Secara umum, lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, terutama sebagai cadangan energi. Tetapi, kehadirannya yang terlalu banyak di dalam tubuh tentu saja akan membahayakan kesehatan Anda. telah banyak penelitian yang membuktikan bahwakadar lemak yang sangat banyak di dalam tubuh menyebabkan penyakit jantung, diabetes mellitus, mengganggu fungsi hati. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memantau kadar lemak yang ada didalam tubuh Anda.

Apat itu Lemak?



Lemak tubuh adalah lemak sub kutan, lemak perut, tergantung lokasinya dalam perut. Sebagian lemak perut diketahui memiliki hubungan dalam masuknya dengan terjadinya penyakit berbahaya dalam tubuh seperti jantung koroner, diabetes, kanker dan stroke. Persen lemak tubuh menunjukkan jumlah dari masa lemak tubuh dibandingkan dengan berat total seluruh tubuh. Sebagian besar orang menilai lemak hanya menimbulkan masalah namun dibalik itu semua lemak memilki peran penting dalam cadangan energi, melindungi organ dalam tubuh. Kelebihan dan kekurangan lemak tidak baik bagi tubuh.

Penyebaran lemak tubuh pada wanita dan laki-laki itu berbeda. Jadi, klasifikasi persen lemak tubuh antara laki-laki dan wanita juga berbeda. Dalam keadaan normal, lemak tubuh sebanyak 15-20% dari berat badan terdapat pada usia remaja, sedangkan perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan pada laki-laki sekitar 18-23%. Peningkatan jumlah lemak tubuh pada laki-laki dewasa tua (> 30 tahun), bisa mencapai 27% dari berat badan. Dengan semakin meningkatknya usia, persentase lemak tubuh pada laki-laki awalnya meningkat yaitu diawali usia 20 tahun hingga usia berkisar 50-60 tahun dan kemudian menurun setelah usia 80 tahun. Namun jika jumlah lemak tubuh telah mencapai 20% atau lebih dari total berat badan pria dewasa maka keadaan ini dapat dikatakan obesitas.

Berapa persentase lemak tubuh yang dianggap normal?

Lemak alami yang dimiliki tubuh sekitar 10-12% pada wanita dan 2-4% pada pria. Sisanya, lemak-lemak tersebut Anda dapatkan dari makanan serta minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Lalu berapa persen total lemak yang normal yang dimiliki tubuh yang sehat, American Council menentukan batas normal dari persen lemak tubuh sebagai berikut:

• Atlet, mempunyai total lemak sekitar 14-20% pada atlet wanita dan 6-13% pada atlet laki-laki
• Orang yang sering berolahraga namun bukan atlet biasanya memiliki kadar lemak sebesar 21-24% pada wanita dan 14-17% pada laki-laki
• Orang yang jarang olahraga tetapi lemak totalnya masih dianggap normal dan sehat jika memiliki lemak bekisar 25-31% pada wanita dan 18-25% pada laki-laki

Alat Ukur kadar lemak dalam tubuh




Pasti Anda penasaran, bagaimana caranya mengukur dan mengetahui kadar lemak dalam tubuh. Gunakan Omron HBF-212 body composition monitor yang membantu mengukur komposisi tubuh, alat ini ideal digunakan untuk manjemen berat badan yang proposional, mengetahui indeks masa tubuh (IMT), kadar lemak visceral, dan dapat digunakan untuk 4 user. Omron HBF-212 tidak hanya dapat digunakan untuk orang dewasa namun dapat juga digunakan untuk anak-anak diatas usia 9 tahun.

Fitur dan Spesifikasi Produk

• Informasi indeks masa tubuh (IMT)
• Informasi berat tubuh
• Mengukur lemak tubuh
• Tingkat lemak perut (vesceral)
• Multi user – 4 pengguna
• Akurasi Berat
2 – 40 kg dengan peningkatan dari 0.4 kg
40 – 150 kg dengan peningkatan dari 1 kg
• Personal Data Information : Berat badan, Usia dan Jenis Kelamin • Sumber Daya 4x AAA baterai • Garansi 2 Tahun (Garansi Resmi Omron Indonesia)



Kesimpulan

Pengukur kadar lemak digital sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Dengan memiliki alat pengukur kadar lemak tubuh tentunya setiap orang bisa mengecek kadar lemak setiap saat, sehingga ketika kadar lemak mulai berlebih bisa segera menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.