Alat ini dapat dikatakan sebgai terapi pengobatan asma yang yelbih disukai karena memberikan obat langsung k dalam paru-paru sehingg obat diserap leihh efektif. Pengobatan Asma Dengan Nebulizer

Bagaimana Nebulizer Bekerja

Nebulizer adalah alat terapi pernapasan yang berfungsi untuk merubah cairan (obat) menjadi uap yang sangat halus agar bisa dihisap melalui bagian mulut atau masker kedalam saluran pernapasan dan paru-paru. Nebulizer sering digunakan oleh anak-anak, orang dengan asma berat atau orang yang mungkin memiliki kesulitan menggunakan perawatan asma lainnya. Alat ini dapat dikatakan sebgai terapi pengobatan yang leih disukai karena memberikan obat langsung ke paru-paru sehingga obat diserap lebih efektif.
Satu set nebulizer biasanya terdiri dari
- Unit nebulizer
- Selang nebulasi
- Masker Anak
- Msker Dewasa
- Mouthpiece
- Tas penyimpanan (tergantung jenis nebulasinya)

Penguobatan Asma : Nebulizer menjadi pilihan yang tepat

Asma adalah penyakit yang ditandai dengan penyempitan saluran pernapasan. Tingkat keparahan asma ditentukan dengan mengukur kemampuan paru-paru dalam menyimpan oksigen. Makin sedikit oksigen yang tersimpan berarti semakin buruk kondisi asma.
Keuntungan menggunakan alat terapi nebulizer ialah obat dapat diberikan langsung pada tempat/sasaran seperti paru-paru hingga dosis yang diberikan rendah. Dosis yang rendah dapat memberikan absorpi obat (bagaiamana tubuh menyerap obat) dan efek samping absorpsi. Pengiriman obat melalui nebulizer ke paru-paru sangat cepat, sehingga akisnya lebih cepat daripada rute lainnya seperti subkutan atau oral.

Pengobatan Asama : Cara menggunakan Nebulizer

Berikut adalah beberapa saran menggunakan nebulizer untuk pertama kalinya:
- Periksakan terlebih dahulu dengan dokter untuk petunjuk pemakaian serta obat asma yang diberikan oleh dokter dengan dosis jelas
- Pastikan posisi duduk Anda dengan nyaman (tegak dikursi)
- Pasang masker Anda dan mulailah bernapasa secara perlahan, setelah itu mulailah sesekali untuk bernapas lebih dalam jika , berikan jeda 2-3 detik sebelum menghembuskan napas. Lakukan hal tersebut secara terus menerus sampai obat telah sepenuhnya menguap kedalam mouthpiece
- Anak kecil biasanya akan lebih nyaman jika menggunakan masker daripada corong. Menggunakan masker membuat pasien dapat bernapasa dengan normal melaui hidung ataupun mulut.
- Bersihkan corong atau masker dan mouthpiece setelah digunakan.

Pengobatan Asma : Pastikan dengan benar

Nebulizer dapat digunakan oleh siapa saja dari segala usia. Anda dapat mencapur lebih dari 1 obat-obatan (tergantung resep dokter) pada waktu yang bersamaan dengan dosis yang tinggi. Pemakaian nebulizer tidak harus memerlukan teknik khusus dalam pemakaiannya. Meskipun demikian, pastikan dokter telah mengajarkan car kerja nebulizer. Hal ini penting mengingat ketidaktepatan penggunaan dapat menyebabkan ketidaksesuaian dosis obat yang terhirup paru-paru. Anda dapat pula mempelajari petunjuk penggunaan alat yang disertakan pada kemasan.
Ajukan semua pertanyaan anda mengenai pemakaian nebulizer serta ketepatan dosis pada dokter. Keputusan untuk menggunakan nebulizer serta pemilihan tipe nebulzer, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan informasi dosis obat yan tepat serta waktu terapi yang efektif sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.