Kualitas udara yang buruk tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan orang dewasa. Anak-anak, bahkan bayi baik saat masih ada di dalam kandungan maupun setelah lahir bisa terkena dampaknya. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa bayi yang terpapar polusi udara di tahun pertama kehidupannya lebih sensitif terkena alergi terhadap makanan, hewan peliharaan, jamur atau hama. Udara yang dihasilkan di dalam rumah pun tak selalu bersih, menurut National Safety Council (NSC), udara di dalam ruangan seringkali mengandung konsentrasi polutan berbahaya yang lebih banyak daripada udara di luar ruangan. Di dalam fact sheet NSC diperjelas bahwa salah satu kelemahan rumah dengan energi efisien yaitu udara di dalamnya menjadi terperangkap dan mengunci polutan di dalam ruangan.

 

Anak-anak menghirup 50 persen udara lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Serta bayi menghabiskan 90 persen waktunya setiap hari di dalam rumah, sebabnya kualitas udara merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Ketika udara yang dihirup oleh manusia tidak dalam keadaan yang bersih, maka hal itu bisa membahayakan kesehatan paru- paru manusia tersebut. Kami telah merangkum beberapa penyebab pencemaran udara. Berikut ulasannya :

1. Kendaraan

 

 

Hal ini tentu bukan sebuah rahasia lagi bahwa asap kendaraan terutama motor adalah penyumbang terbesar bagi penyebab pencemaran udara. Selain kualitas udara yang semakin memburuk, macet menjadi persoalan lainnya yang terjadi. Pemerintah sendiri telah mengupayakan alternatif perjalanan lain seperti pengadaan KRL, busway dan transportasi umum lainnya yang diharapkan dapat mengurangi sedikit polusi diudara.

 

2. Asap dan Limbah Pabrik

 

 

Asap pabrik yang dikeluarkan dalam jumlah dan kuantitas yang banyak pada satu waktu tentu merupakan salah satu penyebab pencemaran udara terutama untuk lingkungan disekitarnya. Biasanya, asap pabrik dibuang melalui cerobong asap yang sangat besar. Gas karbon yang dilepas di udara selain menyebabkan pencemaran udara, asap pabrik juga dapat memicu hujan asam. Limbah hasil produksi yang dibuang pada saluran air juga dapat mencemari kualitas air dan menghasilkan bau yang kurang sedap.

 

3. Limbah Rumah Tangga

 

 

Beberapa kegiatan seperti membakar sampah, mengecat rumah dan penggunaan beberapa alat rumah tangga lainnya adalah salah satu penyebab pencemaran udara sekitar. Membakar sampah kerap dianggap efektif untuk menghilangkan sampah, namun yang harus diperhatikan yakni sampah-sampah yang dibakar tentu mengandung bahan kimia berbahaya. Saat sampah-sampah tersebut yang dibakar, asapnya akan menyebar dan mencemari udara sekitar. Belum lagi kebiasaan membuang sampah sembarangan memicu terjadinya bencana alam berupa banjir.

 

4. Wabah Penyakit dan Bencana Alam

 

 

Baru-baru ini dunia dibuat heboh dengan hasil penelitian baru World Health Organization (WHO) yang menyatakan pandemi coronavirus (COVID-19) dapat bertahan diudara selama kurang lebih 3 jam. Hal ini belum diyakini apakah wabah corona bisa ditularkan melalui udara, namun tentu akan lebih baik apabila kita dapat menghirup udara yang terbebas dari bakteri penyebab penyakit. Belum lama ini juga terjadi kebakaran hutan akibat kemarau berkepanjangan yang terjadi di Indonesia. Kabut asap serta partikel kecil yang berterbangan di udara tentu akan sangat berbahaya bila sampai terhirup dan mengendap lama di paru-paru.

 

 

Bagaimana Memperoleh Udara yang Bersih?

 

 

Mendapatkan udara yang bersih tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat pula, tetapi kita tentu tidak dapat menunggu lebih lama untuk mendapatkan kualitas udara yang bersih. Oleh karenanya Galeri Medika hadir untuk membantu persoalan Anda. Melalui beberapa alat yang kami rekomendasikan di bawah ini Anda dan anggota keluarga lainnya dapat dengan segera menghirup udara bersih dan menyehatkan paru-paru.

 

1. OneMed Oxygen Concentrator

 

 

 

 

Oxygen Concentrator tipe 8F-5AW 3L merupakan alat pengubah udara di sekitar menjadi oksigen yang siap hirup. Mesin ini memproses udara bebas disekitar kita menjadi oksigen murni yang biasa di gunakan oleh pasien pasien di rumah sakit , jadi tidak perlu repot isi ulang oksigen tabung Anda. Bisa menghasilkan Oksigen 1 liter s/d 5 liter per menit (continus flow setting). Dilengkapi dengan botol humidifier, selang oksigen, nasal canula, jet nebulizer, dan filter udara.

2. Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

 

 

 

 

Philips Everflo Home Oxygen Concentrator merupakan konsentrator paling sunyi di pasaran. Dengan bentuknya yang kecil, mesin canggih, penggunaan daya yang rendah, serta konstruksi yang ringan dan tahan lama menjadikannya mudah, nyaman, dan dapat dipercaya. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk isi ulang Oksigen tabung oxygen Anda.

EverFlo dari Respironics adalah konsentrator stasioner unik yang memberikan apa yang diinginkan oleh penyedia layanan rumah tangga dan pasien.

3. Oxygen Concentrator GEA 7F-5

 

 

 

 

Oxygen Concentrator GEA 7F-5 merupakan alat penghasil oksigen atau penyaringan oksigen yang diambil dari udara disekeliling hingga 90% tanpa memerlukan tabung oksigen, menjadi Oksigen Murni

4. Philips SimplyGo Portable Oxygen Concentrator<

 

 

 

 

Portable Oksigen Konsentrator adalah mesin pembuat oksigen yang memproses udara bebas disekitar kita menjadi oksigen murni yang biasa di gunakan oleh pasien pasien di rumah sakit dan bisa anda bawa kemana-mana termasuk dipakai di pesawat.
Philips SimplyGo Portable Oxygen Concentrator menawarkan pengiriman dosis aliran dan denyut nadi yang berkelanjutan dalam perangkat dengan berat 4,5 kg. Mengelola dengan baik kebutuhan terapi dan gaya hidup pasien Anda hanya dengan satu POC (portable oxygen concentrator). Sederhanakan manajemen pasien dan bisnis Anda dengan SimplyGo.

5. SimplyGo Mini Oxygen Concentrator + Extended Battery

 

 

 

 

SimplyGO Mini Oxygen Concentrator dirancang untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan memberi Anda kemampuan untuk menawarkan bobot yang ringan, fitur menarik, dan keandalan yang sesungguhnya yang diminta oleh pasien saat ini dalam POC (portable oxygen concentrator).
Simply smart design
Sebagai POC terkecil dan teringan yang pernah dikembangkan oleh Philips Respironics, SimplyGo Mini dibangun untuk pasien saat ini dengan fitur-fitur seperti: desain yang menarik dan ramping, baterai eksternal yang mudah dilepas, layar intuitif, mudah dibaca dan tas jinjing yang kuat dan nyaman.

 

Kesimpulan

Oxygen concentrator selain dapat menghasilkan udara bersih dan segar dalam waktu singkat juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Oksigen yang bersih dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh segar kembali. Selain itu, setelah menggunakannya peredaran sel darah dalam tubuh menjadi lebih optimal. Bentuknya yang kecil juga mudah untuk dibawa bepergian, solusi utama untuk keluarga khususnya anak-anak dan lansia mendapatkan kembali udara bersih. Yuk, order sekarang hanya di Galeri Medika!