Sedangkan wanita pada usia 15 atau 14 tahun tergantung faktor hormon dan genetik. Namun tak perlu khawatir bagi yang sudah melewati usia 16 tahun karena masih belum terlambat untuk tinggi secara alami dengan bantuan seperti olahraga dan makan dan minum yang berkhasiat.

Ada faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Faktor genetik atau faktor yang berasal dari ayah dan ibu sangat berpengaruh dalam tinggi badan seseorang. Kemudian faktor kecukupan gizi dari bayi hingga berakhirnya masa pubertas kiranya 16 tahun. Maka dari itu penting sekali seorang anak harus tercukupi gizinya agar terhindar dari stunting. Bagi yang merasa tinggi badannya kurang cukup atap kurang dari rata-rata orang lainnya namun usia tidak bisa lagi meningkatkan tinggi badan secara alami. Ada beberapa cara agar bisa tumbuh tinggi, yaitu sebagai berikut.


1. Tidur yang cukup



Tidur yang cukup yaitu kurang lebih 8 jam banyak sekali manfaatnya dan salah satunya adalah membantu meningkatkan postur tubuh. Tidur akan membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia atau human growth hormone (HGH), sehingga tinggi tubuh, bisa mengalami peningkatan.

Satu dua kali kurang tidur pada masa pertumbuhan tidak akan berpengaruh, tetapi jika dilakukan dalam jangka panjang atau sering begadang, maka tubuh akan kekurangan hormon tersebut.


2. Perbaiki postur tubuh


Ketika kita duduk, pastikan posisi duduk benar yaitu tegak dan hindari membungkuk. Karena jika Anda membungkuk, hal ini cenderung membuat tulang belakang menjadi abnormal dan otot menjadi lemah. Kondisi ini dapat membuat tubuh tampak lebih pendek.

Membetulkan postur tubuh juga bisa mencegah Anda terhindar dari sakit kepala dan sakit punggung. Bagaimana caranya?

• Tarik kedua bahu ke belakang tetap tegak dan sejajar.
• Kencangkan otot perut ke arah tulang belakang
• Kepala tegak mengikuti postur bahu
• Berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu
• Lutut jangan ditekuk saat berdiri.
• Biarkan lengan menggantung secara alami di samping. Bahu jangan menurun.


3. Makan makanan dengan gizi yang cukup


Pada umumnya, tulang akan semakin rapuh di usia dewasa. Hal ini dapat membuat perawakan tubuh kita tampak lebih bungkuk dan pendek dari yang seharusnya. Ini karena tulang kita sudah tidak cukup kuat untuk menahan beban badan yang notabene terus bertambah.

Terapkanlah pola makan yang sehat dan bergizi, termasuk mencukupi kebutuhan harian akan vitamin D dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan hindari makanan yang mengandung gula dan lemak jahat berlebih.

Makanan dan minuman yang mengandung vitamin D dan kalsium antara lain



1. Susu

Susu dapat menguatkan tulang karena kaya akan vitamin D, kalsium, fosfor, dan mineral. Selain tulang, susu dapat membantu pertumbuhan gigi yang bagus serta dapat menggantikan sel yang rusak.

Anda bisa mendapatkan susu sapi atau kambing murni atau bisa juga membeli susu yang difermentasikan atau yoghurt. Yoghurt juga memiliki khasiat yang sama seperti susu, yoghurt memiliki asam laktat yang mana ini sangat baik bagi sistem pencernaan Anda.

2. Ikan

Vitamin D tidak hanya dibentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari, tapi juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan laut. Ikan laut merupakan salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang dapat mendukung kesehatan tulang dan mencegah penyakit tertentu. Dengan mengonsumsi ikan salmon sekitar 8 gram sehari dapat memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin D harian Anda. Ikan yang sangat dianjurkan bagi yang ingin memiliki tinggi badan yang cukup adalah ikan salmon dan ikan tuna.

3. Telur

Siapa yang tidak suka telur, telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Dalam kandungan telur juga terdapat zat riboflavin dan selenium yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A, D dan E harian, serta vitamin B-12, folat, asam pantotenat dan fosfor. Satu butir telur yang dimasak atau direbus, mengandung 78 kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak, dan 187 miligram kolesterol.


4. Berolahraga


Berolahraga bisa meningkatkan tinggi badan seseorang walau usia sudah melewati masa pertumbuhan. Ada beberapa olahraga yang dianggap efektif sebagai cara meninggikan badan, di antaranya adalah lompat tali, bersepeda, berenang, bermain basket dan tenis, lari atau berjalan kaki, yoga, push-up, serta sit-up. Meski belum didukung penelitian sebagai cara meninggikan badan, namun olahraga tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, menguatkan tulang dan otot. Untuk manfaat yang optimal, lakukan olahraga tersebut di bawah terik matahari pagi dan jangan sampai berolahraga di bawah matahari pagi setelah jam 10 karena akan merusak kulit dan berisiko terkena penyakit kanker kulit.

Pola hidup sehat yang dijalani juga akan membantu berat badan tetap ideal, sehingga pertumbuhan menjadi lebih optimal dan membuat badan tampak lebih tinggi. Lakukan langkah-langkah di atas sebagai cara meninggikan badan dengan sehat dan alami.

Selalu berhati-hatilah dengan berbagai produk peninggi badan yang banyak ditemukan di pasaran, mulai dari susu, suplemen, atau pil. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terkait keamanan dan risiko efek samping produk tersebut.