Sementara itu, respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Agar dapat berfungsi dengan baik, sistem ini akan mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel dan jaringan organisme yang sehat agar tetap berfungsi secara normal.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kita harus melakukan aktivitas fisik dan makan makanan yang seimbang serta menghindari makan makanan yang membuat sistem daya tahan tubuh kita lemah. Apa saja makanan dan minuman yang dapat menurunkan daya tahan tubuh kita? Berikut beberapa makanan yang harus kalian kurangi atau bahkan hindari



1. Kopi

Siap yang tidak kenal dengan minuman berkafein yang satu ini. Selain nikmat bagi sebagian orang dan bisa meningkatkan fokus serta memiliki varian rasa, ternyata Anda harus kurangi atau bahkan hindari saat pandemi seperti sekarang ini karena minuman ini dapat menurunkan daya tahan tubuh.Dikutip dari Livestrong, mengonsumsi lebih dari 500 miligram kopi per hari bisa menyebabkan insomnia, gangguan pencernaan, hingga otot gemetar. Efek kafein dari kopi juga mampu membuat kita tetap terjaga dalam artian tidak tidur, Jika kita kurang tidur, maka bisa menurunkan daya tahan tubuh kita.

2. Soda

Soda tentu sangat nikmat diminum dan memberikan sensasi yang unik di lidah kita. Namun, alangkah baiknya hindari minuman ini. Soda memiliki kadar gula yang cukup tinggi yang apabila kita sering meminumnya bisa meningkatkan gula darah dan menurunkan daya tahan tubuh. Soda juga mengandung asam fosfor yang dapat menghilangkan kalsium dan magnesium dalam tubuh yang mana dua nutrisi ini sangat membantu jalannya sistem kekebalan tubuh manusia.

3. Gorengan

Makan seperti bakwan tempe mendoan, tahu goreng, dan makanan yang mengandung minyak berlebih lainnya segera hindari. Walaupun sangat nikmat dan cocok bagi buka puasa di bulan Ramadhan, gorengan Selain kaya akan lemak yang bisa meningkatkan kolesterol jahat, gorengan meningkatkan inflamasi dalam tubuh. Imbasnya, kalau dikonsumsi berlebihan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.Menurut para ahli, menghindari makanan yang digoreng akan membantu tubuh untuk membangun kekebalannya, tidak peduli berapa pun umurnya. Selain itu, kamu sebaiknya kurangi makanan yang bisa memicu kanker ini.

4. Makanan Olahan

Kita harus berpikir dua kali untuk menjadikan makanan olahan sebagai makanan sehari-hari kita. Makanan olahan seperti nugget, sosis, bakso, burger dan makanan olahan lainnya tentu bukan ide yang bagus bagi tubuh.Berdasarkan majalah Times jumlah kalori yang begitu banyak dalam makanan olahan dan makanan cepat saji akan mempengaruhi kesehatan, misalnya meningkatnya inflamasi, menurunnya kendali infeksi, meningkatkan risiko kanker dan meningkatkan risiko alergi. Sangat berbahaya bukan?

5. Alkohol

Minuman ini jelas lebih banyak mengandung dampak negatif dibandingkan dampak positifnya bagi tubuh. Bahkan ada sebuah kabar yang mana minuman alkohol bisa membunuh virus Covid-19 ini. kabar itu sudah pasti merupakan berita palsu karena alkohol sedikit saja sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dalam waktu 20 menit sejak menelan alkohol, sistem kekebalan tubuh kita langsung menurun. Namun, seberapa besar turunnya tergantung dari kondisi tubuh kita.

6. Kacang-kacangan

Dalam jumlah yang wajar, kacang-kacangan memang bagus bagi tubuh. Jika berada di bar, tempat pesta, atau tempat umum lainnya sebaiknya menjauhlah dari stoples kacang. Tangan Anda mungkin sudah bersih dan higienis, namun bagaimana dengan tangan orang lain? Selain itu ada pula kebiasaan orang untuk menjilati tangan usai makan kacang untuk merasakan bumbunya dan kemudian mengambil lagi. Tentu ini meningkatkan risiko penularan berbagai penyakit kepada orang lain.


Itulah makanan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh yang harus kalian kurangi atau bahkan hindari untuk sementara waktu. Karena saat terkena wabah virus ini, sistem daya tahan tubuh sangat dibutuhkan agar badan tetap sehat sehingga bisa terbebas dari virus. Istirahat yang cukup serta minum air yang cukup dan yang terpenting jangan stres berlebih mampu meningkatkan sistem imun kita.