Ada banyak faktor yang membuat hasil pengukuran termometer infrared atau termometer tembak tidak akurat. Jarak dan titik pengukuran bisa mempengaruhi hasil, walau selisihnya mungkin tidak seberapa. Faktor lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jenis termometer yang digunakan. Ada berbagai jenis termometer tembak yang dijual di pasaran, namun berdasarkan penggunaannya bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu untuk teknis dan untuk medis.

Termometer tembak untuk keperluan teknis biasa dipakai di industri untuk mengukur suhu permukaan yang tidak sulit dijangkau, baik karena jauh atau suhunya yang sangat ekstrem. Sedangkan untuk mengukur suhu badan, termometer tembak untuk medis lebih tepat digunakan.

Perbedaan Termometer Medis dan Industri


Termometer Medis



Termometer Medis digunakan untuk keperluan medis, salah satunya mengukur suhu tubuh makhluk hidup atau pasien yang sedang menjalani perawatan. rentang suhu yang bisa dideteksi umumnya tidak jauh dari suhu normal manusia yaitu sekitar 36 – 37 derajat celcius. Ada yang berada di rentang 35 – 45 derajat celcius. Tiap produk tentu punya akurasi yang berbeda, tetapi termometer tembak untuk medis punya akurasi lebih detail. Beberapa produk diklaim sebagai termometer medis memiliki akurasi 0,1 derajat celcius.

Termometer Industri



Termometer Industri dirancang agar lebih tahan lama daripada termometer medis dengan rentang pengukuran yang lebih luas. untuk kebutuhan teknis, rentang suhu yang bisa diukur biasanya lebih luas dan kadang-kadang bisa mengukur suhu ekstrem. Beberapa produk memiliki rentang suhu dari minus 50 derajat celcius hingga diatas 1000 derajat celcius. Jauh dari rentang suhu tubuh normal manusia dan pada termometer untuk teknis akurasi berbeda di angka 1 – 5 derajat celcius. Hal ini berhubungan denga rentang suhu yang bisa dideteksi. Makin lebarrentang suhunya biasanyaakurasi makin rendah. Keputusan untuk memilih termometer industri terletak pada tujuan penggunaan termometer. Termometer industri memiliki berbagai pilihan sensor yang berbeda seperti Bi-metal, pengisian cairan atau gas, elektronik dan inframerah disesuaikan untuk berbagai penggunaan agar menciptakan hasil yang akurat untuk penggunaan yang di harapkan.


Kendati memiliki prinsip yang sama yaitu sama-sama mengukur suhu, ada perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam range termometer dan tingkat keakuratannya. Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.