Cara agar luka cepat sembuh adalah dengan memastikan luka tersebut bersih dan kering. Dan jika tidak dirawat dengan baik dan benar maka luka akan sulit sembuh atau bahkan bisa terinfeksi. Namun bagaimana mengatasinya agar luka bersih dan kering?

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah mengobati luka adalah sebagai berikut:



Hal-hal yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah mengobati luka adalah sebagai berikut:

1. Perlu tahu terlebih dahulu jenis luka

Walaupun prinsipnya sama, perawatan luka haruslah berbeda berdasarkan jenis lukanya.

a. Luka koyak

Yaitu sebagian atau seluruh kulit dan jaringan di bawahnya merobek. Luka robek ini bisa terjadi karena tembakan, ledakan, kecelakaan berat, atau perkelahian. Darah yang keluar dari kulit akibat luka jenis ini biasanya cepat dan banyak mengeluarkan darah, sehingga perlu penanganan medis segera.

b. Luka tusuk

Luka tusuk disebabkan oleh benda tajam dan panjang, seperti pisau, jarum, atau paku. Meski umumnya tidak menyebabkan darah banyak keluar, luka jenis ini dapat menembus kulit hingga melukai organ dalam.
Selain itu, luka tusuk juga dapat menyebabkan tetanus akibat bakteri yang berbahaya masuk ke dalam tubuh melalui luka tersebut. Jika Anda tertusuk benda yang kotor, misalnya paku berkarat, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan perawatan luka untuk mencegah infeksi, dan memberikan vaksinasi tetanus bila diperlukan.

c. Luka gores

Luka ini bisa berupa luka gores ringan, bisa juga berupa luka yang dalam dengan bentuk tidak teratur. Luka ini sering ditemukan pada kecelakaan saat berkendara atau kerja, misalnya akibat kulit bergesek dengan aspal saat jatuh dari kecelakaan mengendarai motor. Kedaruratan penanganan luka ini, tergantung kepada berat atau ringannya perdarahan dan bagian tubuh yang terkena.

d. Luka sayat

Benda yang pipih dan tajam, seperti silet, pecahan kaca, pisau, atau bahkan kertas akan menimbulkan luka sayatan. Selain itu, luka sayat juga bisa disebabkan oleh prosedur pembedahan. Sama seperti luka gores, kedaruratan penanganan luka ini tergantung kepada kondisi perdarahan dan lokasi luka.

e. Luka baret atau abrasi

Luka ini terjadi terjadi ketika kulit terjadi pergesekan atau menggores permukaan kasar atau keras, misalnya jalanan beraspal atau semen. Meski tidak menimbulkan banyak perdarahan, luka jenis ini perlu dibersihkan dengan baik untuk menghindari infeksi.

d. Luka bakar

Luka ini merupakan jenis dari luka terbuka yang disebabkan oleh panas, sengatan listrik, zat kimia, atau radiasi. Penanganannya akan berbeda beda tergantung tingkat ringan atau berat.

Penanganan luka

Apabila luka berat, wajib dibawa ke rumah sakit dengan penanganan dari dokter. Namun untuk yang ringan, luka bisa di tangani sendiri atau orang di sekitar Anda agar luka tersebut bisa sembuh dengan cepat.

Hal yang harus dilakukan sebelum merawat luka tersebut adalah cuci tangan dengan sabun agar tangan yang mau merawat luka bersih dari kuman atau bakteri yang bahaya bila masuk ke dalam tubuh.

Anda juga bisa bersihkan sekitar luka dengan air yang mengalir dan sabun untuk kebersihan kulit di sekitar luka. jangan bersihkan luka langsung menggunakan alkohol iodine, dan larutan antiseptik lainnya karena akan membuat iritasi berupa rasa perih pada luka.

Jika masih ada kotoran atau benda yang menancap pada luka setelah dibersihkan, gunakan pinset steril (yang telah dibersihkan dengan alkohol) untuk mencabutnya. Jika masih ada yang tertancap, pergilah ke dokter agar dapat dilakukan pembersihan luka secara menyeluruh, guna mengurangi risiko infeksi dan tetanus.

Setelah luka ditangani

Harap sabar menunggu proses penyembuhan luka karena prosesnya tidak sebentar namun jika ditangani dengan baik, luka akan sembuh lebih cepat.
Segera datang ke dokter, puskesmas, atau klinik bila luka tidak sembuh juga bahkan menimbulkan kemerahan, bengkak, terasa semakin nyeri, atau ada nanah yang keluar. Bisa jadi itu berupa alergi atau obat lukanya sudah kadaluwarsa.
Untuk berjaga-jaga saat bepergian, Anda bisa siapkan kotak P3k di mobil atau gunakan di kantor untuk pertolongan pertama yang memiliki isi yang lengkap dan mudah di bawa ke mana saja. Kini sudah banyak di jual dalam bentuk kotak kecil atau dompet.


Pastikan Anda mengetahui cara mengobati luka agar cepat sembuh dan tidak menginfeksi. Selalu sediakan juga Kotak P3K di rumah, di kendaraan dan di kantor untuk berjaga-jaga ketika mengalami kecelakaan dan jika tidak sembuh juga setelah dirawat dan menunggu prosesnya tidak memiliki kemajuan malah dapat menyebabkan indikasi lainnya, segera hubungi dokter, datang ke puskesmas, atau klinik untuk informasi dan merawat luka yang cocok buat Anda.