Pernahkah mata Anda mengalami kedutan, tubuh merinding atau perut yang suka berbunyi? Ini merupakan reaksi yang terjadi pada kebanyakan orang. Berikut ini ada beberapa reaksi manusia yang memiliki penjelasannya



1. Mata mengalami kedutan tanpa alasan

Jika mata sering mengalami kedutan, hal itu berarti Anda sedang mengalami stres berat, tidur dengan kualitas serta kuantitas yang kurang, terlalu banyak minum kopi, atau terlalu banyak makan makanan yang manis. Hal ini normal terjadi karena otot mengalami kelelahan dan otak memberikan stimulus berlebih terhadap otot yang mengalami kelelahan.

2. Menggigil di suhu yang dingin

Ketika selepas mandi di pagi hari yang sangat dingin atau berada di tempat dengan suhu yang sangat dingin sering kali gigi kita bergetar dan kaki kita juga ikut bergetar. Hal itu wajar dan merupakan gerakan otot untuk menghangatkan tubuh seperti saat Anda menggesekkan kedua tangan Anda merupakan sinyal yang dikirimkan dari otak oleh tubuh untuk menghangatkan tubuh.
Bahkan Otak Anda juga mengirimkan sinyal berupa mengeluarkan keringat saat tubuh berada di suhu lebih dari 36 derajat dalam waktu tertentu.

3. Kaki mengalami mati rasa

Hal ini terjadi ketika posisi kaki Anda tidak normal. Misalnya duduk dengan posisi yang aneh. Bagian kaki yang mati rasa terjadi karena aliran darah ke kaki terhambat sebagai akibat dari posisi duduk yang aneh dalam waktu yang cukup lama. Dan ketika aliran darah yang terhambat kembali normal, maka akan terjadi reaksi yang tidak nyaman berikutnya yaitu kesemutan.

4. Mata basah setelah bangun tidur

Saat bangun tak hanya air yang keluar dari mata namun kotoran mata juga akan ikut keluar. Hal itu terjadi karena saat tidur, mata Anda tidak sepenuhnya tertutup rapat. Untuk mengimbangi dari debu-debu yang masuk ke dalam mata Anda selama tidur, kelenjar mata yang berada di sudut mata kita akan mengeluarkan air mata.

5. Menguap walau Anda tidak ingin tidur

Menguap pada dasarnya meregangkan rahang Anda secara lebar dan memasukkan banyak udara ke dalam tubuh sebanyak mungkin. Kedua tindakan tersebut membuat aliran darah mengalir ke otak dan cairan tulang belakang Anda mengalir ke tulang belakang. Ini merupakan cara Anda untuk menyadari bahwa tubuh Anda akan menghadapi rasa stres.

6. Floater mata

Anda sering melihat ada bayangan berbentuk cacing yang bergerak tanpa tujuan di depan? Jangan khawatir ini disebut floater mata. Ini sangat jelas bila Anda melihat langit biru di pagi hari atau cahaya terang lainnya. Makanya Anda sering melihatnya ketika Anda melakukan upacara bendera di sekolah. Floater bukan objek nyata, melainkan hanya cacat kecil di bagian khusus bola mata yang disebut badan bening mata. Anda bisa melihat ini karena strukturlah yang tidak sempurna ini menghalangi cahaya yang masuk dari pupil ke retina yang membentuk pandangan mata Anda.

7. Tidur terasa seperti terjatuh

Atau disebut juga awal kejang tidur. Hal ini terjadi karena semua otot dalam keadaan relaks secara bersamaan. Ketika hal itu terjadi, Anda akan merasakan seperti jatuh dan otak akan mengirikan sinyal dengan cepat ke seluruh jaringan otot sehingga otot bekerja kembali. Hal ini wajar terjadi dan tidak berbahaya.

8. Jari-jari keriput saat terkena air

Saat terkena air, pembuluh darah kecil mengerut di bagian bawah kulit. Ini merupakan hal yang penting dalam alasan biologis. Ketika tangan keriput saat bahas juga berfungsi mempermudah Anda dalam mengambil benda. Hal ini juga berlaku pada kaki Anda. Jari kaki keriput saat basah tujuannya agar Anda tidak licin saat berjalan di permukaan yang basah.

9. Sendi yang berbunyi

Hal ini terjadi karena dorongan kuat yang Anda buat pada sendi membuat gelembung kecil dalam sendi Anda keluar dan meletuk sehingga berbunyi. Gelembung ini muncul secara alami pada sendi Anda dan tidak berbahaya bila Anda lakukan sesering mungkin.

10. Perut yang berbunyi saat lapar

Saat perut kosong, otak mengirimkan sinyal sesuatu ke sistem pencernaan. Dan apabila lambung banyak berisi gas ketimbang asupan makan, maka akan timbul bunyi pada perut.