Mengapa demikian? Mencuci tangan yang benar dengan sabun berfungsi membunuh kuman, bakteri serta virus yang dihasilkan dari memegang uang, memegang pintu tempat umum, menyentuh barang-barang yang digunakan bersama, saat menutup bersin atau batuk dan lain-lain. Namun, apa perbedaan antara kuman, virus, dan bakteri.

Kuman penyakit atau patogen adalah agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya. Sebutan lain dari patogen adalah mikroorganisme parasit. Umumnya istilah ini diberikan untuk agen yang mengacaukan fisiologi normal manuisa, hewan, atau tumbuhan multiselular.

Kuman penyakit terdiri dari beberapa jenis yaitu

Bakteri



Bakteri adalah organisme mikroskopis yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Mereka dapat hidup di lingkungan yang beragam, baik di dalam maupun di luar tubuh manusia (seperti tanah, air sungai, serta air laut). Bakteri dianggap sebagai organisme purba yang pertama menghuni bumi, yakni sekitar empat miliar tahun yang lalu.

Bakteri ada yang baik bagi tubuh makhluk hidup dan dapat digunakan untuk kebutuhan manusia yaitu  Streptococcus dan Lactobacillus yang dipakai dalam pembuatan keju, dan ada yang buruk bahkan bisa menyebabkan kematian contohnya bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit tuberkulosis pada manusia. Bakteri dapat berkembang dengan mandiri artinya mereka bisa hidup tanpa adanya inang seperti manusia. Mereka bisa menempel di semua benda.

Untuk melawan bakteri yang jahat bisa pakai antibiotik dengan saran dokter dan tidak berlebihan.

Virus



Virus adalah parasit yang bukan merupakan makhluk hidup namun memiliki materi genetik berupa asam nukleat (DNA/RNA) yang membutuhkan keberadaan sel prokariot atau eukariot yang hidup untuk melakukan replikasi atau perbanyakan dari asam nukleat tersebut. Virus bisa bertahan di benda mati dalam beberapa jam, dan mampu berkembang biak bila sudah berada pada makhluk yang memiliki sel.

Virus sangat berbahaya karena dia bisa merusak organ makhluk hidup hingga menyebabkan kematian.

Selain virus Covid-19 yang sudah membunuh 64.729 manusia di seluruh dunia per tanggal 5 April 2020, ada beberapa terdahulu yang juga tak kalah membunuh banyak manusia. Yaitu Virus Flu Babi yang membunuh kurang lebih 575.400 manusia. Kemudian Virus yang masih ada sampai saat ini yaitu Virus HIV yang menelan kurang lebih 3.100.000 korban jiwa per tahun 2020.

Virus Black Death yang ada pada abad 14 yang menelan korban sekitar 25 juta jiwa. Dan yang terakhir yang tercatat dalam sejarah penyakit yang disebabkan virus yaitu virus Flu Spanyol pada tahun 1918 yang menyerang lebih dari 50 juta jiwa.

Untuk saat ini, masih belum ditemukan vaksin untuk melemahkan virus covid-19 yang berada di dalam tubuh. Dan yang lebih buruknya, dia akan menyerang organ yang sudah timbul penyakit seperti contoh orang yang mengalami pneumonia maka paru-parunya rusak dan berisiko kematiannya lebih tinggi. Maka dari itu lebih bahaya penyakit ini bagi orang lanjut usia yang rentan dengan berbagai macam penyakit dan balita yang imunitasnya juga rendah.

Itulah perbedaan antara Virus dan Bakteri. Sudah banyak korban jiwa yang disebabkan oleh kedua makhluk tak kasat mata ini. Salah satu cara mencegah penyakit dari bakteri dan virus, gunakan selalu sabun saat mencuci tangan. Sabun apa pun mampu membasmi virus dan bakteri yang jahat asal menggosoknya dengan benar. Ikuti cara mencuci tangan dengan sabun yang dilakukan oleh WHO yaitu kurang lebih 20 detik.

Gunakan hand sanitizer yang memiliki kurang lebih 70 hingga 80 persen apabila dalam perjalanan seperti pergi berkeja. Hand sanitizer dengan kadar alkohol yang tepat mampu membunuh virus dan bakteri yang ada di tangan dengan baik dan lebih praktis karena tidak membutuhkan air untuk membilas jadi bisa dipakai saat perjalanan.

Gunakan masker apabila sering mengalami batuk dan flu agar air liut atau doplet tidak menyebar ke orang lain. Dan yang tidak kalah penting, selalu bersihkan rumah. Pel dan bersihkan barang-barang yang sering di sentuh orang lain dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan disimpektan. Disimpektan mampu membunuh virus dan bakteri jahat yang menempel di barang-barang. Sehingga rumah bersih dan pastinya bebas penyakit.



Kesimpulan

Itulah bahaya dari virus dan bakteri. Selalu lakukan hidup bersih, makan yang sehat, istirahat yang cukup, banyak berolahraga, dan lakukan aktivitas gaya hidup sehat lainnya agar kita bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya.


Sumber :
https://www.dettol.co.id/illness-prevention/about-germs-illness-prevention/germs-101/
https://id.wikipedia.org/wiki/Patogen#Virus
https://id.wikipedia.org/wiki/Eukariota
https://www.sehatq.com/artikel/tak-selalu-jahat-ini-pengertian-bakteri-yang-perlu-anda-tahu
https://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri
https://www.alodokter.com/tuberkulosis/penyebab
https://id.wikipedia.org/wiki/Pembuatan_keju
https://www.worldometers.info/coronavirus/