Dokter akan memberi Anda resep yang menjelaskan berapa banyak oksigen yang Anda butuhkan per menit dan kapan Anda perlu mendapatkannya. Beberapa orang mungkin membutuhkan terapi oksigen hanya saat mereka berolahraga atau tidur. Orang lain mungkin membutuhkannya sepanjang hari. Dokter Anda akan mengetahui berapa banyak oksigen ekstra yang Anda butuhkan setelah mereka memeriksa kadar oksigen dalam darah melalui pulse oximeter.


Apa Itu Oksigen Konsentrator?


Oksigen konsentrator merupakan mesin yang beroperasi dengan listrik atau terkadang dengan baterai (umumnya portable). Dibutuhkan udara biasa dan menyaring gas lain untuk mendapatkan oksigen. Beratnya sekitar 15 kg atau lebih dan biasanya memiliki roda sehingga Anda dapat bergerak sambil terhubung dengan oksigen. Jika Anda memiliki jenis plug-in, Anda akan membutuhkan sumber oksigen cadangan jika listrik padam.


Oxygen Concentrator GEA

Anda juga membutuhkan cara untuk menghirup oksigen. Anda dapat menggunakan:

Selang Kanula Hidung. Selang ini terbuat dari plastik lembut dengan dua cabang kecil di salah satu ujungnya. Penggunaannya melalui hidung dan selang menempel di telinga untuk menahannya. Ujung selang lainnya terhubung ke suplai oksigen Anda. Selang kanula hidung memberikan oksigen yang stabil. Ini bisa mengeringkan hidung Anda sedikit.

Masker. Ini pas di mulut dan hidung Anda. Masker dapat membuat Anda sulit untuk berbicara, dan Anda tidak dapat memakainya saat Anda makan atau minum. Biasanya, Anda akan menggunakan masker untuk mendapatkan oksigen tingkat tinggi.


Oxygen Concentrator Onemed

Terapi oksigen di rumah dapat membantu lebih banyak pasien dengan kondisi, termasuk:


- Asma
- Bronkitis kronis
- Gagal jantung kongestif
- COPD (penyakit paru obstruktif kronik)
- Fibrosis kistik
- Empisema
- Kanker paru-paru
- Radang paru-paru
- Fibrosis paru
- Apnea tidur


Oksigen konsentrator menggunakan teknologi yang berama pressure swing adsorption yaitu menyaring molekul untuk mengadsorbsi gas-gas. Dilengkapi dengan filter khusus dan saringan yang membantu menghilangkan Nitrogen dari udara untuk memastikan pengiriman oksigen yang sepenuhnya murni kepada pasien.

Compare Oxygen Concentrator


Anda biasanya mengatur kadar oksigen pada konsentrator oksigen dalam LPM (liter per menit). Dokter akan menentukan tingkat oksigen yang Anda butuh kan, yang dapat bervariasi saat istirahat, saat tidur, dan ketika Anda berolahraga. Beberapa penyakit yang membutuhkan perangkat medis ini yaitu asma, pneumonia, Respirator Distres Sindrom (RDS). Yang mana perlu di cek berapa banyak kadar oksigen dalam tubuh dengan menggunakan alat pulse oximeter terlebih dahulu sebelum menggunakan oksigen konsentrator.

Oksigen konsentrator mengambil udara dan memurnikannya untuk digunakan oleh pasien yang membutuhkan oksigen karena rendahnya tingkat oksigen dalam darah.

Berikut ini adalah perbandingan oksigen konsentrtor merk Onemed, GEA dan Philips. Perbandingan meliputi oksigen yang dihasilkan, berat produk, tingkat kebisingan garansi dll.


Perbandingan Oxygen Concentrator