Ada beberapa bagian nebulizer yang sangat penting untuk diketahui, yaitu:

Setiap hari, tanpa disadari, kamu mendengar berbagai macam suara di lingkungan sekitar, seperti suara dari televisi dan radio, peralatan rumah tangga, dan bunyi klakson kendaraan di jalanan. Biasanya, suara-suara tersebut berada pada tingkat yang aman sehingga tidak merusak pendengaran.
Namun, hati-hati bila kamu mendengar suara atau bunyi-bunyian yang kencang atau keras, apalagi bila dalam waktu yang lama. Pasalnya, suara bising tersebut bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang disebut noise-induced hearing loss (NIHL).
Tingkat kebisingan aman menurut Environmental Protection Agency (EPA) adalah 70 desibel. Semakin keras kebisingan, semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.

 

 

 

1. 30db.

 

Contoh suara yang dihasilkan dari tingkatan 30 desibel adalah bisikan. Berbisik menjadi ramah bagi telinga kita dan bisa kalian dengarkan dengan lama.

2. 60db.

Ketika kita berbicara secara normal, suara yang dihasilkan 2 kali lipat dari suara ketika berbisik. Namun hal ini masih dianggap wajar karena tidak sampai melebihi ambang batas yang sudah ditetapkan.

3. 85db.

Suara yang dihasilkan dari 85 db adalah suara lalu lintas kota yang pada. Seringkali klakson motor dan mobil, suara kendaraan, suara kereta yang lalu lalang di jalan menghasilkan suara yang cukup keras dan bahaya bagi telinga kita. Suara tersebut bisa membuat para pengemudi mengalami stress berat.

4. 110db.

Contoh suara yang dihasilkan dari 110 desibel adalah suara gergaji mesin. Selain para penebang pohon bisa merusak lingkungan hutan, suara yang dihasilkan dari gergaji mesin ini juga sangat tinggi menimbulkan polusi suara yang berlebihan dan tidak baik bagi manusia serta makhluk lainnya.

5. 120db.

Sirine ambulan dibuat dengan suara yang keras agar para pengguna kendaraan di suatu jalan dapat mendengar dan memberikan akses bagi ambulan untuk mendahului mereka. Agar pasien rumah sakit bisa tertolong dengan cepat. Namun suara yang dihasilkan sangat tidak baik bagi telinga manusia. Apalagi jika mendengarnya terlalu lama bisa mengurangi daya pendengaran manusia.

6. 140-165db.

Ketika mengadakan pesta, petasan bisa membuat pesta menjadi meriah. Namun sebaiknya tidak menggunakannya. Bisa cari cara lain agar pesta tetap meriah namun tidak menimbulkan polusi suara yang berlebihan. Petasan juga bisa membuat seseorang yang mengalami penyakit jantung menjadi lebih berisiko.
Kemudian suara pesawat yang take off atau landing menimbulkan suara yang sangat keras. Pastikan anda berada di jarak yang cukup jauh dari tempat landasan pesawat.

Ada beberapa desibel yang memiliki batas mendengarkan beberapa jam perhari. Untuk 90 db, hanya bisa didengar dalam waktu 8 jam dalam sehari. Kemudian 92 db hanya bisa didengar dalam waktu 6 jam perhari. 95db bisa didengar oleh telinga manusia selama 4 jam. 97 db bisa didengar oleh telinga manusia selama 3 jam. 100 db dalam waktu 2 jam perhari, 105 db dalam waktu 1 jam saja perhari. 110 db bisa didengar dalam waktu 30 menit. Dan yang terakhir 115 db bisa didengarkan oleh telinga manusia dengan batas 15 menit saja perhari.

Cara mencegah agar telinga anda terbebas dari kebisingan adalah

 

 

 

1. Hindari suara bising jika memang bisa dihindari. Bagi pekerja konstruksi, bisa menggunakan alat peredam suara. Agar bisa terhindar dari polusi suara yang berlebih dalam waktu yang lama yang dihasilkan dari membangun sebuah bangunan
2. Uji telinga anda. Minta bantuan seseorang dengan bercakap seperti biasa. Apakah anda salah mendengarnya. Jika benar, maka segera pergi ke spesialis telinga untuk meminta pertolongan.
3. Hindari rekreasi yang berlebihan yang dapat merusak gendang telinga anda. Misalnya ikut konser musik, mendengarkan music dengan earphone dengan volume yang cukup besar, serta rekreasi lainnya yang menghasilkan suara yang cukup keras di telinga anda. Bila perlu cari tempat yang tenang untuk mengistirahatkan telinga anda dari kebisingan.

 

 

Kesimpulan:

 

Menghindari suara yang bising bisa mempertahankan kualitas telinga anda. Selalu berada di tempat yang tenang. Istirahat yang cukup dengan suara yang tenang juga bisa menghilangkan stress yang bisa merusak kualitas hidup anda.

Sumber:
https://www.pusatalatbantudengarmelawai.com/pendengaran/suara-bising.html
https://www.halodoc.com/cara-mencegah-noise-induced-hearing-loss-akibat-suara-bising
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hearing-loss/symptoms-causes/syc-20373072