Kesadaran adalah kuncinya, dan ketika Anda lebih memahami bagaimana saat Anda terpapar polusi udara, Anda akan menemukan cara terbaik untuk menghindari. Ada beberapa tips untuk kualitas udara menjadi lebih baik dari yang Anda hirup sebelumnya.

Apa yang menyebabkan polusi udara?



Polusi udara berasal dari berbagai sumber, baik yang alami maupun buatan manusia. Untuk meningkatkan kesadaran publik, laporan berita tentang dampak kesehatan dari paparan polusi udara telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan sebagai hasilnya, kita sekarang memiliki pemahaman yang baik tentang dari mana sebagian besar polusi udara berasal.

Ketika Anda berada di luar, beberapa sumber utama polusi termasuk:

Knalpot lalu lintas : Menurut pakar lingkungan, beberapa polutan utama dari knalpot lalu lintas termasuk partikel, benzena, karbon monoksida, dan oksida nitrogen ditambah beberapa senyawa dalam asap knalpot dapat bereaksi dengan bahan kimia di udara untuk membentuk nitrogen dioksida dan ozon, dua polutan tambahan tersebut memiliki efek kesehatan yang buruk
Polusi industri : Polutan dari kompleks industri dapat mencakup karbon monoksida, ozon, senyawa organik mudah menguap, logam berat dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH). Zat berbahaya ini dapat diserap oleh kulit Anda serta sistem pernapasan Anda
Pembakaran : Pembakaran, baik dari pembakaran batu bara, kebakaran hutan, atau kebakaran dalam ruangan, menghasilkan sejumlah polutan udara, termasuk karbon monoksida, bahan kimia gas dan bahan partikel.
Cuaca : Cuaca juga dapat berdampak signifikan terhadap konsentrasi polutan di udara. Menurut National Weather Service (NWS), sinar matahari dapat bereaksi dengan senyawa di udara untuk membentuk kabut asap, dan suhu udara yang lebih tinggi atau suhu panas dapat mempercepat reaksi ini. Selain itu, sebuah fenomena yang disebut " inversi suhu " dapat menangkap udara permukaan untuk tetap berada di dekat tanah dan menjaganya agar tidak naik. Ketika udara menjadi tetap selama inversi, konsentrasi polutan dapat menumpuk hingga ke tingkat berbahaya.



Polusi udara dalam ruangan bisa sama berbahayanya bagi kesehatan Anda seperti polusi udara luar, ini bisa karena ventilasi yang buruk menyebabkan penumpukan polutan udara dalam ruangan yang berlebih. Penyebab umum polusi udara dalam ruangan meliputi:

Asap di daerah tersebut : Asap luar dapat berasal dari kebakaran hutan, memanggang dan pembakaran kayu bakar. Selain itu, asap knalpot mobil dapat menjadi masalah bagi mereka yang tinggal atau bekerja di dekat jalan yang sibuk. Ketika polusi udara luar ruangan tinggi, polutan dapat dengan mudah masuk melalui jendela dan pintu yang terbuka, sehingga menurunkan kualitas udara dalam ruangan Anda.
Memasak : Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya sumber polusi di dapur . Apakah Anda memasak dengan kompor gas alam, menggoreng dengan kompor listrik, atau membersihkan oven, Anda bisa menciptakan tingkat polusi berbahaya di rumah Anda. Para peneliti menemukan bahwa kegiatan memasak normal dapat dengan cepat menyebabkan udara dapur melebihi pedoman batas Kualitas Udara Dalam Ruangan yang sudah ditetapkan.
Proyek seni, kerajinan dan konstruksi : Apakah kegiatan Anda kreatif, dan praktis, mereka dapat membuat partikel dan bahan organik mudah menguap di rumah Anda. Sumber polusi udara termasuk cat, lem, puing-puing amplas dan serbuk gergaji merupakan benda yang tidak baik masuk ke dalam pernafasan kita.
Perabotan baru, elektronik, lantai dan bahkan mainan anak-anak dapat mengeluarkan gas, atau melepaskan zat bahan organik mudah menguap yang tentu saja berbahaya, seperti toluena, benzena, formaldehida, dan stirena. Sumber lain dari polusi udara dalam ruangan termasuk produk pembersih rumah tangga dan bahan kimia, produk perawatan pribadi, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, tungau debu dan jamur.

Solusi polusi udara luar ruangan

Terkadang orang tidak menyadari tentang polusi yang berdampak pada kesehatan. Menghindari jam dengan kondisi udara yang buruk sangat penting bagi anak-anak, lansia, mereka yang menderita penyakit paru-paru atau jantung, dan wanita hamil, yang mana akan sangat rentan terhadap efek polusi udara. Untuk menikmati waktu di luar rumah sambil meminimalkan paparan polusi udara, cobalah kiat-kiat berikut:

Ubah rute perjalanan dan olahraga Anda di luar rumah. Bahkan di dalam kota Anda, konsentrasi polusi udara dapat sangat bervariasi dari satu jalan ke jalan yang lain, menurut ahli lingkungan. Dengan menjauh dari rute tersibuk, termasuk rute truk, Anda dapat mengurangi jumlah polusi kendaraan yang Anda hirup. Mengubah waktu kegiatan di luar ruangan juga dapat membantu. Polusi lalu lintas biasanya memuncak pada jam-jam sibuk dan waktu inversi suhu. Lihat kondisi cuaca lokal Anda untuk mengetahui apakah inversi merupakan masalah di mana Anda tinggal.
Ganti filter kabin mobil Anda secara teratur. Polusi lalu lintas dapat dengan cepat menjadi terkontaminasi dalam kendaraan tertutup.

Periksa Indeks Kualitas Udara (AQI) di daerah Anda. Dengan menemukan kualitas udara kota Anda sehari-hari di situs AirNow , Anda dapat merencanakan waktu aman untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Pada hari-hari dengan kualitas udara buruk, pertimbangkan untuk mengalihkan latihan Anda ke tempat kebugaran dan menjadwalkan kembali latihan olahraga dan piknik.

Catatan tentang masker polusi

Masker polusi, khususnya N95 atau lebih tinggi, dapat membantu menyaring partikel udara. Namun, masker ini harus tetap tertutup rapat di sekitar wajah Anda agar tetap efektif, yang sering kali sulit dilakukan saat bergerak atau berbicara. Mereka sangat berguna untuk menambah perlindungan polusi udara lain yang Anda miliki, namun bukan sebagai satu-satunya alat pertahanan Anda melawan polusi.

Solusi polusi udara dalam ruangan

Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di dalam ruangan, menghirup polusi udara yang ada di rumah atau kantor Anda. Hal ini lebih mudah mengurangi polusi udara daripada mengurangi polusi luar ruangan sehingga kami sangat menyarankan Anda jangan terlalu sering berada di luar ruangan.

Tahu kapan udara luar buruk dan menjaga pintu dan jendela Anda tertutup selama hari-hari karena kualitas udara buruk di luar dapat membantu mencegah polusi luar (seperti, kabut asap kendaraan atau pabrik) memasuki rumah Anda.

Meskipun kompor Anda tidak menghasilkan asap yang terlihat seperti api yang membakar kayu, kompor ini masih menciptakan polutan yang berbahaya yang dapat memengaruhi kualitas udara di rumah Anda. Pastikan dapur Anda memiliki kipas angin dan ventilasi yang memadai untuk menjaga polutan Anda ke tingkat tidak berbahaya.


Paparan terhadap polusi udara berbahaya, tidak peduli apakah Anda di rumah atau menghabiskan waktu di luar rumah. Namun, dengan belajar tentang sumber-sumber polusi dalam hidup Anda dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari atau meminimalkan paparan, Anda dapat tetap aktif dalam melindungi kesehatan pribadi Anda.