-to-choose-the-right-wheelchair-here-are-5-important-features-to-look-for/
https://www.redmanpowerchair.com/different-types-of-wheelchairs/
https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:lXcrAg9SZ54J:scholar.google.com/+kursi+roda+merupakan&hl=id&as_sdt=0,5