Ketika Anda ingin menangis sebaiknya jangan ditahan namun jangan berlebihan juga. Karena hanya dengan menangis saja, kamu memiliki dampak yang positif bagi kesehatan.Para peneliti telah menemukan bahwa menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda, dan manfaat ini dimulai saat lahir dengan tangisan pertama bayi. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari menangis.


1. Membuang racun dalam tubuh



Ada tiga jenis air mata:

• air mata refleks
• air mata terus menerus
• air mata emosional

Air mata refleks berfungsi membersihkan puing-puing, seperti asap dan debu, dari mata Anda. Air mata akan terus menerus melumasi mata Anda dan membantu melindunginya dari infeksi. Air mata emosional mungkin memiliki banyak manfaat kesehatan. Sedangkan air mata terus menerus mengandung 98 persen air, air mata emosional mengandung hormon stres dan racun lainnya. Para peneliti telah berteori bahwa menangis mengeluarkan hal-hal ini dari sistem Anda, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini.


2. Riwayat Keluarga


Penyakit ini bisa berisiko jika orang tua Anda memiliki penyakit yang sama yaitu hiperlipidemia dan akan terus menurunkan ke anak cucu kita nanti. Maka dari itu melakukan gaya hidup sehat sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit ini dari anggota keluarga Anda.


3. Membantu menenangkan diri


Menangis bisa menjadi salah satu mekanisme terbaik Anda untuk menenangkan diri. Peneliti telah menemukan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Saraf ini membantu tubuh Anda beristirahat dan mencernanya. Namun, manfaatnya tidak langsung. Mungkin perlu beberapa menit setelah air mata menetes sehingga Anda merasakan efek menenangkan dari menangis.


4. Meredakan nyeri


Menangis dalam waktu lama, dapat meningkatkan hormon oksitosin pada wanita dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Zat kimia perasaan enak ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, tubuh Anda mungkin mengalami sedikit mati rasa. Oksitosin dapat memberi Anda perasaan tenang atau sejahtera. Ini adalah contoh lain tentang bagaimana menangis adalah tindakan yang menenangkan diri.


5. Meningkatkan mood baik


Saat Anda terisak dari tangisan, Anda menghirup banyak udara dingin dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat membantu mengatur dan bahkan menurunkan suhu otak Anda. Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran Anda daripada otak yang hangat. Akibatnya, suasana hati Anda mungkin membaik setelah episode terisak-isak.


6. Mendekatkan teman


Jika Anda merasa sedih, menangis adalah cara untuk memberi tahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda membutuhkan dukungan. Sejak Anda masih bayi, menangis telah menjadi kelekatan. Fungsinya dalam banyak hal untuk mendapatkan kenyamanan dan perawatan dari orang lain. Dengan kata lain, ini akan membantu membangun jaringan dukungan sosial Anda ketika dalam keadaan sulit.


7. Meringankan kesedihan


Bersedih adalah suatu proses. Ini melibatkan periode kesedihan, mati rasa, rasa bersalah, dan kemarahan. Menangis sangat penting selama masa-masa duka. Itu bahkan dapat membantu Anda memproses dan menerima kehilangan orang yang dicintai. Setiap orang melalui proses berduka dengan cara yang berbeda. Jika Anda merasa tangisan Anda ekstrem atau mulai mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, mungkin sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.


8. Mengembalikan keseimbangan emosional


Menangis tidak hanya terjadi sebagai respons terhadap sesuatu yang menyedihkan. Terkadang Anda menangis ketika Anda sangat bahagia, takut, atau stres. Peneliti di Yale University percaya menangis dengan cara ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional. Ketika Anda sangat bahagia atau takut tentang sesuatu dan menangis, itu mungkin cara tubuh Anda untuk pulih dari mengalami emosi yang begitu kuat.


9. Membantu bayi bernapas


Tangisan pertama bayi keluar dari rahim adalah tangisan yang sangat penting. Bayi sebelum melahirkan menerima oksigen di dalam rahim melalui tali pusar. Setelah bayi dilahirkan, mereka harus mulai bernapas sendiri. Tangisan pertama adalah hal yang membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan kehidupan di dunia.
Menangis juga membantu bayi membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut.


10. Membantu bayi tidur


Menangis juga dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah studi kecil tentang tidur bayi, 43 peserta menggunakan tangisan terkontrol, untuk meletakkan bayi mereka di tempat tidur. Dengan tangisan yang terkendali, bayi dibiarkan menangis selama beberapa menit sebelum intervensi dari orang tua mereka. Tangisan itu menambah panjang tidur dan mengurangi jumlah bayi terbangun di malam hari. Setahun kemudian, tangisan itu tampaknya tidak meningkatkan stres pada bayi atau berdampak negatif pada ikatan orang tua dan anak.


Bahaya menangis berlebihan


Saat seseorang menangis, otot-otot pada wajah dan mata akan mengalami kontraksi. Semakin hebat dan lama seseorang menangis, maka efek ini akan semakin besar. Termasuk nyeri kepala dan mata membengkak, bahkan pada orang sehat sekalipun.

Menurut asisten profesor neurologi, penyebab dari sakit kepala setelah menangis adalah adanya stres atau tekanan emosi yang dialami seseorang untuk menangis. Hal ini kemudian menyebabkan migrain.

Selain sakit kepala, menangis dalam waktu lama juga dapat menyebabkan mata bengkak dan iritasi, hidung tersumbat, bahkan sakit leher dan rahang. Nyeri leher dan rahang sering disebabkan oleh ketegangan dan kekakuan otot leher dan wajah dalam waktu lama.

Adapun jika seseorang menangis dengan jangka waktu yang sangat lama, maka hal itu akan berdampak negatif pada kesehatan fisik, dan masalah yang lebih serius pada kesehatan mental, seperti depresi.