Kendaraan pribadi, memudahkan pengguna untuk bepergian ke mana-mana, waktu yang singkat, dianggap memiliki harta kendaraan namun tidak ramah lingkungan. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan kendaraan pribadi sebagai cara cepat sampai tujuan. Bahkan menggunakan kendaraan bermotor saat pergi ke sekolah kiap kali menjadi hal yang dimaklumi bagi orang tua mereka walaupun di usia yang masih terbilang dini. Kebut-kebutan, melanggar lalu lintas, tidak memakai helm, tidak memiliki SIM dan masih banyak lagi kini mulai memprihatinkan.




Bagi para karyawan yang menggunakan kendaraan pribadi jalan menjadi makin macet, polusi, serta kebisingan yang membuat kendaraan pribadi harus beralih ke transportasi umum. Pemanasan global akan cepat terjadi. Es di kutub kian makin mencair akibat dari menggunakan kendaraan pribadi yang kian banyak menghasilkan panas sebagai efek rumah kaca. Sebagai langkah awal untuk hidup yang sehat dengan minim polusi, ramah lingkungan, menggunakan sepeda atau transportasi umum serta jalan kaki bisa menjadi hal positif yang sangat menarik dan memiliki segudang manfaat.

Kini banyak masyarakat Indonesia yang sudah sadar dengan lingkungannya. Banyak berjalan kaki ke stasiun atau halte kemudian menggunakan kereta atau bus, sampai di stasiun atau halte dekat dengan tujuannya bisa berjalan kaki lagi itu sebagai contoh hidup yang sehat dan cinta lingkungan.

Manfaat ketika menggunakan transportasi yang ramah lingkungan.

 

 

1. Sepeda

 

 

 

 

 

 

Sepeda bisa menjadi referensi para karyawan atau pelajar untuk melakukan perjalanan kerja dan sekolah. Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah.
Berapa banyak anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih. Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya risiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar. Dengan segudang manfaat apakah masih ragu atau malu bila menggunakan sepeda?
Pilih sepeda yang mudah dikayuh pada jarak yang cukup jauh. Bawa air mineral di dalam botol bila sewaktu-waktu dehidrasi, dan berangkat lebih awal agar tidak terlambat. Pastikan pengendara safety riding menggunakan pelindung kepala dan lutut serta siku lengan. Bila perlu untuk mengetahui berapa kalori yang dibakar dan jarak yang sudah ditempuh dengan bersepeda bisa menggunakan pedometer yang akurat
Bersepeda bisa juga dipakai ketika ada acara car free day di Jakarta. Di Jakarta sudah banyak jalur khusus sepeda yang bisa digunakan sebagai langkah tujuan pemerintah untuk mengurangi kemacetan.
Banyak masyarakat di negara maju seperti Jepang dan Belanda menggunakan sepeda sebagai transportasi utamanya membuat mereka menjadi lebih tinggi dan angka harapan hidup mereka menjadi lebih lama.

 

 

 

2. Menggunakan transportasi umum.

 

 

 

 

 

Kereta, busway, angkot merupakan transportasi umum yang sudah kita pakai terutama di Jakarta untuk mengurangi kemacetan yang merugikan semua baik rugi waktu, ekonomi, dan efisiensi. Harga untuk naik transportasi umu juga jauh lebih murah ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Gunakan pedometer untuk mengetahui berapa langkah yang sudah dilalui untuk sampai ke stasiun, halte, atau tempat kerja.
Manfaat utama dari naik angkutan umum adalah membuat tubuh lebih aktif bergerak. Naik transportasi umum meningkatkan peluang Anda untuk berdiri, berjalan, menaiki tangga, bahkan berlari, tidak hanya duduk.
Anda perlu berdiri menunggu datangnya bus atau berdiri jika tidak dapat tempat duduk. Kemudian, Anda juga perlu menaiki tangga di jembatan penyeberangan untuk mencapai halte yang akan dituju dan kemungkinan berlari mengejar kereta yang sudah ada di peron. Semua aktivitas tersebut dapat meningkatkan fungsi jantung, paru, dan otot. Selain itu, dapat membakar lemak lebih banyak ketimbang duduk, meningkatkan kebugaran tubuh, serta menjadi kegiatan menyehatkan bagi orang dengan hipertensi, kadar kolesterol tinggi, atau kekakuan sendi.

Tahukah Anda jika naik angkutan umum juga memberi manfaat pada otak Anda? Anda mungkin tidak terpikirkan hal ini sebelumnya. Menaiki kendaraan umum membuat otak Anda lebih aktif bekerja.
Misalnya, memikirkan transportasi mana yang paling efektif untuk ditempuh dengan pertimbangan paling mudah, lebih murah, dan menghemat waktu. Anda juga diharuskan mengingat kode-kode kendaraan tertentu, seperti mikrolet atau kopaja.
Semua hal yang disebutkan di atas berkaitan erat dengan banyak fungsi otak, seperti penalaran, daya ingat, perhitungan, emosi, dan juga pengambilan keputusan. Ini sama halnya ketika Anda mengerjakan soal matematika atau memainkan permainan puzzle yang bermanfaat bagi otak.
Transportasi umum diperuntukkan bagi siapa saja. Jadi, agar tetap tertib, semua penggunanya harus menaati peraturan, termasuk Anda. Penerapan aturan naik angkutan umum ini memberi manfaat pada Anda untuk berperilaku tertib. Tujuannya, tentu saja agar semua pengguna transportasi publik merasa nyaman dan para petugas dapat menjalankan pekerjaannya dengan lancar. Anda harus sabar mengantre, membayar sesuai tarif, dan memahami etika berkendara, seperti tidak berisik atau tidak makan di dalam kendaraan.
Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat dari naik angkutan umum, yakni melatih keberanian dan kemandirian. Dua keterampilan yang penting bagi masa depannya ini tidak akan hadir dalam diri Anda jika tidak dilatih dan diasah.
Jika Anda ingin mengasah keterampilan tersebut tidak ada salahnya mengajak anak untuk naik angkutan umum bersama. Ajari anak setiap aturan dan etika menggunakan transportasi publik, kemudian Anda bisa membiarkan anak untuk naik kendaraan umum sendiri jika usia dan mentalnya sudah siap.

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

Ayo menggunakan transportasi publik atau sepeda untuk hidup yang lebih sehat, lebih ramah lingkungan, dan lebih tenang. Pastikan selalu aman, perhatikan lingkungan sekitar dan jaga selalu barang bawaan Anda itu bisa menjadi tips untuk Anda saat berpergian.

 

 

Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-naik-angkutan-umum/
https://www.alodokter.com/mari-telaah-manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan